Besi beton pastinya sudah tidak asing di telinga anda, besi beton sudah banyak sekali di gunakan dalam pembangunan, besi ini digunakan karena memang kegunaan nya yang cukup vital, pada pembahasan sebelumnya sudah di jelaskan  bahwa besi beton memiliki 2 bentuk atau texture, yang pertama adalah besi beton berulir dan besi beton tanpa ulir, dari kedua besi beton itu memiliki fungsi yang berbeda, kedua besi beton ini bisa anda dapatkan pada jual besi beton sni serta harga besi beton.

Besi beton ber ulir bisa kita kenal dengan kata deformed bar dan besi tanpa ulir yaitu plain bar, meski keduanya sama sama di buat dari beton namun kedua besi ini memiliki perbedaan bahkan fungsi yang juga berbeda.

Pada artikel kali ini penulis akan menjelaskan lebih rinci mengenai perbedaan dan fungsi dari kedua besi ini, berikut ulasan nya :

Perbedaan Besi Beton Ulir dan Besi Beton Polos

  1. Bentuk & Ulir Nya

Dari namanya saja sudah tentu kita tahu bahwa bentuk dari kedua beton ini berbeda, yang pertama adalah beton ulir , beton ulir memilki ulisr seperti sirip ikan yang memanjang ke bawah.

Sedangkan pada besi beton polos memiliki bentuk yang polos tanpa tambahan ulir dan tanpa variasi lain nya.

  1. Fungsi Serta Kegunaan

Dilihat dari fungsi dan kegunaan nya beton ulir dan beton polos tentunya juga mempunyai fungsi yang berbeda, jika besi ulur berguna sebagai pengait lain halnya dengan besi beton polos yang digunakan untuk membungkus besi beton ulir.

Penggunaan besi ulir lebih sering digunakan pada gedung gedung bertingkat yang membutuhkan pondasi yang kuat.

Baca Juga : Jenis material kawat nyamuk murah

  1. Ketahanan

Bicara soal ketahanan tentunya besi polos dan ulir juga akan berbeda dalam hal ini, dalam hal ketahanan besi ulir memiliki kekuatan yaitu 400 Mpa sedangkan pada besi polos hanya memiliki ketahanan sebesar 240 Mpa.

Jika besi polos lebih mudah dibentuk beda halnya dengan besi ulir, besi ulir lebih keras dan sulit di bentuk karena memiliki ulir yang berbeda dengan besi polos.

Melihat dari perbedaan ketahanan nya menjadikan besi ulir lebih diminati oleh kontraktor sedangkan untuk besi polos lebih diminati oleh peminat umum.

  1. Harga

Harga memang menentukan kualitas, pada besi ulir dan polos pun  seperti itu, dikarenakan besi ulir memiliki ketahanan yang bebi baik di bandingkan besi polos akibatnya harga dari besi beton ulir lebih mahal dibandingkan dengan yang polos.

Hal itu bukan hanya karena ketahanan dari kedua besi itu berbeda namun juga di sebabkan oleh fungsi dari kedua besi ini juga berbeda oleh karena itu pun harga nya berbeda.

Besi beton polos tentunya lebih efisien apabila digunakan untuk pembangunan pribadi seperti rumah, sedangkan untuk besi beton ulir untuk bangunan komersial.

 

Standar besi beton SNI

Ukuran dari kedua besi ini sudah di tentukan oleh SNI 2052 : 2014 dalam standarisasi ini sudah di sebutkan untuk kualitas dari besi beton ini sesuai dengan standar yang di haruskan.

Contohnya jika beton semakin besar tentunya pemakaian besi beton juga semakin banyak tergantung dari besar atau kecilnya beton.

Namun pada nyatanya masih banyak sekali yang menggunakan besi beton yang tidak di sesuaikan dengan standard pemakain yang sudah di siapkan .

Material yang tidak sesuai dengan standar itu biasanya kita sebut dengan besi banci.

Besi ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari besi beton biasa, dalam kasusnya besi banci ini memiliki ketahanan yang jauh di bawah standard karna kekuatan nya yang tidak memadai dalam menopang bangunan secara bertahan lama.

Besi beton bisa anda dapatkan pada tempat jual besi beton sni di kota anda.

 

Ukuran Besi Beton Di Pasaran

Ukuran besi beton biasanya memiliki batas yang cukup atau toleransi, batas ini biasa di sebut batas toleransi.

Sebagai contoh jika anda menemukan besi beton dengan ukuran yang tidak seusai marking atau mungkin lebih kecil beberapa cm dari yang sudah di sesuaikan.

Di pasaran besi dengan ukuran 8 dan 10 cm lah yang menjadi favorite dan banyak peminatnya, karena ukuran inin umumnya digunakan untuk membangun rumah tinggal.

Sementara untuk besi ulir sudah banyak digunakan di gedung gedung komersial dengan ukuran 12 sampai 14 cm yang biasa digunakan.

Jika menginginkan besi yang lebih besar anda bisa memesan nya langsung ke pabri atau distributor jual besi beton sni di kota anda.

Mudah mudahan ulasan ini dapat membantu anda agar dapat mengetahui seluk beluk mengenai besi beton yang ada serta perbedaan nya.

 


Author

%d bloggers like this: