Indonetwork, Peralatan Industri – Conveyor Chain (rantai konveyor) digunakan untuk pengangkutan material dalam kondisi yang sulit. Menurut Wikipedia, conveyor chain bisa diartikan sebagai rantai berjalan, karena terdiri dari rangkaian rantai yang dirancang bergerak secara memutar, naik-turun atau menyamping kanan dan kiri. Rantai conveyor terdiri dari blok bantalan pendukung yang menjaga kesatuan mata rantai saat berputar. Rantai ini dapat memindahkan sejumlah besar barang dengan cepat dari satu lokasi ke lokasi lain. Biasanya produsen jual conveyor chain ini tersedia dalam berbagai bahan, bentuk dan ukuran.

Kegunaan Conveyor Chain

Rantai konveyor digunakan dalam berbagai aplikasi yang beragam seperti layanan makanan dan suku cadang otomotif. Secara historis, industri otomotif telah menjadi pengguna utama jenis transportasi barang berat ini antara berbagai stasiun di dalam gudang atau fasilitas produksi. Sistem rantai berjalan yang kokoh menghadirkan metode yang hemat biaya dan andal untuk meningkatkan produktivitas dengan menjauhkan barang dari lantai pabrik.

Baca Juga: YUK KENALAN DENGAN CHAIN CONVEYOR UNTUK KEBUTUHAN INDUSTRI!

Cara Kerja Conveyor Chain

Rantai conveyor beroperasi berdasarkan prinsip interkonektivitas: rantai menghubungkan setiap roda gigi, menghasilkan proses pengangkutan yang lancar. Rantai konveyor ini memiliki serangkaian roda gigi yang terhubung ke dalam sistem kontinu oleh rantai. Biasanya, setiap roda gigi memiliki gigi yang membuat antarmuka rotasi bebas dengan rantai. Susunannya diatur sedemikian rupa sehingga setiap garis membawa satu liontin. Baja konvensional atau rantai plastik multi-fleksibel biasanya digunakan untuk menghubungkan roda gigi. Sehingga, konveyor kelas ini paling cocok untuk digunakan dalam mengangkut produk dengan kapasitas beban berat.

Untuk produktivitas yang optimal, konveyor harus ditempatkan dalam posisi horizontal. Hal ini bermaksud untuk menciptakan kondisi yang mudah dan stabil untuk penanganan produk. Namun, konveyor juga dapat digunakan di mana pun operasi sudut diperlukan, karena roda gigi dapat disesuaikan dan dipasang pada sudut yang berbeda.

Setelah produk yang Anda perlukan diangkut dengan aman di konveyor rantai, sistem diaktifkan melalui manipulasi tombol atau sakelar ON/OFF. Hal ini menyebabkan gerakan rotasi searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam pada sistem motor, tergantung pada arah gerakan yang diinginkan. Hal ini menyebabkan pergerakan roda gigi dan rantai berjejaring untuk bergerak ke arah yang sama dengan motor. Sehingga, rantai berjalan memindahkan beban melalui drive train ke gigi terakhir, di mana pembongkaran dilakukan. Untuk operasi searah, sistem konveyor juga dapat dibuat khusus untuk pergerakan dua arah. Hal tersebut dilakukan dengan mengintegrasikan dua atau lebih motor di kedua ujung sistem konveyor.

Baca Juga: APLIKASI ELEKTRO MOTOR 3 PHASE

Jenis Conveyor Chain

Berdasarkan jenis gerakannya, conveyor chain terdiri dari :

1. Sliding Chain

Sliding chain memiliki metode yang sederhana. Pergerakannya tidak banyak, seperti menyorong. Rantai ini biasanya paling efektif digunakan pada peralatan “kotor” dan kontruksi tak datar. Karena sifatnya yang sederhana, maka harganya juga murah.

Jual Conveyor Chain
Sumber: USA Parts Co

2. Rolling Chain

Operasi metode ini lebih halus, polusi yang dihasilkan juga lebih sedikit bila dibandingkan dengan sliding chain. Pergerakan rantai ini lebih banyak, seperti menggulung.

Jual Roller Chain
Sumber: USA Roller Chain

Spesifikasi Conveyor Chain

Berdasarkan sudut kemiringan dan material yang dapat diangkut, conveyor chain terdiri dari:

  1. Scraper Conveyor

Scraper conveyor adalah jenis chain conveyor paling murah dibandingkan dengan yang lain. Scraper conveyor dapat beroperasi sampai kemiringan 45 derajat, maksimum kecepatan 150 ft/m, kapasitas angkut 360 ton perjam.

  1. Apron conveyor

Apron conveyor dapat beroperasi sampai kemiringan 25 derajat, kapasitas angkut sampai 100 ton/ per jam, maksimum kecepatan 100 ft/m, dapat digunakan untuk bahan yang besar, kasar, atau berminyak sekalipun.

  1. Bucket conveyor

Bucket conveyor merupakan conveyer dengan spesifikasi buket yang terbuat dari baja dan digerakkan oleh rantai. Biayanya relatif murah dengan rangkaian yang sederhana, maksimum kecepatan 100 ft/m, kapasitas 100 ton/ jam, dan dapat mengangkut bahan bongkahan.

  1. Bucket elevator

Bucket elevator dapat mengangkut bahan dengan kemiringan yang sangat curam melebihi kemiringan conveyor chain yang lainnya. Terdapat bucket atau timba yang dibawa atau digerakkan oleh rantai. Timba-timba tersebut memiliki bentuk yang berbeda-beda tergantung pada fungsinya masing-masing.

  1. Bentuk minneapolis untuk mengangkut material kering yang lumat atau butiran-butiran kecil
  2. Bentuk sticky material lebih datar untuk mengangkut bahan material yang lengket
  3. Bentuk timba crushed rock untuk mengangkut bahan yang besar dan berat

Keuntungan Menggunakan Sistem Conveyor Chain

1. Mudah Dipasang

Memasang sistem konveyor cukup mudah. Itulah sebabnya hampir setiap produsen yang membuat sistem ini hadir dengan layanan instalasi juga. Mereka menjual sistem konveyor beserta jasa pemasangannya. Hal ini memastikan bahwa Anda akan memiliki sistem terintegrasi yang sempurna tanpa komplikasi.

2. Fleksibilitas

Hal menakjubkan lainnya tentang sistem ini adalah fleksibilitasnya. Memodifikasi atau meningkatkan sistem ini sangat mudah dan dapat dilakukan dengan bantuan alat yang tepat. Artinya seiring berjalannya waktu pabrik Anda berkembang atau bisnis Anda meningkat maka jelas Anda akan membutuhkan lebih banyak sistem conveyor untuk memenuhi peningkatan permintaan, maka pada saat itu Anda dapat dengan mudah mengupgrade sistem conveyor yang ada. Hal yang menarik adalah ketika Anda akan memutakhirkan sistem Anda, Anda tidak perlu membeli yang baru, cukup modifikasi yang Anda miliki dan pekerjaan akan selesai.

3. Terjangkau

Fleksibilitas, kemudahan penggunaan, dan daya tahan adalah sesuatu yang membuat sistem ini juga terjangkau. Faktanya dengan konveyor rantai Anda tidak perlu khawatir tentang segala jenis biaya perbaikan atau pemeliharaan yang mahal.

Memang terdapat banyak hal yang perlu diperhatikan ketika kita ingin menggunakan conveyor chain. Jika Anda ingin mengkonsultasikannya lebih lanjut, Anda dapat menghubungi PT. Sarana Teknik. Perusahaan yang berdiri sejak Oktober 1998 ini adalah perusahaan yang menjadi distributor transmisi tenaga mekanik & produk motor listrik terbaik di kelasnya.


Author

%d bloggers like this: