Indonetwork, Bahan BangunanBerapa jumlah batako untuk rumah tipe 36? Itulah salah satu pertanyaan yang banyak terbersit di benak Anda ketika merencanakan pembangunan.

Setiap rumah memiliki jumlah batako berbeda-beda, tergantung bagaimana bentuk, tipe, serta ukuran dari rumah yang akan dibangun. Oleh karena itu, diperlukan perencanaan dan perhitungan yang tepat untuk mempersiapkan biaya serta material untuk membangun rumah.

Apabila Anda berencana untuk membangun rumah dengan tipe 36, simak artikel berikut untuk mendapatkan perhitungan jumlah batako yang harus dipersiapkan.

Mengenal Rumah Tipe 36

Berdasarkan ukurannya, rumah tapak dibagi menjadi beberapa tipe. Umumnya, kontraktor biasa membedakannya ke dalam 6 tipe, diantaranya yaitu tipe 21, 36, 45, 54, 60, dan 70.

Salah satu tipe rumah yang paling banyak disukai adalah rumah tipe 36. Hal ini dikarenakan ukurannya yang pas, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Selain itu, harganya juga cukup terjangkau di pasaran, sehingga mayoritas orang-orang banyak mencari tipe tersebut.

Ukurannya dengan dimensi 6 x m atau 9 x 4 m membuatnya cocok dihuni oleh keluarga kecil yang telah memiliki satu anak.

Umumnya, rumah tipe 36 banyak dibangun di atas tanah seluas 60 meter persegi hingga 72 meter persegi. Akan tetapi, beberapa rumah tipe 36 juga banyak di bagun di atas tanah seluas 90 meter persegi.

Meskipun memiliki ukuran yang tidak begitu luas dan cukup dihuni oleh keluarga kecil, rumah tipe 36 bisa dibangun dengan beberapa ruangan di dalamnya. Biasanya, rumah tipe 36 memiliki 1 sampai 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang tamu, 1 ruang makan serta dapur, teras dan garasi.

Dengan adanya ruangan-ruangan tersebut, sudah bisa mencukupi kebutuhan Anda sehari-hari di dalam rumah. Mulai dari, menerima tamu, makan, mandi, dan tidur.

Baca juga: 5 Jenis Batu Bata yang Banyak dipakai Masyarakat Indonesia

Jumlah Batako Rumah Type 36

jumlah batako untuk rumah tipe 36
Sumber: Pexels

Sebelum membangun rumah, tentu saja Anda harus merencanakan anggaran dan jumlah material yang dibutuhkan. Salah satu material yang wajib ada untuk membuat rumah adalah batako.

Dalam merencanakan pembangunan tersebut, Anda perlu mengetahui jumlah batako yang diperlukan. Oleh karena itu, diperlukan perhitungan yang tepat agar Anda tidak kekurangan batako saat membangun rumah.

Umumnya, untuk membangun dinding seluas 1 meter persegi, diperlukan batako sebanyak 90 buah. Apabila Anda ingin membangun rumah tipe 36 dengan 2 kamar, berarti Anda perlu membangun dinding seluas 154 meter persegi.

Jadi, keseluruhan batako yang dibutuhkan adalah 154 x 90. Itu berarti Anda memerlukan batako sebanyak 13.860 buah. Untuk memudahkan dalam penganggaran biaya, Anda bisa membulatkannya menjadi 15.000 buah batako.

Setiap produsen, mematok harga batako berbeda-beda. Seperti jika Anda membeli batako pada PT. Triputra Jaya Makmur, maka Anda bisa mendapat harga Rp1.500/biji. Akan tetapi jika Anda membeli batako pada tempat lain, Anda bisa mendapat harga di bawah itu atau bahkan di atas harga tersebut.

Maka biaya batako yang perlu Anda keluarkan adalah 15.000 batako x Rp1.500/biji = 22.500.000.

Perhitungan Material Lainnya

Selain batako, juga masih banyak material yang perlu diperhitungkan sebelum membangun sebuah rumah agar Anda bisa memiliki anggaran biaya yang pas. Berikut beberapa material lain yang perlu Anda perhitungkan.

1. Semen

Dalam membangun rumah, Anda memerlukan banyak sekali semen yang digunakan untuk berbagai macam pembangunan bagian-bagian rumah. Seperti semen untuk pondasi (cor), aci atau plester, dan lantai.

Untuk memasang batako pada tembok seluas 154 meter persegi, Anda membutuhkan 31 sak semen. Semen untuk aci, dibutuhkan 31 sak, untuk lantai dibutuhkan 18 sak, dan untuk cor pondasi diperlukan 10 sak.

Maka, total sak yang dibutuhkan adalah 90 sak. Apabila Anda membeli semen di PT. Triputra Jaya Makmur, maka Anda akan mendapatkan harga Rp65.000. Sama seperti batako, setiap produsen menawarkan harga semen yang bervariasi. Total biaya yang Anda butuhkan adalah 90 sak x Rp65.000 = Rp5.850.000

2. Pasir

Dalam pembangunan, material pasir juga dibutuhkan sebagai campuran semen. Untuk membangun rumah dengan tipe 36 seluas 154 meter persegi, maka pasir yang dibutuhkan sebagai campuran sekitar 19 meter kubik dengan biaya sekitar Rp200.000.

Harga tersebut adalah harga yang bisa Anda dapatkan jika membeli pasir di PT. Triputra Jaya Makmur, sehingga total biaya yang dibutuhkan adalah 19 meter kubik x Rp200.000 = Rp3.800.000.

Selain pasir dan semen, material lain yang perlu diperhitungkan adalah kerikil, bei beton, broti, paku, dan instalasi pipa air.

Baca juga: Konstruksi Baja Gedung: Jenis-Jenis dan Kelebihan

Produsen Batako di Indonesia

berapa jumlah batako untuk rumah tipe 36
Sumber: Pinterest

Terdapat banyak sekali produsen batako di Indonesia yang bisa Anda temui di toko-toko offline. Tidak hanya itu, saat ini Anda juga bisa membeli batako di online store. Salah satu produsen yang menjual batako adalah PT. Triputra Jaya Makmur.

PT. Triputra Jaya Makmur menyediakan berbagai macam material alam seperti pasir, batu gunung, batu pecah, batu koral, bati beton, batako, bata merah, bata ringan, dan lain sebagainya. Apabila Anda memerlukan referensi lain terkait produsen batako, Anda bisa melakukan penelusuran pada e-commerce Indonetwork.

Itulah sekilas mengenai rumah tipe 36 dan perhitungan jumlah batako untuk rumah tipe 36. Semoga bermanfaat.

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks