Indonetwork, Elektronik – Saat ini Air Conditioner (AC) merupakan salah satu fasilitas wajib terutama untuk kamar hotel, ruang kerja perusahaan, ruang kelas bahkan di kafe. Meskipun beberapa tahun lalu AC tergolong barang-barang yang notabene mahal, tetapi kini AC sudah menjadi kebutuhan penting banyak orang, terutama untuk wilayah perkotaan yang mempunyai cuaca panas. Maka dari itu, uraian kali ini juga akan membahas komponen penting dalam AC lengkap dengan informasi suplier jual castel yang merupakan salah satu komponen terpenting dalam AC.

Perkembangan AC

AC merupakan mesin yang dibuat untuk menstabilkan kelembaban dan suhu udara di ruangan. Alat ini memiliki fungsi bisa mendinginkan atau memanaskan ruangan, sehingga penggunaanya dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Akan tetapi, pada khalayak umum AC biasa diistilahkan sebagai pendingin udara karena memang biasanya AC lebih banyak digunakan sebagai pendingin ruangan.

Baca Juga: ALUMUNIUM FOIL, PEREDAM PANAS PADA ATAP RUMAH

Meskipun tergolong produk teknologi modern, konsep pendingin udara sudah ada sejak abad pertengahan khususnya pada masa Romawi Kuno dan Persia. Kemudian pada tahun 1902 muncul seorang tokoh bernama Willis Haviland Carrier, orang pertama yang menciptakan AC modern berskala besar yang menggunakan listrik sebagai sumber energinya. Dalam perkembangannya fungsi AC mengalami peningkatan. Selain digunakan sebagai pendingin ruangan dan mengatur kelembapan udara, saat ini beberapa AC juga memiliki fungsi sebagai pembersih udara. Mesin AC yang memiliki fitur pembersih udara dilengkapi dengan filter yang digunakan sebagai penyaring debu dan kotoran yang terdapat di udara. Karena fungsinya sebagai penyaring, filter tersebut harus dibersihkan secara rutin untuk membuang kotoran yang menempel pada filter sehingga fungsi filter dapat terjaga dengan baik.

Komponen-komponen AC

Agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik, AC dilengkapi dengan beberapa komponen. Komponen-komponen dalam AC dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu komponen utama, komponen pendukung, kelistrikan dan refrigeran.

Baca Juga: MENGENAL AIR PURIFIER, SI PEMBERSIH UDARA

1. Komponen Utama

Dalam sebuah AC terdapat komponen utama yang memiliki fungsi untuk mengatur suhu udara. Komponen tersebut terdiri dari kondensator, kompresor, evaporator, dan pipa kapiler.

Jual Castel AC
Sumber: Ahs.com
  1. Kondensator, alat ini berfungsi untuk menukar kalor, menurunkan suhu refrigeran dan mengubah wujud fefrigeran dari gas menjadi cair. Pipa kondensator didesain berliku-liku dan memiliki sirip. Kondensator diletakkan di luar ruangan yang bertujuan agar dapat melepaskan panas pada refrigeran ke udara bebas.
  2. Kompresor, memiliki fungsi untuk mengedarkan dan memompakan refrigeran ke seluruh bagian AC. Cara kerja kompresor seperti fungsi jantung pada manusia. Kompresor dilengkapi dengan dua pipa yang memiliki fungsi hisap dan menekan serta memiliki dua tekanan yaitu tekanan rendah dan tekanan tinggi.
  3. Evaporator, fungsi evaporator sebagai penyerap sekaligus mengalirkan panas dari udara ke refrigeran. Dengan adanya evaporator, refrigeran dapat berubah wujud dari cair menjadi gas setelah melewati pipa kaplier. Cara kerja evaporator yaitu mengambil udara panas dalam ruangan kemudian melalui sirip-sirip pipa sehingga suhunya akan turun.
  4. Pipa kapiler, alat ini merupakan komponen yang penting dalam sebuah AC. Fungsi pipa kapiler adalah menurunkan tekanan dan mengatur aliran refrigeran menuju evaporator. Tekanan yang turun pada refrigeran akan menyebabkan suhunya ikut turun dan proses tersebut yang menyebabkan udara yang keluar dari AC dapat bersuhu lebih rendah.

2. Komponen Pendukung

AC selain memiliki komponen utama dilengkapi juga dengan komponen pendukung. Beberapa komponen pendukung dalam AC adalah:

Air Conditioning Castle
Sumber: Greenlinkengineering.com
  1. Strainer, yang berfungsi untuk menyaring kotoran yang terbawa di dalam refrigeran.
  2. Accumulator, digunakan untuk menampung refrigeran cair yang memiliki suhu rendah sementara waktu dan juga digunakan sebagai campuran pelumas evaporator. Selain itu accumulator digunakan untuk menjaga agar aliran refrigeran menuju kompresor agar tetap lancar.
  3. Blower, berfungsi untuk menghisap udara panas dari ruangan kemudian mengeluarkannya dalam suhu yang lebih dingin kembali ke ruangan.
  4. Fan (kipas), berfungsi untuk membantu kondensator membuang panas ke udara.

3. Kelistrikan

Sumber energi AC yang menggunakan listrik, makan AC harus dilengkapi dengan komponen kelistrikan yang memiliki fungsi sebagai berikut:

Air Conditioner Murah
Sumber: Unsplash.com
  1. Termostat, digunakan sebagai pengatur suhu rungan secara otomatis agar sesuai dengan perintah dari remote.
  2. Kapasitor, berfungsi untuk menyimpan daya listrik sementara. Dengan adanya kapasitor AC ketika dinyalakan sudah memiliki energi untuk menghidupkan mesin.
  3. Overload, yang berfungsi untik  memutuskan aliran listrik pada kompresor apabila terjadi gangguan pada kompresor misalnya mati, kekurangan oli, atau kekurangan refrigeran.
  4. Motor listrik, berguna untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik pada kipas AC.

4. Refrigeran

Refrigeran merupakan zat yang mengalir dalam sistem AC. Komponen ini memiliki fungsi sebagai pendingin. Saat AC melakukan proses kerjanya, refrigeran akan secara terus menerus berubah wujud antara cair dan gas untuk menghasilkan udara dingin.

Jual Castel Murah
Sumber: Cielowigle.com

5. Castel

Ada salah satu komponen lain pada AC yang fungsinya sangat penting yaitu Castel. Alat ini digunakan  untuk mengatur, mengarahkan atau mengendalikan aliran fluida (gas, cairan, padatan terfluidisasi, dll.) dengan membuka, menutup, atau menghalangi aliran berbagai jenis saluran. Contoh: membuka/tutup aliran air pada pipa. Karena fungsi castel yang begitu penting pastikan Anda memilih castel dengan kualitas terbaik saat Anda akan menggantinya.

Jual Castel
Sumber: Solenoidi

Rekomendasi Supplier Jual Castel

Untuk mendapatkan castel dengan kualitas terbaik Anda dapat menghubungi PT. Nusa Sejahtera Logam Pratama. Selain jual castel, perusahaan ini juga menyediakan berbagai macam komponen lain yang terdapat dalam AC. PT. Nusa Sejahtera Logam Pratama terbukti telah memiliki reputasi baik dalam melayani pelanggannya. Berdiri sejak tahun 1993 hingga saat ini masih setia dalam melayani masyarakat menyediakan berbagai macam komponen untuk memenuhi kebutuhannya.


Author

%d bloggers like this: