Indonetwork, Peralatan IndustriMeskipun ramah lingkungan, septic tank biotech ini juga memiliki beberapa kekurangan. Akan tetapi, kekurangan ini tidak memberikan kerugian kepada Anda apabila menggunakan peralatan ini di rumah.

Septic tank biotech ini dapat digunakan dimana saja, mulai dari penggunaan pribadi di rumah, hingga fasilitas umum seperti di hotel dan apartemen.

Tertarik untuk menggunakan peralatan ini di rumah? Berikut beberapa informasi mengenai kelebihan dan kekurangan septic tank biotech untuk Anda!

Kelebihan dan Kekurangan Septic Tank Biotech

Berikut sejumlah kelebihan dan kekurangan dari septic tank biotech yang ramah lingkungan.

Kelebihan Septic Tank Biotech

Kelebihan dan Kekurangan Septic Tank Biotech
Sumber: Pinterest

Kelebihan utama dari septic tank biotech adalah prosesnya yang ramah terhadap lingkungan. Disamping itu, terdapat sejumlah kelebihan lain yang dimiliki oleh peralatan ini. Kelebihan tersebut diantaranya yaitu cairan yang keluar dari septic tank biotech tidak memiliki bau serta warna, proses pemasangan yang tidak rumit, bahan yang kuat dan awet, perawatan yang mudah dan murah, dilengkapi dengan media filter, dan juga bergaransi.

Secara lebih lanjut, berikut penjelasan mengenai kelebihan yang dimiliki oleh septic tank biotech.

1. Ramah Lingkungan

Ramah lingkungan merupakan keunggulan utama yang dimiliki peralatan ini. Dikatakan sebagai alat yang ramah lingkungan, karena di dalam septic tank ini, kotoran dan limbah akan masuk dalam beberapa proses pengolahan.

Proses pengolahan tersebut diantaranya adalah filterisasi, penguraian, dan penyaringan. Pada akhirnya hasil yang dikeluarkan aman jika dibuang ke saluran air umum dan tidak memberikan dampak negatif bagi lingkungan.

BACA JUGA: Cara Kerja Septic Tank Biotech

2. Tidak Berbau dan Berwarna

Adanya proses pengolahan beberapa kali dan pemberian desinfektan pada akhir pengolahan, membuat hasil kotoran yang dikeluarkan oleh septic tank biotech tidak berbau dan berwarna. Hal ini pun tentunya tidak mencemari saluran pembuangan, lingkungan, bahkan udara.

3. Kuat dan Awet

Tangki septic tank memiliki berbagai varian bahan. Salah satunya yakni terbuat dari bahan fiberglass yang kuat dan tahan terhadap kebocoran. Selain kuat dan awet, septic tank biotech juga tidak mudah mampat dan memiliki kapasitas yang besar.

4. Perawatan Murah dan Mudah

Setiap tangki septic tank harus dirawat dalam jangka waktu beberapa bulan atau tahun sekali. Begitu juga dengan septic tank biotech. Tangki septic tank ini memerlukan perawatan satu tahun sekali dan memerlukan biaya tambahan untuk obat serta desinfektan.

Perawatan ini pun terbilang cukup mudah, karena Anda hanya perlu menyiramkan obat septic tank melalui kloset atau WC. Setelah itu, obat tersebut akan masuk dalam septic tank dengan sendirinya.

5. Dilengkapi dengan Media Filter

Septic tank biotech dilengkapi dengan media filter sebagai tempat berkembangnya bakteri pengurai. Pada bagian ini, kotoran dan limbah akan dihancurkan menjadi serpihan-serpihan kecil untuk mempermudah pengolahan pada tahap penguraian.

Setelah itu, pada tahap penguraian, bakteri akan memakan kotoran atau limbah yang telah dihancurkan kemudian berubah menjadi cairan dan dialirkan pada bagian selanjutnya untuk diproses.

6. Bergaransi

Garansi yang diberikan pada produk septic tank biotech berbeda-beda, tergantung di mana Anda membeli peralatan ini. Ada yang bergaransi hingga 10 tahun atau bahan kurang atau lebih dari itu.

Jika Anda berkunjung pada toko yang menjual tangki septic tank, Anda bisa melihat spesifikasi yang diinformasikan pada sebuah papan disekitar produk. Jika tidak tertulis garansi waktu, Anda bisa menanyakan langsung kepada staf terkait garansi produk tersebut.

7. Proses Pemasangan Mudah

Tidak berbeda dengan pemasangan septic tank konvensional, pemasangan septic tank biotech juga tergolong mudah dan tidak rumit. Instalasi cara pasang septic tank ini pun tidak memerlukan teknisi khusus.

Pemasangan septic tank biotech, dimulai dengan pemilihan lokasi, penggalian lubang, pelapisan dinding lubang, memasukkan septic tank ke dalam lubang galian, mengisi ruang kosong di sekitar tangki, dan menimbun bagian permukaan.

BACA JUGA: 6 Cara Pemasangan Septic Tank Biotech yang Benar

Kekurangan Septic Tank Biotech

Kelebihan dan Kekurangan Septic Tank Biotech
Sumber: Pinterest

Kekurangan dari septic tank biotech adalah harganya yang relatif mahal dan memerlukan perawatan dalam jangka waktu tertentu. Berikut penjelasan mengenai kekurangan yang dimiliki oleh septic tank biotech.

1. Harganya Cukup Mahal

Septic tank biotech memang lebih mahal jika dibandingkan dengan septic tank konvensional. Akan tetapi, septic tank biotech ini memiliki sejumlah kelebihan yang tidak bisa didapatkan pada septic tank konvensional.

2. Perlu Perawatan

Setiap tangki septic tank pun memerlukan perawatan, begitu juga dengan septic tank biotech yang memerlukan perawatan sekitar 1 tahun sekali dan memerlukan penambahan desinfektan dalam jangka waktu tertentu.

Rekomendasi Toko Septic Tank Biotech Terbaik

Terdapat beberapa toko yang menjual septic tank biotech, salah satunya yaitu PT. Global Inti Fibertech. PT. Global Inti Fibertech adalah produsen barang-barang dengan bahan baku dasar fiberglass.

Produk-produk yang mereka tawarkan seperti septic tank biotech, toilet portable, atap transparan untuk pabrik, tangki air fiberglass, tangki kimia fiberglass, tangki solar fiberglass, talang air fiberglass, dan masih banyak lagi.
Septic tank biotech yang dijual oleh PT. Global Inti Fibertech memiliki beberapa varian seperti septic tank biotech 1000 liter, dan lain sebagainya. Semua produk-produk yang mereka jual memiliki garansi dan terjamin mutunya, karena dibuat dengan bahan baku yang berkualitas dan tidak memakai bahan recycle.


Selain itu, Anda juga dapat berbelanja peralatan lainnya seperti konstruksi, rumah tangga, hingga perkantoran melalui e-commerce Indonetwork. Salah satu Pioneer B2B marketplace dan direktori bisnis online di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan periklanan seperti pembuatan website, pembuatan company profile, dan berbagai media promosi lainnya. Jadi, tunggu apalagi? Mulai berbelanja sekarang, di Indonetwork.

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks