Indonetwork, Peralatan IndustriPemilihan merek plastik mulsa yang bagus bisa didasarkan pada tanaman apa yang akan ditanam, sehingga Anda bisa menentukan ukurannya mulai dari lebar, panjang, hingga ketebalan.

Setiap toko pertanian yang menjual plastik mulsa menyediakan berbagai varian mulsa. Mulai dari warna, ketebalan, panjang, hingga lebarnya. Hal-hal tersebut yang menentukan harga dari plastik mulsa.

Berikut beberapa cara memilih plastik mulsa yang bagus yang bisa Anda terapkan!

Cara Memilih merek Plastik Mulsa yang Bagus

Merek Plastik Mulsa yang Bagus
Sumber: Pinterest

Tidak hanya sekedar bagus, namun Anda juga perlu memilih plastik mulsa yang kualitasnya sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Berikut beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih plastik mulsa.

1. Tanaman

Setiap tanaman memiliki kondisi tumbuh yang berbeda-beda, ada tanaman yang tahan terhadap suhu panas, ada tanaman yang tidak tahan terhadap suhu yang lembab, dan lain sebagainya.

Selain itu, setiap tanaman juga akan tumbuh dengan ukuran yang berbeda-beda pula. Oleh karena itu, penanganan antara satu tanaman dengan tanaman yang lainnya juga berbeda-beda, sehingga penting untuk menyesuaikan plastik mulsa dengan tanaman yang akan ditanam.

Penyesuaian plastik mulsa dengan tanaman juga bisa memberikan Anda pilihan yang tepat dalam memilih warna mulsa. Seperti jika Anda akan menanam tanaman yang tidak tahan dengan suhu panas, maka Anda bisa menghindari menggunakan mulsa plastik hitam. Dikarenakan warna hitam pada mulsa plastik bisa menyerap panas secara berlebih dan membuat tanaman akan semakin kering.

Baca juga: Apa itu Mulsa Plastik? Simak Pengertian Mulsa Plastik di Sini

2. Cuaca

Pemilihan mulsa plastik juga hendaknya disesuaikan dengan cuaca yang sedang berlangsung di daerah Anda.

Jika Anda tinggal di iklim yang panas, hindari menggunakan plastik mulsa yang dapat menyerap banyak sinar matahari. Hal ini membuat tanaman semakin kering dan membakar bahan organik.

Untuk menyiasati hal ini, Anda bisa menggunakan bahan mulsa organik yang bisa mendinginkan tanah seperti daun atau jerami.

Akan tetapi, jika Anda tinggal di iklim yang lembab cenderung dingin, Anda bisa menggunakan plastik mulsa yang cepat menyerap sinar matahari. Hal ini bertujuan agar tanaman bisa mendapat aliran sinar matahari secara cukup.

3. Jenis Tanah

Hal lain yang harus dipertimbangkan saat membeli plastik mulsa adalah jenis tanah pada daerah Anda, sehingga Anda harus menyesuaikan dengan tanaman yang akan Anda tanam.

Jika tanah kebun Anda berkarakteristik basah dan lembab, maka penggunaan plastik mulsa bukanlah ide yang bagus. Terlebih jika tanaman yang akan Anda kembangbiakkan tidak dapat hidup pada tanah yang becek atau dalam kadar air tinggi.

Baca juga: Cara Menyambung Plastik Mulsa

Tips Menggunakan Plastik Mulsa

plastik mulsa
Sumber: morningchores.com

Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat menggunakan plastik mulsa. Hal ini dilakukan agar pemasangan plastik mulsa Anda bisa mendapatkan hasil panen yang berkualitas. Berikut beberapa tips menggunakan plastik mulsa.

1. Gunakan Earth Staples

Selain menggunakan pasak bambu untuk menghindari plastik mulsa terlepas dari bedengan, Anda juga bisa menggunakan earth staples untuk mengamankan mulsa.

Hal ini dapat dilakukan sebelum memotong plastik mulsa sesuai dengan kebutuhan tanam, sehingga pemotongan lubang untuk tanaman bisa menghasilkan ukuran yang sama dan pas.

2. Taburkan Pupuk yang Kaya Akan Nitrogen

Sebelum menutup area tanam dengan plastik mulsa, pastikan bahwa Anda telah menaburkan pupuk secara merata ke tanah.

Selain perlu disesuaikan dengan tanaman yang akan dikembangbiakkan, Anda juga bisa memilih pupuk yang kaya akan nitrogen untuk membantu tumbuh kembang tanaman.

Hal ini sangat perlu untuk dilakukan, terutama jika Anda menggunakan mulsa organik seperti daun atau jerami gandum yang dapat mengambil nitrogen dari tanah saat membusuk.

3. Buatlah Lubang Tanam dengan Tepat

Untuk membuat lubang pada plastik mulsa yang sesuai dengan besar ataupun tinggi tanaman, Anda bisa memperkirakan dengan menggunakan ukuran maksimal tanaman dapat berkembang.

Setelah Anda mendapatkan ukurannya, tambah satu inci untuk menghindarkan plastik mulsa dari batang tanaman. Hal ini akan membantu menghindarkan tanaman dari kekeringan atau kelebihan mineral yang diakibatkan oleh interaksi plastik mulsa dengan lingkungan sekitar.

4. Tinggalkan Sedikit Potongan Rumput di dalam Plastik Mulsa

Potongan rumput yang diambil dari halaman rumah bisa menjadi sumber nutisi bagi tanaman yang akan dikembangbiakkan.

Akan tetapi, penggunaan sedikit potongan rumput juga perlu diperhatikan dampaknya ketika tanaman bertumbuh. Apakah rumput dapat menjadi sumber nutrisi atau hanya mengganggu tumbuh kembang tanaman Anda.

Baca juga: Cara Memasang Mulsa Plastik Pada Bedengan

Rekomendasi Toko Plastik Mulsa Pertanian

plastik mulsa untuk tanaman
Sumber: morningchores.com

Terdapat berbagai produsen yang menjual mulsa plastik hitam perak untuk pertanian. Salah satunya yakni PT. Pundi Nasutra Selaras.

PT. Pundi Nasutra Selaras adalah salah satu produsen yang menjual plastik mulsa untuk pertanian dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau. Mereka juga menerima pemesanan dalam jumlah besar dan siap dikirim ke berbagai wilayah di Indonesia.

Anda bisa langsung memesan mulsa plastik hitam perak di PT. Pundi Nasutra Selaras melalui website maupun nomor telepon yang tersedia.

Anda juga dapat berbelanja peralatan lainnya seperti konstruksi, rumah tangga, hingga perkantoran melalui e-commerce Indonetwork. Salah satu pioneer B2B marketplace dan direktori bisnis online di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan periklanan seperti pembuatan website, pembuatan company profile, dan berbagai media promosi lainnya. Jadi, tunggu apalagi? Mulai berbelanja sekarang di Indonetwork.

Editor: Nafila Chaerunnisa


Author

%d bloggers like this: