Indonetwork, Elektronik – Saat ini AC (Air Conditioner) menjadi alat yang wajib ada pada ruangan khususnya di daerah perkotaan yang panas. AC  membuat udara pada ruangan menjadi lebih sejuk, nyaman dan sehat. Untuk dapat bekerja dengan baik, AC didukung dengan komponen-komponen penting. Salah satu komponen penting pada AC adalah kulthorn compressor.

Kompresor merupakan salah satu komponen pada AC yang berfungsi untuk memompa freon dan akan disalurkan ke seluruh sistem. Dengan kata lain, kompresor menjadi ‘jantung’ AC yang akan memompa freon ke seluruh sistem agar dapat menyerap panas dan membawanya keluar. Keberadaan kompresor dalam AC sangat penting, sehingga Anda perlu mengetahui cara kerja serta perawatan yang tepat.

Baca juga: KELEBIHAN DAN KEKURANGAN FREON R22 REFRIGERANT

Bagian pada Kompresor AC

Untuk dapat bekerja dengan baik, kulthorn compressor terdiri dari beberapa bagian yang masing-masing memiliki fungsi. Bagian tersebut membantu kompresor untuk mengubah tekanan udara yang tinggi menjadi lebih dengan dengan cara pemompaan. Secara mekanis, komponen ini bekerja untuk menghisap uap refrigeran yang berada di evaporator.  Berikut ini adalah bagian-bagian yang terdapat pada kompresor AC.

1. Bak Penampungan

Bagian pertama pada kompresor AC adalah bak penampung. Bagian ini berfungsi untuk menampung minyak yang ada pada kompresor. Minyak ini berfungsi sebagai pelumas yang membantu kompresor untuk dapat bekerja dengan baik. Pada kompresor berukuran besar, biasanya tidak menggunakan minyak, tetapi pelumas khusus.

2. Katup Penghisap

Pada kompresor terdapat beberapa katup, salah satunya adalah katup penghisap. Katup ini biasanya terbuat dari baja khusus dan memiliki fungsi yang sangat penting dalam sistem pendinginan. Dimana katup penghisap berfungsi sebagai jalan masuknya uap refrigeran menuju silinder. Sehingga katup akan mempengaruhi daya hisap kompresor terhadap udara. 

3. Katup Pembuangan

Selanjutnya adalah katup pembuangan yang memiliki peran penting juga pada kompresor. Kompresor AC tidak akan bekerja secara maksimal jika terjadi masalah pada katup ini. Katup yang terbuat dari baja khusus  ini berfungsi untuk membuang semua gas dari dalam ruang silinder.

4. Katup Service

Katup service merupakan katup yang berfungsi untuk menguji sebuah kompresor apakah masih dalam keadaan bagus atau tidak. Selain itu, katup ini juga berfungsi untuk memperbaiki sistem pendinginan jika terjadi masalah. 

Cara Kerja Kompresor AC

Seperti yang sudah diketahui bahwa kulthorn compressor berfungsi untuk memompa freon yang akan disalurkan ke seluruh sistem. Kompresor diibaratkan sebagai jantung yang menjadi power unit pada AC. Tanpa adanya kompresor, AC tidak akan bisa menghasilkan suhu yang dingin dan sejuk. Berikut ini adalah cara kerja kompresor untuk menghasilkan udara dingin pada AC.

  • Ketika AC diaktifkan, kompresor mulai bekerja untuk memompa refrigeran dari unit luar (kondensor) ke unit dalam (evaporator). Refrigeran ini berbentuk cairan yang dingin dan akan menyerap panas dari dalam ruangan.  
  • Ketika panas yang diserap semakin banyak, cairan dingin akan berubah menjadi uap. Uap panas ini akan dikumpulkan pada batas tertentu dan akan menuju ke kompresor.
  • Kemudian uap refrigeran kembali ke unit luar ruangan. Kompresor akan menghisap refrigeran untuk dipanaskan kembali menjadi uap super panas. 
  • Uap panas tersebut akan kehilangan panasnya setelah beberapa saat karena perpindahan ke udara luar yang lebih dingin.
  • Hilangnya uap panas tersebut menyebabkan refrigeran berubah menjadi cair.
  • Refrigeran akan kehilangan sebagian besar uap panasnya. Lalu kompresor akan mengirimkan kembali refrigeran ke dalam ruangan untuk menyerap panas. Proses tersebut akan dilakukan secara berulang sehingga ruangan menjadi dingin sesuai pada pengaturan.

Perawatan Kompresor AC

Kompresor merupakan komponen utama pada AC agar dapat bekerja dengan baik. Kompresor AC dalam keadaan baik akan menghasilkan udara yang dingin pada AC. Sehingga Anda perlu menjaga dan merawat  kompresor agar berfungsi dengan baik dalam waktu yang lama. Berikut ini adalah cara merawat kompresor AC.

1.  Bersihkan Bagian Input dan Output AC

Pada bagian input dan output Air Conditioner (AC) perlu dilakukan pembersihan secara rutin. AC yang bekerja setiap saat membutuhkan perawatan rutin agar dapat bekerja dengan baik dan tahan lama. Anda bisa melakukan pengecekan pada komponen lain di AC yang kemungkinan bisa mempengaruhi kinerja kompresor.

2.  Cek Kompresor Secara Berkala

Anda perlu mengecek keadaan kompresor minimal 2 hingga 3 kali dalam sebulan. Hal ini bertujuan untuk memeriksa tekanan udara pada kompresor. Jika tekanan udaranya kurang, maka terjadi masalah pada kompresor yang akan mempengaruhi udara dari AC.

3.  Periksa Pressure Gauge

Pemeriksaan pada pressure gauge bertujuan untuk mengetahui tekanan udara yang terkandung dalam tabung kompresor AC. 

4.  Cek Refrigeran dan Freon

Salah satu cara untuk merawat kompresor adalah dengan memeriksa refrigerant dan freon. Jika cairan refrigerant kurang, maka kompresor akan bekerja lebih keras dan mempercepat kerusakan.

Baca juga: BAHAYA TIDAK GANTI OLI KOMPRESOR AC MOBIL SECARA RUTIN

Supplier Kompresor Air Conditioner

Penggunaan AC yang semakin banyak mendorong produksi kompresor yang semakin meningkat. Kompresor  merupakan komponen penting agar AC dapat bekerja dengan baik. Sehingga Anda perlu memastikan kompresor AC dalam keadaan baik dan berkualitas. Namun, tidak dapat dihindarkan pula jika kompresor mengalami kerusakan akibat penggunaan dalam jangka panjang.

Anda perlu mengganti komponen tersebut agar AC berfungsi dengan baik kembali. Untuk Anda yang membutuhkan kompresor Air conditioner berkualitas, PT. Nusa Sejahtera Logam Pratama adalah solusinya. Disini Anda bisa menemukan kebutuhan spare part refrigerator dan AC terlengkap serta berkualitas. Salah satunya adalah produk kulthorn compressor serta berbagai merk kompresor sesuai kebutuhan.


Author

%d bloggers like this: