Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Tinggal di Indonesia yang beriklim tropis tentu membuat Anda terbiasa dengan suhu normal berkisar antara 28oC-35oC. Bahkan tidak jarang di musim panas, suhu mencapai lebih dari 35oC akibat adanya pemanasan global saat ini. Berbagai cara dilakukan untuk mengurangi panas di rumah atau bangunan, salah satunya adalah penggunaan aluminium foil pada atap. 

Aluminium foil pada atap digunakan untuk meredam panas yang diterima dari sinar matahari. Selain penggunaan jendela, pintu, serta ventilasi lainnya, Anda bisa menggunakan aluminium foil untuk atap rumah.  Berikut ini ulasan seputar fungsi, jenis, hingga cara pemasangan aluminium foil pada atap.

Baca juga: SEGUDANG MANFAAT DARI PENGGUNAAN ALUMINIUM FOIL

Apa itu Aluminium Foil?

Aluminium foil adalah lapisan dari “alloy” yang mengandung 99,4% aluminium. Anda dapat menemukannya dalam berbagai bentuk sesuai kebutuhan, seperti untuk atap rumah. Sifat dari aluminium foil, yaitu: 

  • lentur dan fleksibel
  • mudah dibentuk, seperti pada kemasan
  • kedap udara, air, dan lemak
  • bersih dan tidak beracun
  • penghantar panas yang baik

Pada awalnya, aluminium foil digunakan untuk menahan tampias atau kecoran pada atap. Namun,  penggunaannya saat ini juga untuk meredam panas. Tidak heran di Indonesia yang beriklim tropis penggunaan aluminium foil pada atap menjadi pilihan mengurangi panas di dalam rumah. 

Fungsi Aluminium Foil pada Atap

Dengan sifat yang dimiliki aluminium foil banyak digunakan dan memiliki berbagai macam fungsi, diantaranya: 

1. Peredam Panas

Aluminium foil pada umumnya digunakan sebagai peredam panas di negara-negara tropis seperti Indonesia. Biasanya aluminium foil diaplikasikan pada atap atau area yang terpapar sinar matahari untuk melindungi bagian dalam ruangan di bawahnya. Aluminium foil mampu menahan 97% radiasi panas, dimana 3% dari panas ditahan pada gelembung yang terdapat di bagian tengahnya. Sehingga panas dari luar tidak akan masuk ke dalam juga dengan dingin udara dari dalam ruangan tidak akan keluar. 

2. Penahan Air Hujan

Salah satu fungsi aluminium foil yang banyak digunakan adalah untuk menahan air hujan berupa rembesan ataupun tampias. Dengan material yang tahan pada air ini membuat aluminium foil banyak digunakan untuk mencegah kebocoran pada atap dengan harga yang terjangkau dan praktis. 

3. Melindungi Plafon

Dengan kemampuannya menahan air, udara, panas, lemak membuat aluminium foil bisa Anda gunakan melindungi plafon rumah agar tetap terjaga. Anda bisa memasang aluminium foil pada rangka baja sebelum plafon terpasang. 

4. Pemantul Cahaya

Untuk kebutuhan penerangan yang lebih baik di dalam ruangan Anda bisa menggunakan aluminium foil. Hal ini karena permukaan aluminium foil yang mampu memantulkan cahaya ke dalam ruangan, sehingga menjadi lebih terang dan hemat energi tentunya. 

Jenis Aluminium Foil

Sebelum menggunakan aluminium foil pada atap rumah, sebaiknya Anda perlu mengetahui jenisnya yang sesuai kebutuhan. Aluminium foil terdiri dari beberapa jenis yang bisa digunakan untuk atap, diantaranya: 

Berdasarkan Bentuknya

1. Aluminium Foil Single Side

Single side adalah jenis aluminium foil dengan lapisan yang hanya ada pada satu sisi. Sehingga tampilannya hanya akan terlihat mengkilap di bagian atas dan buram pada bagian bawah. 

2. Aluminium Foil Double Side

Double side merupakan jenis pelapis atap dengan kedua sisinya dilapisi material aluminium. Sehingga kedua sisi terlihat mengkilap, baik sisi atas atau bawah.

Berdasarkan Lapisannya

1. Aluminium Foil Woven

Jenis ini memiliki lapisan woven atau lapisan serat karung plastik yang tersedia dengan dua model yaitu single dan double side. Jenis aluminium foil woven digunakan untuk penahan panas, lapisan tampias akibat rembesan air hujan di genteng sehingga sangat cocok untuk konstruksi baja ringan. 

2. Aluminium Foil Bubble

Ciri utama dari aluminium foil bubble adalah pada kedua sisi berlapis aluminium namun pada bagian tengahnya menggunakan plastik yang terdapat bubble atau gelembung udara. 

3. Aluminium Foil Foam

Aluminium foil foam memiliki ketebalan mencapai 25 mm. Hal tersebut dikarenakan jenis ini dilapisi dengan foam atau busa sehingga lebih berat dibanding jenis lainnya. Terdapat bentuk atau model aluminium foil foam single dan double side. 

Cara Memasang Aluminium Foil pada Atap

Setelah mengetahui fungsi dan jenisnya, Anda juga perlu mengetahui cara memasang aluminium foil pada atap. Anda bisa menggunakan jasa ahli terpercaya dalam proses instalasinya. Namun, jika Anda ingin memasangnya sendiri, berikut ini adalah langkah pemasangan aluminium foil pada rangka atas yang baik dan benar.

  1. Pilih aluminium foil yang sesuai kebutuhan untuk dipasang pada rangka atap baja ringan di rumah atau bangunan tertentu.
  2. Hitung luas bangunan dan perkiraan kebutuhan aluminium foil. Jika bahan berukuran 1,2 x 25 mm umumnya digunakan pada area dengan luas 30 m2. Jika aluminium foil berukuran 1,2 x 50 mm umumnya dapat digunakan pada luas bidang 60 m2. Anda bisa juga menghitung perkiraan harga aluminium foil untuk atap rumah.
  3. Potong aluminium foil sesuai panjang bentangan. Untuk sambungannya Anda bisa menggunakan metalized tape yaitu isolasi khusus aluminium foil.
  4. Pasang aluminium foil secara vertika mengikuti bidang. Pada jenis single side, sisi berlapis aluminium berada di bagian atau menghadap ke atas.
  5. Pada rangka atap baja ringan, pasang aluminium foil dengan cara dijepit diantara reng dan kaso atau dapat dilakukan sebelum maupun secara bersamaan. 

Baca juga: MENGENAL DAERAH PENGHASIL TIMAH DI INDONESIA

Distributor Aluminium Foil Terlengkap

Aluminium foil memiliki banyak jenis dan manfaat yang bisa Anda gunakan dalam sehari-hari. Sifatnya yang mampu menahan panas dan air tidak hanya digunakan sebagai pembungkus makanan, tetapi juga pada atap. Kegunaan ini didukung dari inovasi produk aluminium foil atap yang dapat Anda temukan dengan mudah. 

Salah satu distributor aluminium foil untuk atap atau kemasan yang dapat menjadi pilihan terbaik Anda adalah CV. Surabaya Indo Foil. Perusahaan yang berdomisili di Surabaya, Jawa Timur ini menjual berbagai kebutuhan aluminium foil baik untuk kemasan makanan, industri, hingga kebutuhan rumah tangga yang sangat lengkap. Langsung saja kunjungi CV. Surabaya Indo Foil dan temukan berbagai jenis aluminium foil kebutuhan Anda.

Author

Enable Notifications OK No thanks