Indonetwork, Peralatan Industri – Sprinkler air merupakan satu alat penting yang banyak digunakan oleh petani yang memiliki lahan kebun luas. Sprinkler air pertanian berfungsi sebagai alat penyiraman tanaman yang menggunakan sistem overhead irrigation. 

Alat ini biasanya dipasang di tengah atau tepian kebun. Saat dinyalakan, sprinkler air akan menyemburkan air dari bawah ke atas hingga jarak jauh dalam waktu singkat. Semua bagian tanaman pun bisa memperoleh nutrisi dari air secara merata tanpa ada yang terlewat. Dengan begitu, tidak ada tanaman yang kekurangan atau kelebihan air yang bisa berujung tanaman layu dan mati.

Meski kecil, namun keberadaan sprinkler air pertanian sangat membantu pekerjaan para petani. Mereka jadi bisa menghemat energi dan waktu saat menyiram tanaman di kebun luas. Pekerjaan merawat lahan pun bisa lebih efisien, terutama jika tekstur media tanahnya kasar, pemakaian airnya bisa dua kali lebih hemat.

Selain dimanfaatkan untuk pertanian dan perkebunan, sprinkler air juga diaplikasikan di taman untuk menjaga rumput dan tanaman hias sekitar agar tetap tumbuh subur. Di pasaran, ada berbagai jenis sprinkler air yang memiliki fitur, hasil semburan air, hingga jarak sembur yang berbeda-beda.

Baca Juga: Fungsi dan Kelebihan Sand Filter dalam Pengolahan Air

Rotary Sprinkler

rotary sprinkler pertanian
Sumber: Summit Irrigation Services

Bentuk rotary sprinkler mirip seperti pipa tiga cabang, di mana terdapat 3 lubang pemancar di tiap ujung cabangnya. Seperti namanya, sprinkler ini memiliki bentuk memutar, sudut pancaran airnya pun 360 derajat, sehingga mampu menyebarkan dengan teratur searah jarum jam. Selain kelebihan tersebut, rotary sprinkler bisa disambungkan ke sprinkler lainnya, sehingga bagus direkomendasikan untuk dipasang di taman rumput luas. 

Big Gun Sprinkler

Big gun sprinkler mampu memancarkan air dengan radius 100 meter atau diameter 200 meter. Terdapat komponen big gun sprinkler yang bertugas mengatur air supaya jatuh di tanah dalam areal radius pancarannya. Saat dioperasikan, posisi big gun sprinkler ini bisa dipindahkan dengan mudah ke sudut-sudut lahan, sehingga tidak ada areal yang terlewatkan.

Big gun sprinkler dapat digunakan di lahan yang memiliki kondisi topografi tidak teratur, bergelombang, dan berbukit-bukit. Selain itu, alat penyiram ini juga bisa diaplikasikan untuk tanah berpasir yang bersifat porous.

Baca Juga: Cara Memilih Merek Plastik Mulsa yang Bagus

Sprinkler Impulse atau impact sprinkler

impulse sprinkler pertanian
Sumber: Wikipedia

Selanjutnya ada sprinkler impulse yang berbeda dengan sprinkler taman lainnya karena performa kerjanya menakjubkan. Misalnya, tipe sellery sprinkler taman 60-505 yang dilengkapi juga dengan berbagai fitur pengaturan. Salah satu fitur pengaturannya yakni pengaturan sudut putarnya yang bisa disetel ulang sesuai kebutuhan penyiraman. Lalu, terdapat pula fitur untuk mengatur seberapa kencang atau banyak air yang harus dikeluarkan.

Sprinkler air perkebunan Rotor Flow

Sprinkler rotor flow juga termasuk sprinkler yang disukai, karena bentuknya yang pendek menyerupai tongkat lurus dan mudah dipasang di bagian lahan mana pun. Baik di tengah, sudut, atau tepian lahan.

Meski terbuat dari plastik, namun sprinkler rotor flow sangat kuat dan tahan terhadap tekanan atau getaran. Sehingga putaran airnya sempurna, menyebar ke seluruh lahan. Anda juga bisa mengatur sudut putaran pada sprinkler rotor flow sesuai luas lahan dan banyaknya tanaman. Pengaturan sudut putaran biasanya mulai dari 40, 90, 180, dan 390 derajat.

Sprinkler Air perkebunan Rotary Ace

Dari bentuknya, sprinkler rotary ace mirip seperti rotary sprinkler. Bedanya, sprinkler rotary ace memiliki tiga lubang pemancar air pada badan bagian atas. Untuk sudut putaran pacarannya sendiri mencapai 360 derajat searah jarum jam.

Baca Juga: Fungsi, Komponen, dan Cara Merawat Bearing Mesin

Setelah mempertimbangkan pilihan sprinkler air pertanian, Anda bisa menghubungi CV. Agritec untuk mendapatkan sprinkler yang Anda butuhkan. CV Agritec adalah distributor, supplier dan kontraktor yang bergerak di bidang peralatan irigasi dan alat tetes yang jual sprinkler kebun dengan berbagai variasi. Mereka sudah berpengalaman lebih dari 18 tahun menangani pekerjaan irigasi. Tak sebatas pada pertanian dan perkebunan, melainkan juga tempat rekreasi, vertikal garden dan pertambangan.

Selain gun sprinkler nodolini, beberapa produk yang CV. Agritec sediakan yaitu microjet spary, shurb adaptor, quick coupling valve and key, selang irigasi, solenoid valve, dripper untuk vertical garden, dan sebagainya.

Enable Notifications OK No thanks