Mendengar kata beton pastinya anda sudah sangat sering mendengarnya, tapi perlu kamu ketahui sebenarnya apasih beton itu? Beton adalah salah satu besi yang dipakai untuk membuat pondasi pada pembangunan dinding atau sangat sering di sebut beton tulang, beton tulang ini bisa di bentuk dari 2 bahan yaitu besi polosan dan besi berulir jual besi beton polos.

Besi polosan merupakan besi yang mempunyai tampilan bulat dengan alur permukaan yang polos tanpa alur sedikitpun, berbeda dengan bentuk besi uliran berciri fisik yaitu mempunyai permukaan yangh tidak rata atau bersirip dengan melintang dan juga memanjang, dan memiliki patern yang sudah di tentukan dan sudah di pilin pada saat di produksi. Lalu seperti apa cara yang tepat jika ingin memilih besi beton sebagai material pembangunan ?

Perthatikan Beton Yang Anda Pilih

Sudah di jelaskan pada artikel di atas bahwa terdapat 2 jenis besi beton yang sudah beredar di pasaran sampai hari ini yaitu besi beton polosan dan besi beton uliran, kedua besi beton tersebut memiliki manfaat yang berbeda beda dan bisa di manfaatkan apabilakita tepat dalam memilihnya sesuai fungsinya, pahami kebutuhan dan karakter dari besi beton sebelum anda membelinya adalah hal yang harus anda lakukan.

Baca Juga : Kenali Jenis Jenis Besi Ini

Besi beton uliran pada dasarnya memang memiliki sifat yang agak sulit di bentuk, besi ini memang sangat sulit di bengkokan, karena tekanan tenaga dari besi ini cukup besar, dan berbandingt terbalik dengan besi polosan yang sangat mudah untuk di bentuk dan di tekuk, besi beton harusnya memiliki tingkat tekanan yang sangat baik anda bisa mengechek nya dengan alat test kekearasan yang ada di pasaran jual besi beton polos.

Cek Selalu Kondisi Besi Beton

Agenda untuk mengecek kondisi besi beton adalah sebuah agenda yang sangat pentingagar teman teman mendapatkan besi beton yang sesuai kebutuhan dan keinginan teman teman, bagaimana caranya? Caranya sangat mudah hanya dengan melihat tampilan dari fisik besi tersebut, apakah memiliki karat ataukah sangat baik kondisi nya, karena pada dasaranya besi yang memiliki karat adalah besi yang sangat mudah memproses perusakan.

Karat pada besi juga adalah hal yang berbahaya dan bisa mengganggu kesehatan anda, baik n ya selalu hindari untuk menggunakan besi yang sudah memiliki karat pada fisik nya, lalangkah baik nya jika anda menggunakan besi yang tidak memiliki karat karena dampak nya juga akan menjadi baik dan tidak mengganggu kesehatan, besi tanpa karat pastinya akan menjadi besi yang lebih awet.

Sesuaikan Ukuran Besi Beton Pilihan

Dalam memilih besi beton kita haruslah memilih yang menag kuat dan tahan lama, karna besi beton dipilih untuk memperkuat dan memperpanjang umur sauatu bangunan, untuk itu baik nya kita harus sesuaikan ukuran besi yang kita butuhkan dengan bangunan yang akan kita bangun, karna besi beton tersebut akan menopang berat dari bangunan yang kita akan bangun, baik nya anda memilih besi beton yang memiliki ukuran yang sesuai kebutuhan dan standar atau SNI.

Besi beton memiliki ukuran standar yang sudah SNI yaitu 6mm, 8mm,12mm,16mm, 22mm, 25mm dengan angka yang nyata, setidaknya ada toleransi sebesar 0,2mm.

Pilihan Merek Beton

Begitu banyak merk merk yang ada dalam industry besi beton, dan pastinya juga memilikin merk-merk unggulan dengan kualitas yang sangat baik, anda haruslah memilih merk –merk yang memang sudah memenuhi standar SNI karena merk dengan standar SNI  bisanya kualitas nya juga sangat baik dan tentunya harga tidak membohongi kualitas.

Harga Beton

Sudah tidak aneh bahwa biasanya kualitas dari suatu barang akan berbanding sejajar dengan harga barang tersebut, ini memiliki arti bahwa jika anda membeli besi beton dengan harga tinggi tentunya kualitas dari besi tersebut juga sangat lah baik, oleh karena itu kecekatan anda dalam melihat dan memilih besi beton yang baik sangat lah di butuhkan, tentunya harga besi beton yang sudah sesuai dengan SNI pastinya akan lebih tinggi dari besi beton yang belum memenuhi standard.

Setelah membaca ulasan di atas kami berharap anda dapat lebih bijak dalam memilih bahan bangunan yang akan anda gunakan, jangan sampai anda salah pilih dan menyesal di kemudian hari !

Author

Enable Notifications OK No thanks