Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Terkadang mesin pompa air yang kita miliki hanya bisa mengeluarkan air yang sangat kecil. Salah satu penyebabnya adalah daya hisap mesin pompa air tersebut kecil. Lalu bagaimana cara meningkatkan daya hisap mesin pompa air?

Daya hisap setiap mesin pompa air itu berbeda-beda tergantung spesifikasi mesin yang Anda beli. Namun pastikan mesin yang Anda beli punya kualitas yang bagus. Apalagi sekarang telah banyak perusahaan atau toko yang jual pompa air berkualitas, jadi Anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkannya.

Mesin pompa air yang berkualitas pastinya punya daya hisap yang optimal. Jika dirasa masih kurang optimal, Anda bisa meningkatnya. Namun untuk meningkatkan daya hisap pompa air itu bukanlah perkara yang mudah.

Kenapa Daya Hisap Pompa Air Itu Kecil?

Tentu ada beberapa penyebab kenapa daya hisap yang dimiliki oleh mesin pompa air Anda tidak besar. Namun masalah ini dalam kondisi motor atau dinamo yang prima dan berjalan dengan baik. Jika dinamonya bermasalah, tentu daya hisapnya juga tidak akan maksimal.

Berikut ini adalah beberapa penyebab mesin pompa air itu daya hisapnya sangat kecil.

1. Proses Instalasi Pipa Tidak Benar

Dalam proses instalasi pipa seharusnya harus dilakukan dengan benar dan jangan terlalu rumit. Nyatanya masih ada segelintir orang yang melakukan kesalahan pada pemasangan pipa. Akibatnya, daya hisap yang dimiliki oleh mesin pompa air tidak maksimal.

Pemasangan Pipa Air Bersih dan Langkah-Langkahnya!
Sumber: artikel.rumah123.com

Pastikan melakukan instalasi pipa ini dilakukan oleh orang yang berpengalaman. Anda bisa menggunakan jasa instalasi atau teknisi yang memang sudah mahir dan profesional.

Pipa yang pemasangannya rumit akan menghambat air naik ke pompa. Dengan begitu daya hisap pada pompa juga akan berkurang.

Harga Pompa Air Shimizu 2023 & Spesifikasi

Baca juga: CARA MENINGKATKAN DAYA DORONG POMPA AIR SHIMIZU DAN MERK LAIN

2. Pipa Mengalami Kebocoran

Ketika pipa hisap yang berada di atas permukaan air mengalami kebocoran, maka mesin pompa air akan kehilangan kevakumannya. Akibatnya daya hisap mesin akan melemah dan bahkan tidak akan ada sama sekali.

PDAM Berupaya Perbaiki Pipa Bocor di Jembatan Tello - FAJAR
Sumber: fajar.co.id

Dengan begitu pipa yang mengalami kebocoran akan menghambat jalannya air menuju pompa. Jika pipa mengalami kebocoran, pastikan untuk menambal atau menggantinya.

3. Ukuran Pipa yang Besar

Ukuran pipa juga akan mempengaruhi debit air yang keluar. Pipa hisap yang berukuran kecil akan membuat daya hisapnya semakin besar. Sebaliknya, jika pipa hisap ukurannya besar maka daya hisap mesin jadi lebih kecil.

Pipa Besi dan Jenis-jenisnya yang Ada di Pasaran - Isi Bangunan
Sumber: isibangunan.com

Namun permasalahannya, memakai pipa yang kecil akan membuat debit air yang keluarnya juga kecil. Jadi jika Anda menginginkan debit air yang besar, sebaiknya pakai saja pipa hisap yang ukurannya besar.

Memilih Pompa Air yang Tepat untuk Tandon Air

Baca juga: CARA MEMASANG OTOMATIS POMPA AIR PADA TANDON

Cara Meningkatkan Daya Hisap Mesin Pompa Air

Lalu bagaimana cara meningkatkan daya hisap mesin pompa air? Berikut ini kami berikan tipsnya.

1. Mengubah Putaran Kecepatan Pompa

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan yaitu dengan mengubah putaran per menit yang ada pada mesin pompa. Untuk mengubahnya, Anda memerlukan alat yang disebut inverter.

Alat ini berfungsi untuk meningkatkan tegangan dalam batas yang aman. Dengan begitu putaran mesin pompa air akan lebih cepat dari setelah pabriknya. Jika tidak bisa dilakukan seorang diri, Anda bisa menyuruh orang yang mengerti teknik elektronika.

2. Mengubah Volume Pipa Hisap

Cara selanjutnya yang dapat Anda coba yaitu dengan mengubah volume pipa hisapnya. Seperti sudah kami singgung sebelumnya bahwa ukuran pipa hisap akan mempengaruhi daya hisap air.

Jika ingin daya hisapnya semakin besar, maka Anda harus mengganti ukuran pipa hisap menjadi lebih kecil. Tapi resikonya, debit air yang keluar akan lebih kecil.

Kelebihan & Kekurangan Shimizu JET-108 BIT Pompa Air Semi Jet Pump

Baca juga: CARA MEMPERBAIKI POMPA AIR SHIMIZU YANG TIDAK KELUAR AIR

Demikianlah  cara meningkatkan daya hisap mesin pompa air yang dapat Anda lakukan. Solusi yang paling tepat yaitu dengan mengubah ukuran pipa hisap supaya ukurannya lebih kecil.

Editor: Deky Ahmad Syah

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks