Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Refrigeran adalah komponen penting dari sistem HVAC (Heating, ventilation, and air conditioning) Anda. Refrigeran bertanggung jawab untuk mendinginkan udara di rumah Anda. Tanpa itu, AC Anda tidak dapat mengubah suhu udara. Refrigeran juga mungkin bertugas untuk memanaskan udara Anda jika Anda memiliki pompa panas. Mari kita pahami apa yang membuat alat ini begitu populer lengkap dengan harga dan rekomendasi jual freon R22 refrigerant.

Pengertian Freon R22 Refrigerant

Freon R22 refrigerant adalah salah satu refrigeran yang paling umum digunakan dalam sistem pendingin udara. R22 adalah nama pendek untuk senyawa halokarbon CHClF2 (monochlorodifluoromethane), yang digunakan sebagai refrigeran. R adalah singkatan dari refrigeran. Dalam angka “22” detik “2” menunjukkan jumlah atom fluor dalam senyawa.

Titik didih R22 adalah -40,8 derajat Celcius (-41,4 derajat F). Karena titik didihnya yang rendah, refrigeran ini awalnya dikembangkan untuk aplikasi suhu rendah seperti freezer domestik dan pertanian dan dalam aplikasi pendinginan industri. Bahkan saat ini R22 banyak digunakan dalam industri untuk pencairan gas seperti klorin, untuk memasok air dingin ke berbagai proses seperti pendingin sistem AC sentral dan lain-lain.

Baca Juga: Memahami Cara Kerja Kompresor pada AC (Air Conditioner)

Salah satu kegunaan paling umum dari R22 adalah di AC domestik seperti AC jendela, AC split, AC paket dan juga di sejumlah sistem AC sentral. R22 tidak beracun dan tidak mudah terbakar yang membuat refrigeran ini sangat aman untuk keperluan rumah tangga dan industri.

Temperatur pelepasan R22 cukup tinggi, oleh karena itu tingkat superheat dalam sistem yang menggunakan refrigeran ini harus minimum. Rasio kompresi untuk sistem yang menggunakan refrigeran ini juga harus rendah, dan jika tinggi, intercooling antara dua tahap kompresi harus dijaga.

Refrigeran R22 mudah bercampur dengan oli pada temperatur kondensor, tetapi pada temperatur evaporator cenderung terpisah dari oli. Namun jika evaporator dan pipa hisap dirancang dengan benar, masalah tersebut tidak akan terjadi. Dalam kasus evaporator yang tergenang minyak akan dipisahkan dari R22 sehingga harus ada ketentuan untuk memisahkan minyak. Jika sistem digunakan untuk mengembangkan suhu rendah, pemisah oli harus dipasang untuk menghilangkan oli dari evaporator. Saat ini telah dikembangkan beberapa pelumas sintetik yang baik yang dapat bercampur dengan R22. Sedangkan harga freon sendiri di pasaran, satu tabungnya berkisar antara Rp. 700.000 hingga Rp. 1.300.000. 

Baca Juga: Kenapa Perlu Ganti Oli Kompresor AC Rumah? Ini Penjelasan dan Caranya

Kelebihan Freon R22 Refrigerant

 1. Memiliki Efek yang Lebih Kecil pada Lapisan Ozon

Freon R22 Refrigerant
Sumber: Sains Kimia

Refrigeran R22 adalah hidroklorofluorohidrokarbon (HCFC). Ia memiliki satu atom hidrogen dalam senyawanya dan tidak semua atom hidrogen darinya digantikan oleh halokarbon seperti yang terjadi pada klorofluorohidrokarbon (CFC). Di sini hanya satu atom hidrogen dalam senyawanya yang digantikan oleh halokarbon dan itu membuatnya berbeda dari klorofluorohidrokarbon (CFC). Halokarbon memiliki efek merugikan yang tinggi terhadap lapisan ozon lingkungan. Karena R22 adalah HCFC, ia memiliki kemampuan penghancuran ozon yang lebih rendah. Potensi kerusakan ozon R22 hanya 5% dari refrigerant R11, yang memiliki potensi kerusakan ozon tertinggi.

2. Perpindahan Kompresor Rendah

Refrigerant R22
Sumber: ABC13

Untuk menghasilkan kompresi yang sama, perpindahan yang dibutuhkan oleh kompresor dengan zat pendingin R22 kecil dibandingkan dengan zat pendingin R12. Sebenarnya perpindahan yang diperlukan untuk R22 adalah 60% dari yang dibutuhkan untuk R12. Ini berarti bahwa untuk perpindahan kompresor yang diberikan sistem yang menggunakan refrigeran R22 menghasilkan kapasitas pendinginan 65% lebih banyak daripada sistem yang menggunakan refrigeran R12. Ini berarti efisiensi pendinginan yang lebih tinggi dan konsumsi daya yang lebih rendah, yang sangat penting dalam aplikasi industri besar ataupun untuk aplikasi domestik.

3. Kapasitas Menyerap Air Lebih Besar

Jual Freon
Sumber: Waypoint Property Inspection

Refrigeran R22 memiliki kapasitas menyerap air lebih besar dari R12. Ini sangat penting dalam aplikasi suhu rendah karena air dalam refrigeran R22 akan memiliki efek yang lebih sedikit mengganggu pada sistem pendingin. Meskipun jumlahnya sedikit, air dalam sistem pendingin tidak diinginkan.

Kekurangan Freon R22 Refrigerant

  1. Jarang digunakan pada jenis AC yang baru (modern)
  2. Menyebabkan penipisan lapisan ozon
  3. Akan lebih mahal karena penggunaannya akan dihapus secara bertahap

Rekomendasi Supplier Jual Freon R22 Refrigerant

Apabila Anda telah memahami kelebihan dan kekurangan refrigeran R22 dan sedang mencari supplier jual freon R22 refrigerant maka Anda dapat menghubungi PT. Nusasejahtera Logampratama yang didirikan pada tahun 1993 sebagai perusahaan pemasok peralatan las dan bahan habis pakai. Selain jual freon R22 refrigerant, supplier tersebut juga menyediakan spare part refrigeration dan AC dengan varian terlengkap dan berkualitas seperti:

Compressor/ Kompresor AC: Merk Dorin, Bitzer, Panasonic, Kulthorn, Emerson Spare Parts Compressor : Gasket, Piston, OMB

Freon : Refrigerant, Dupont, Chemours, Pure R32 : R22, R134a, R404a,R407c, R410a, R417a, R507c

Pressure controls : Saginomiya dual / single

Pressure transmitter : AKS series

Temperature control : EKC series

Evaporating pressure regulator : KVP series

Regulator

Valve : Safety Valve, Globe Valve, Ball Valve, Check Valve, dan Solenoid Valve (GBC Series)

Dimulai sebagai perusahaan kecil dengan tujuan ambisius untuk menjadi peralatan las satu atap yang kuat dan pemasok bahan habis pakai. Selama bertahun-tahun, perusahaan tersebut telah membangun reputasi dengan menyediakan produk luar biasa dengan layanan hebat bersama dengan dedikasi total terhadap semua klien. Pertumbuhan dan perkembangan selalu menjadi prinsip utama dan tujuan utama perusahaan tersebut. Saat ini, PT. Nusasejahtera Logampratama telah berkembang menjadi salah satu pesaing utama dalam industri pengelasan dengan catatan pencapaian kepuasan klien yang luar biasa.

Editor: Langgeng Irma Salugiasih

Author

Enable Notifications OK No thanks