Indonetwork, MakananKacang hijau merupakan jenis kacang-kacangan yang memiliki banyak khasiat. Kacang hijau juga dapat diolah menjadi makanan atau minuman karena memiliki rasa yang unik dan cocok di lidah orang Indonesia.

Kacang hijau biasanya dikenal dengan sebutan green gram, mung bean, atau golden gram dengan nama ilmiah Vigna radiata L. Sama seperti jenis kacang-kacangan lainnya, kacang hijau memiliki nutrisi yang seimbang dan mengandung vitamin, mineral, dan enzim.

Di samping itu, ternyata kacang hijau memiliki banyak khasiat untuk wanita. Berikut beberapa khasiat kacang hijau untuk kulit wanita.

Manfaat Kacang Hijau Untuk Wanita

khasiat kacang hijau
Sumber: Pexels

1. Mencegah Penuaan 

Kacang hijau mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Vitamin A juga memiliki khasiat untuk mencegah penuaan dini. Selain itu, kacang hijau mengandung enzim yang disebut fitoestrogen yang dapat membantu proses sekresi sehingga kulit menjadi tetap sehat.

2. Mencegah Tumbuh Jerawat

Selain mengandung vitamin A, kacang hijau juga kaya akan antioksidan dan memiliki sifat anti inflamasi. Kandungan ini dapat membantu sel-sel kulit melawan radikal bebas yang bisa memicu berbagai masalah pada kulit wajah, seperti komedo dan jerawat. 

3. Melembabkan Kulit

Selain mencegah penuaan dini, kandungan vitamin A pada kacang hijau juga dapat melembabkan kulit dan mampu membuat wajah lebih bersih dan terasa lembab. 

4. Mencerahkan Kulit 

Kacang hijau juga mengandung vitamin E yang dapat mencerahkan kulit. Vitamin E dapat menghilangkan sel sel kulit mati, sehingga kulit menjadi lebih cerah dan sehat. 

5. Membersihkan Pori-Pori

Kacang hijau juga dapat membersihkan kotoran pada wajah hingga ke dalam pori-pori secara menyeluruh. Anda dapat menggunakan kacang hijau sebagai masker pada wajah selama seminggu sekali. Pori-pori yang tidak tersumbat dapat mencegah timbulnya jerawat dan masalah kulit wajah lainnya.

Khasiat Kacang Hijau Untuk Kesehatan 

khasiat kacang hijau
Sumber: Pixabay

Selain memiliki manfaat untuk kecantikan, kacang hijau juga memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh. Berikut khasiat kacang hijau bagi kesehatan tubuh.

1. Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Kacang hijau memiliki vitamin, mineral dan protein, yang dapat membantu mencegah kerapuhan rambut. Kandungan tembaga yang ada pada kacang hijau juga mampu berperan dalam menyehatkan kulit kepala serta menumbuhkan rambut agar berkilau. 

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan lemak dan kolesterol jahat pada kacang jauh lebih rendah ketimbang daging, sehingga aman untuk dikonsumsi. Seperti yang Anda ketahui, manfaat protein sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menunjang keberadaan setiap sel tubuh. 

3. Mencegah Kanker 

Selain dapat meningkatkan kekebalan tubuh, kacang hijau juga dapat mencegah terjadinya resiko kanker. Hal ini karena kacang hijau memiliki senyawa yang diyakini mampu memerangi infeksi virus kanker.

4. Baik Untuk Jantung

Mengkonsumsi bubur kacang hijau dapat mencegah penyakit jantung. Hal ini karena kandungan yang ada pada bubur kacang hijau bisa menjaga kesehatan jantung. 

Selain itu, kacang hijau memiliki kandungan serat yang dapat menyerap lemak sehingga lemak tersebut tidak akan menjadi plak dalam pembuluh darah, yang menjadi penyebab penyakit jantung 

5. Menurunkan Kolesterol

Seperti yang sudah Anda ketahui, zat antioksidan yang terdapat pada kacang hijau mampu membantu menurunkan kolesterol total serta low-density lipoprotein (LDL) dan trigliserida yang merupakan kolesterol jahat.

6. Membersihkan Tubuh Dari Racun

Kacang hijau merupakan bahan alami yang ampuh untuk proses detoksifikasi. Kacang hijau bisa membersihkan racun dari dalam darah dan saluran pencernaan. Kandungan protein, tanin, dan flavonoid dalam kacang hijau juga mampu untuk membersihkan racun-racun di dalam tubuh.

Supplier Kacang Hijau Berkualitas

khasiat Kacang hijau
Sumber: Pixabay

Itulah informasi seputar manfaat kacang hijau bagi kesehatan kulit dan kesehatan. semoga dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan kulit dan tubuh Anda.

Jika Anda sedang mencari biji-bijian dari bahan makanan pertanian di Indonesia, Anda dapat menemukannya di PT. Sumber Roso Agromakmur. Selain kacang hijau, Anda juga bisa menemukan berbagai jenis biji-bijian pangan seperti kacang tanah, biji ketumbar, hingga rempah-rempah lainnya yang berkualitas. 

Selain menjual biji bijian, PT. Sumber Roso Agromakmur merupakan distributor rempah rempah, importir dan cabe kering. Sudah berpengalaman lebih dari 40 tahun di perdagangan hasil bumi seperti palawija, bawang, rempah-rempah dan hasil pertanian lainnya.

Anda bisa melakukan pemesanan secara grosir maupun eceran. Selain itu, Sumber Roso Agromakmur juga melayani pembelian dan pengantaran dalam dan antar provinsi.

Penulis: Adelia

Editor: Nafila Chaerunnisa

Enable Notifications OK No thanks