Sekarang ini pintu tidak hanya terbuat dari kayu saja, namun ada juga yang terbuat dari baja. Tidak hanya dipakai di rumah yang bergaya modern saja, banyak pemilih rumah tradisional juga memakai besi baja. Banyak kelebihan pintu baja yang tidak dimiliki oleh pintu kayu pada umumnya.

Baja adalah material yang memiliki banyak sekali keunggulan, salah satunya adalah harganya yang lebih terjangkau. Dari sisi kualitas juga lebih baik dibandingkan dengan pintu kayu, plastik, kaca, atau PVC. Tidak heran jika banyak penjual yang jual pintu baja murah di Indonesia.

Kelebihan Pintu Baja

Bagi Anda yang ingin tahu kelebihan pintu besi ini, simak ulasan kami berikut ini.

1. Bobotnya Berat

Perlu Anda ketahui jika bobot dari pintu baja ini hampir sama seperti pintu kayu pada umumnya. Jadi pintu baja ini jika Anda bawa akan lumayan berat juga.

Bobotnya yang berat ini membuat pintu baja punya kekuatan yang tidak perlu Anda ragukan lagi. Kekuatannya jauh melebihi pintu yang terbuat dari PVC, Plastik, atau kaca sekalipun.

2. Ukurannya Bervariasi

Anda bisa menyesuaikan pintu baja ini dengan ukuran pintu di rumah Anda. Jadi sebelum memutuskan beli pintu baja, pastikan Anda sudah tahu ukuran pintu rumah supaya pas.

3. Sangat Kuat

Bobot yang dimiliki oleh pintu baja dan kayu ini sama. Namun secara kekuatan pintu baja lebih kuat dibandingkan dengan pintu kayu. Pintu baja ini sangat kokoh ketika Anda pakai untuk pintu rumah.

Kekuatannya yang tinggi ini membuat Anda tidak perlu khawatir rumah Anda dibobol oleh maling. Karena sulit bagi mereka untuk menghancurkannya.

4. Tidak Mudah Memuai & Menyusut

Ketika musim hujan tiba, pintu yang terbuat dari kayu cenderung akan memuai. Namun hal seperti ini tidak akan terjadi pada pintu baja. Karena material ini sangat tahan terhadap proses pemuaian.

Material baja juga tidak akan mudah mengalami penyusutan. Sehingga bila dari sisi keawetannya juga lebih lama dibandingkan pintu kayu.

5. Tampilannya Mirip Seperti Kayu

Meskipun terbuat dari material baja, namun banyak di pasaran yang menjual pintu baja motif kayu. Motif ini tentu saja sangat cocok dipasang di rumah yang mempunyai desain rustic hingga klasik.

6. Tahan Api

Inilah keunggulan yang dimiliki oleh pintu baja dimana pintu ini sangat tahan terhadap api. Hal ini berbanding terbalik dengan pintu yang terbuat dari material kayu yang sangat mudah terbakar.

7. Tahan Cuaca

Pintu baja juga sangat tahan terhadap cuaca. Pintu ini akan tetap awet meskipun terkena sinar matahari langsung atau air hujan. Karena pintu baja ini sangat kuat terhadap cuaca ekstrim.

8. Tahan Rayap

Salah satu kelemahan fatal yang dimiliki oleh pintu kayu yaitu sangat mudah mengeropos karena adanya rayap. Namun hal ini tidak akan terjadi jika Anda memakai pintu baja, sehingga pintu ini akan lebih awet.

9. Mudah Dibersihkan

Cara untuk membersihkan pintu baja juga sangat mudah. Anda tinggal menggunakan air hangat dan sedikit deterjen saja. Sangat mudah bukan?

10. Sistem Kunci

Keunggulan pintu baja modern ini yaitu mempunyai sistem kunci. Namun tidak semua produk memiliki fitur ini ya. Namun keberadaan fitur sistem kunci seperti brankas bisa meningkatkan keamanan rumah Anda.

11. Harga Terjangkau

Meskipun dari sisi kualitas lebih unggul dari pintu kayu, namun tak membuat harga pintu baja sangat mahal. Harga pintu baja justru lebih terjangkau dibandingkan dengan pintu kayu. Pintu ini bisa Anda dapatkan mulai dari Rp1,5 jutaan saja.

Itulah beberapa kelebihan pintu baja dibandingkan pintu kayu ataupun jenis pintu lainnya. Bagi Anda yang punya budget terbatas namun ingin punya pintu rumah yang berkualitas, tentu saja pintu baja modern adalah pilihan yang tepat.


Author

%d bloggers like this: