Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Air purifier atau pembersih udara merupakan perangkat atau mesin yang berfungsi sebagai penyaring atau pembersih dari kontaminan (kotoran, debu, kuman atau zat-zat yang berbahaya di udara) untuk meningkatkan sirkulasi dan kualitas udara ketika Anda berada di dalam ruangan. Perangkat pembersih udara satu ini dapat juga berfungsi dengan efektif sebagai penghilang atau pengurang asap atau debu ruangan dengan metode penyerapan tekanan atau teknik adsoropsi udara.

Air purifier membersihkan udara dengan menghilangkan jumlah kontaminan di dalam ruangan seperti dapat mengeluarkan udara yang terdapat didalamnya partikel bakteri, jamur, virus, bau, dan kontaminan berbasis karbon lainnya tergantung teknologi penyaring udara spesifik yang digunakan. Maka dari itu, penjernih udara telah dijadikan andalan terbaik untuk mendapatkan udara sehat di dalam ruangan.

Teknik yang digunakan pada air purifier terdapat 2 jenis teknologi yaitu aktif dan pasif. Pembersih udara aktif mampu melepaskan ion bermuatan negatif pada udara yang menyebakan polutan menempel pada permukaan. Sedangkan unit pembersih udara pasif menggunakan filter penyaring udara untung menghilangkan polutan.

Berikut kegunaan air purifier selengkapnya yang bisa Anda simak sebelum membelinya.

Kegunaan Air Purifier yang Begitu Berkhasiat untuk Rumah Anda

kegunaan air purifier
Sumber: Freepik

Bukan sekadar melembapkan ruangan, namun air purifier memiliki kegunaan yang lebih luas dari itu, di antaranya:

Menangkal Virus dan Bakteri di Udara

Salah satu kegunaan air purifier adalah mampu membantu menghilangkan virus dan bakteri di udara. Selain itu juga bisa menurunkan tingkat aktifvitas virus dengan kecanggihan yang dimiliki oleh mesin air purifier sehingga Anda memiliki kualitas udara yang lebih baik dari sebelumnya.

Menghilangkan Aroma Tak Sedap

Pembersih udara ini dapat bekerja dan terbukti mampu menghilangkan bau tidak sedap. Karena air purifier telah dilengkapi filter HEPA dan karbon aktif yang mampu bekerja dengan efektif untuk menangkap gas dan partikel yang menimbulkan bau tidak sedap ketika Anda berada di dalam suatu ruangan.

Baca Juga: Waktu Terbaik Menggunakan Filter Udara HEPA Filter

Mengurangi Jamur dalam Ruangan

Air purifier dapat mengurangi pertumbuhan jamur yang dapat menjadi sumber berbagai penyakit. Air purifier telah dilengkapi dengan metode menyemburkan ion PCI dan PVC plate – konsentrasi ion PCI 50.000 ions/cm3  pada suhu udara ruangan yang berukuran mulai dari 2.6 m3 dan telah terbukti bahwa pertumbuhan jamur dapat dikurangi oleh keunggulan air purifier.

Memperbaiki Kualitas Tidur

Pembersih udara ini dapat menjadi salah satu peran penting terhadap kualitas tidur Anda karena mampu membersihkan sirkulasi udara dari alergi, debu bahkan partikel halus lainnya yang dapat mengganggu saluran pernafasan dan kondisi kesehatan selama Anda beristirahat. Air purifier juga begitu canggih dapat membantu menciptakan lingkungan dan kondisi tidur Anda menjadi lebih relaks, bersih, sehat, juga teratur.

Menghilangkan Virus Alergi

Hal-hal sederhana seperti hewan peliharaan dan serbuk sari dapat memicu reaksi alergi. Mesin penjernih dan pembersih udara mampu bekerja dengan menghambat sirkulasi udara yang tercemar karena adanya sistem filtrasi. Beberapa air purifier juga telah memiliki pemurnian 3-tahap yang terdiri dari pra-filter (biasanya karbon aktif), filter high-efficiency particulate air (HEPA), dan ionizer yang melepaskan ion bermuatan negatif pada atmosfer.

Cara Kerja dan Tips Menggunakan Air Purifier

kegunaan air purifier
Sumber: Freepik

Lalu, bagaimana cara menggunakan air purifier? Air purifier mudah untuk digunakan. Anda hanya perlu menyalakan tombol “Power” yang telah tersedia sehingga udara yang ada di dalam ruangan mampu terserap kedalam bantuan mesin penyaring/kipas yang terletak pada bagian belakang unit mesin penyaring udara tersebut.

Kemudian, udara kembali tersaring yang nantinya secara otomatis disalurkan kembali melalui penyalur pada depan unit mesin dengan udara yang dihasilkan menjadi lebih bersih, bebas debu, bakteri, kuman, bahkan terhindar dari bulu hewan peliharaan. Efektifitas air purifier juga telah diketahui mampu memurnikan dan dapat menjernikan udara pada ruangan dengan mencapai 95% akurat dan baik untuk kesehatan dibandingkan dengan tanpa menggunakan penyaring sirkulasi udara.

Tips Menggunakan Air Purifier

kegunaan air purifier
Sumber: Stefamerpik/Freepik

Berikut ini tips menggunakan penyaring udara ruangan yang perlu Anda perhatikan dan pelajari sebelumnya

Menyesuaikan Ukuran Ruangan 

Perlu diketahui bahwa Anda harus memilih jenis air purifier sesuai dengan luas ruangan yang akan menggunakan/dipasangkan penyaring udara ini. Seperti contoh jenis penyaring udara yang hanya dapat menjangkau ruangan dengan luas 20 M2 maka Anda perlu menempatkannya sesuai dengan luas dari ruangan tersebut. Anda dapat mencari rekomendasi terlebih dahulu sesuai kebutuhan seperti jenis filter ionizer, HEPA, karbon aktif, bahkan penyaring debu anti bakterial.

Membersihkan Filter dan Menutup Ruangan

Filter yang terdapat didalam alat air purifier harus selalu dibersihkan secara berkala agar tetap berfungsi secara optimal. Anda bisa membersihkannya antara dua minggu atau satu bulan sekali. Selain itu, ketika air purifier menyala, pastikan Anda menutup ruangan yang sedang gunakan. Hal ini dilakukan agar udara dari luar ruangan yang belum disaring tidak tercampur dengan udara yang sudah dibersihkan oleh air purifier.

Apabila filter pada air purifier sudah mulai berkurang fungsinya walaupun sudah dibersihkan berkali-kali, mungkin Anda harus segera menggantinya. Penggantian filter dengan yang baru dapat dilakukan sekitar  lima hingga enam bulan sekali tergantung kebutuhan.

Baca Juga: 3 Jenis Blower Ventilator Fans untuk Melancarkan Sirkulasi Udara

Air Purifier yang Menjangkau Seluruh Ruangan

Posisi Air Purifier Terjangkau Seluruh Ruangan

Anda dapat meletakkan pembersih udara ini dengan posisi yang dapat menjangkau hingga seluruh ruangan. Jika air purifier mempunyai jangkauan yang luas, Anda dapat meletakkannya pada pojok ruangan atau di bagian tengah ruangan. Posisi yang tepat dapat membantu proses pembersihan udara menjadi lebih optimal dan dapat menghemat energi/ listrik. Anda juga dapat menyiasati posisi penyimpanan air purifier dengan furniture atau benda-benda yang terdapat pada ruangan untuk menghasilkan tampilan ruangan lebih teratur, rapi, dan menciptakan kesan elegant.

Dari uraian di atas, kini Anda sudah mengetahui apa fungsi dari air purifier dan bagaimana cara kerjanya. Penggunaan air purifier sangat bagus untuk menciptakan udara yang lebih bersih untuk dihirup serta dapat meminimalisir gangguan pernapasan akibat menghirup udara kotor.

Untuk mendapatkan air purifier kini semakin mudah dengan banyaknya toko elektronik atau supermarket yang menyediakan alat ini seperti PT Hibaru yang menyediakan Ecozone POG-7000 Portable Air Purifier and Deodorizer dengan produk-produk menarik dan terpercaya lainnya.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks