Indonetwork, Peralatan Industri – Tersedianya pasokan air yang memadai adalah poin penting bagi setiap orang. Tidak hanya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, air juga digunakan untuk berbagai kegiatan industri. Namun, ketersediaan air yang dibutuhkan kadang kurang mencukupi. Salah satu faktornya adalah letak geografis. Misalnya, untuk mendapatkan sumber air di perkotaan tidak semudah di pegunungan. Masyarakat kota harus membuat sumur sebagai sumber air utama, baik sumur dangkal maupun dalam. Untuk menyuplai kebutuhan air, ada banyak jenis pompa yang digunakan. Salah satunya adalah pompa air celup. Sebelum mengetahui apa saja kelebihan penggunaan mesin pompa air celup, mari simak ulasan berikut.

APA ITU POMPA AIR CELUP?

Pompa celup atau yang sering dikenal dengan pompa submersible adalah jenis pompa yang penggunaannya dibenamkan di dalam air. Cara kerja pompa ini adalah mendorong air ke permukaan dengan perangkat impeller yang berputar. Putaran tersebut dihasilkan dari motor listrik yang berada di dalam bodi pompa. Pada dasarnya, pompa ini memiliki fungsi yang sama dengan jenis pompa lainnya.

Pompa celup juga memiliki jenis yang beragam sesuai kegunaan, kapasitas, dan cakupan kedalaman yang berbeda-beda. Kedalaman yang dapat dijangkau pompa ini bisa ratusan meter dengan pilihan debit air sesuai spesifikasi masing-masing jenis pompa.

Jual Pompa Celup
Sumber: Walmart

KOMPONEN UTAMA POMPA AIR CELUP

Pompa celup memiliki banyak bagian dengan fungsi yang berbeda-beda. Walaupun begitu, setiap komponen saling berkaitan saat dioperasikan. Berikut ada tiga komponen utama yang sangat penting untuk diketahui:

1. MOTOR

Dalam perangkat pompa, motor penggerak bertugas megubah energi listrik menjadi energi mekanik untuk memutar impeller. Kabel listrik yang terhubung dengan motor juga dipasang dengan koneksi khusus. Hal ini memastikan supaya air tidak masuk ke dalam motor walaupun dalam kondisi terendam.

3. IMPELLER

Bentuk impeller menyerupai baling-baling yang berfungsi untuk menciptakan energi kinetik pada air melalui putaran yang disalurkan dari motor. Setelah impeller bergerak, secara otomatis air akan tersalur melalui bagian sisi hisap yang kemudian disalurkan ke bagian pembuang yang membawa ke permukaan.

3. VOLUTE

Volute memiliki fungsi sebagai tempat berputarnya impeller, sekaligus mengarahkan air mengalir ke bagian sisi pembuang. Tekanan air yang tinggi dalam volute yang dihasilkan dari putaran impeller, akan mendorong air ke luar dengan semburan kencang.

Baca Juga: CARA MENINGKATKAN DAYA HISAP MESIN POMPA

JENIS POMPA CELUP BERDASARKAN MEDIA PENGGUNAANNYA

Berdasarkan media penggunaannya, pompa air celup diklasifikasikan menjadi empat, sebagai berikut:

  1. Submersible Clean Water Pump, digunakan untuk menyuplai air bersih untuk minum, irigasi, kebutuhan ruma tangga, dan industri.
  2. Submersible Sewage Pump, jenis pompa ini memiliki kegunaan untk mengelola cairan limbah atau air kotor.
  3. Submersible Corrosive Water Pump, terbuat dari material berbahan stainless steel dan titanium. Dari bahan yang digunakan, pompa ini mampu menangani cairan yang menyebabkan korosi atau karat, seperti air laut.
  4. Submersible Sand Slurry Pump, dirancang untuk memompa air yang mengandung pasir dan lumpur. Biasanya digunakan pada industri pertambangan, konstruksi, dan perkotaan.

    Mesin Pompa Air Celup
    Sumber: Construction Review

Kelebihan Penggunaan mesin Pompa Air Celup

Sebelum menggunakan pompa ini, penting sekali untuk mengetahui kelebihan apa saja yang bisa menjadi pertimbangan Anda.

1. HEMAT LISTRIK

Pompa ini menyerap daya yang cukup rendah. Apalagi jika sudah dilengkap dengan tegangan listrik DC (Direct Current), kemungkinan besar pompa ini bisa dikombinasikan dengan energi sel surya atau tenaga matahari.

Baca Juga: 6 KOMPONEN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA

2. TIDAK BERISIK

Suara bising yang dihasilkan pompa berasal dari mesin motor yang bergerak. Namun, karena sistem penempatannya yang berada di dalam air, pompa ini tidak menimbulkan suara berisik yang mengganggu telinga Anda.

3. EFEKTIF DAN EFISIEN

Pompa ini bisa menghasilkan debit air yang cukup besar dalam waktu yang singkat. Jadi, Anda tidak perlu menunggu lama untuk memenuhi kebutuhan air yang banyak.

4. TEKHNOLOGI MUTAKHIR

Disebutkan di berbagai sumber, pompa ini dilengkapi dengan tekhnologi yang cukup muthakir. Hal itu bisa dilihat dari cara kerjanya yang maksimal. Semua perangkat  dirancang dengan sedemikian rupa untuk meminimalisir risiko terjadinya kerusakan di dalam air.

5. PERFORMA YANG PRIMA

Meski digunakan 24 jam penuh, suhu pompa akan tetap stabil karena secara tidak langsung air rendaman akan mendinginkan mesin. Itu faktor utama kenapa pompa ini mampu bekerja dengan prima.

6. IRIT TEMPAT

Pemasangan pompa ini tidak membutuhkkan banyak tempat. Anda hanya perlu merendamnya di kedalaman sesuai standar jenis pompa yang digunakan.

7. BISA DIGUNAKAN DI BERBAGAI KEBUTUHAN

Dengan berbagai jenis yang ada, pompa ini mampu melengkapi kebutuhan Anda baik dalam kegiatan industri maupun rumah tangga.

TIPS MEMILIH POMPA AIR CELUP

Sebelum memilih pompa celup untuk digunakan, ada beberapa hal yang perlu Anda cermati. Hal ini supaya mempermudah perncarian pompa yang terpat sesuai kebutuhan dan kegunaan.

  1. Pastikan Anda sudah mengetahui berapa kedalaman sumur, permukaan air, dan jarak pendistribusian air ke tempat penampungan. Ini akan menentukan letak pemasangan pompa dan spesifikasi pompa yang Anda butuhkan.
  2. Sesuaikan jenis pompa yang tepat untuk kebutuhan Anda. Tentu saja, Anda tidak akan menggunakan pompa dengan ukuran inch yang besar di sumur yang dangkal. Atau juga, Anda tidak mungkin memakai Submersible Clean Water Pump untuk tambak ikan air laut.
  3. Memastikan kapasitas debit air yang dibutuhkan. Hal ini berkaitan dengan daya dorong pompa dan ketersediaan sumber air. Daya dorong pompa yang besar akan mempengaruhi besarnya kapasitas yang dihasilkan. Bisa dilihat bahwa kebutuhan air rumah tangga dan industri tidak sama. Jadi, pilihkan pompa dengan tipe yang berbeda.
  4. Memilih daya listrik mesin pompa. Semakin besar daya dorong pompa dan kapasitas yang dihasilkan, maka semakin besar juga daya listrik yang dibutuhkan. Jadi, pastikan pompa yang Anda beli sudah disesuaikan dengan daya listik yang mampu menampung beban listrik pompa.

PENYEDIA POMPA CELUP TERLENGKAP DAN MURAH

Setelah membaca penjelasan di atas, Anda menjadi lebih tahu mengenai perihal pompa air celup. Melihat kelebihan dan kekurangannya, ini bisa dijadikan pertimbangan Anda untuk memilih pompa air sesuai kebutuhan. Jika Anda mengkhawatirkan harga pompa yang terbilang mahal, sekarang pompa air celup berkualitas tinggi bisa didapat dengan mudah, juga dengan harga yang ramah di Indonetwork.

Editor: Langgeng Irma Salugiasih

Author

Enable Notifications OK No thanks