Indonetwork, Bahan Bangunan – Salah satu material bahan bangunan yang tidak kalah penting dan terkenal dalam dunia konstruksi yaitu besi kanal C. Pada sebuah bangunan, baik itu bangunan rumah, gedung, ataupun bangunan lainnya pasti dibutuhkan konstruksi yang kuat dan kokoh karena digunakan sebagai tempat berlindung bagi manusia. Maka dari itu, bagunan harus bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Mungkin bagi Anda sebagai orang awam masih jarang mendengar istilah besi ini, namun perlu Anda ketahui cukup banyak fungsi yang dapat Anda peroleh ketika menggunakan jenis besi kanal C pada sehingga pemanfaatan dan spesifikasi produk yang satu ini wajib untuk Anda ketahui sebelum membangun suatu rumah dan membeli jenis besi pada toko material. Yuk simak informasi lebih lengkapnya mengenai jenis  besi ini!

Baca juga: DAFTAR MERK BESI BETON SNI TERBAIK DAN TERKENAL DI INDONESIA

Pengertian Besi Kanal C

Besi kanal C atau dikenal juga sebagai besi CNP adalah jenis besi baja ringan dengan salah satu material hasil pabrikasi dari plat coil yang dibentuk hingga sedemikian rupa dengan menggunakan metode cutting dan branding sehingga memiliki bentuk seperti huruf C.  Besi ini juga merupakan besi yang memiliki ukuran yang panjang dengan ukuran panjang 6 meter dengan ukuran dan ketebalan yang tidak sama. Tetapi untuk ketebalan besi CNP terbatas hanya sampai 3,2 mm saja yang ada di pasaran.

Jenis besi yang satu ini sudah banyak difungsikan untuk bahan konstruksi bangunan sebagai rangka atap. Tidak hanya untuk bahan konstruksi bangunan saja, material ini juga digunakan untuk pabrikator otomotif dan juga industri. Selain itu material besi CNP ini dibuat dari bahan dasar yang tidak mudah rapuh dengan kategori baja ringan dimana lembaran baja dilapisi oleh chrome. Jumlah karbon yang digunakan berkisar 0.05% sampai 0.25%. Hal ini telah disesuai dengan fungsinya, dimana besi CNP umumnya digunakan untuk menahan konstruksi atau beban yang terbilang berat.

Pengertian Besi Kanal C

Pemanfaatan Besi Kanal C

Kanal C menjadi salah satu besi yang populer tentu memiliki keistimewaan tersendiri. Berikut pemanfaatan dari penggunaan besi jenis ini yang biasa orang umum gunakan baik untuk kebutuhan gedung, fasilitas umum maupun hunian rumah.

1. Sebagai Penutup Dinding

Jika Anda pernah melihat dinding yang ditutupi dengan besi bahan logam biasanya penutup digunakan dengan besi kanal C yang relatif ringan dan tipis sehingga biasanya hanya digunakan pada dinding bangunan sementara.

2.  Sebagai Rangka Atap

Biasanya, besi cnp kanal c bisa digunakan sebagai rangka atap bangunan. Pada umumnya, bagian rangka atap bangunan yang menggunakan jenis ini bisa dan banyak Anda temui jika mengunjungi kawasan gedung, pabrik, atau gudang. Besi ini akan dipasang menyerupai 2 sisi samping pada segitiga untuk menopang atap dari bangunan gedung, gudang, atau pabrik.

3. Sebagai Purlin

Sebagian gedung mungkin memiliki purlin, purlin sendiri merupakan balok dudukan penutup atap. Untuk membuat purlin ini, biasanya banyak pihak yang memilih bahan dari besi CNP kanal C yang dinilai kokoh dan bisa menopang berat benda di atasnya.

4. Rangka Komponen Arsitektur

Tidak jarang juga besi kanal c digunakan sebagai komponen arsitektur seperti digunakan untuk bingkai material pembentuk bangunan supaya ketahanan pondasi dapat ditopang.

5. Sebagai Pagar

Jenis besi ini juga dapat dijadikan pagar pengaman, karena dinilai materialnya yang kokoh dengan bentuk kokoh dan tinggi yang memadai. Biasanya material ini digunakan untuk pembuatan pagar gedung atau pagar hunian mewah yang membutuhkan pengamanan ekstra. 

Fungsi kanal C

Jenis Besi Kanal C yang Dijual di Toko Material

Mungkin Anda sempat berfikir tidak perlu mengetahui jenis besi yang satu ini, namun tahukah Anda bahwa mengetahui spesifikasi jenis besi ini dapat membantu Anda mempertimbangkan untuk menggunakan jenis besi yang cocok untuk kebutuhan Anda sebelum mendatangi toko material terdekat. Berikut jenis dan varian harga dimensi produk besi kanal C atau atau C-channel yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan yaitu, yaitu:

Jenis Dimensi Tebal Panjang Harga
CNP 60. 60 x 30 x 10 mm 1,2 mm 6 meter. Rp 90.000
CNP 75. 75 x 35 x 15 mm 1,6 dan 2,3 mm Rp 120.000
75 x 45 x 15 mm
CNP 100. 100 x 50 x 20 mm 1,6, 2,3 dan 3,2 mm Rp 140.000
CNP 125. 125 x 50 x 20 mm 2,3 dan 3,2 mm Rp 190.000
CNP 150. 150 x 50 x 20 mm 2,3 dan 3,2 mm Rp 215.000
150 x 65 x 20 mm
CNP 200 200 x 75 x 20 mm 3,2 mm Rp 242.000

 

Pada umumnya besi ini memiliki beberapa ukuran yang dijual di toko material, namun berapapun besar dimensi besi kanal C ukuran panjang besi tetaplah sama.

Baca juga: KELEBIHAN & KEKURANGAN BESI BETON SNI

Distributor Jual Besi Kanal C

Jika Anda membutuhkan jenis besi ini untuk kebutuhan kontraktor pembangunan hunian maupun industri silakan hubungi PT. Wira Baja Makmur Mandiri. Perusahaan ini merupakan supplier besi berkualitas baik di indonesia kami juga perusahaan yang terdepan dan menjadi salah satu pilihan untuk pengadaan barang konstruksi mulai dari besi beton, plat stainless, pipa besi, besi WF, CNP, UNP, besi hollow, besi wire mesh, atap spandek dan juga sebagai kontraktor.

Anda juga dapat berkonsultasi sesuai kebutuhan pada pelayanan PT. Wira Baja Makmur Mandiri yang ramah dan dapatkan penawaran harga khusus.

Editor: Langgeng Irma Salugiasih

Author

Enable Notifications OK No thanks