Indonetwork, Peralatan Industri – Genset termasuk dalam alat industri dengan kategori cukup penting. Pasalnya berbagai peralatan di perusahaan yang kini serba memerlukan tenaga listrik sehingga mengharuskan setiap perusahaan membutuhkan tenaga listrik yang begitu besar. Banyak perusahaan yang saat ini mulai tertarik untuk mencari distributor jual genset industri karena manfaatnya yang cukup besar.

Nah, bagi Anda yang masih penasaran mengenai manfaat dan cara memilih genset terbaik untuk melengkapi kebutuhan industri, simak terus artikel di bawah ini ya!

Manfaat Genset untuk Kebutuhan Industri
Sumber: Istockphoto

Manfaat Genset untuk Kebutuhan Industri

Pada umumnya pabrik industri membutuhkan daya listrik yang bekerja secara terus menerus, namun seringkali kebutuhan ini mengalami kendala. Hadirnya genset industri untuk mempermudah berbagai macam aktivitas operasional pabrik mampu mendukung kinerja industri lebih efektif dan efisien. Berikut manfaat yang dapat konsumen rasakan ketika menggunakan genset untuk mensupport kegiatan produksi bidang industri, seperti:

1. Aktivitas Perusahaan Berjalan Maksimal

Tentu untuk memaksimalkan kinerja perusahaan membutuhkan biaya yang lebih besar. Hadirnya genset dapat memastikan bahwa segala kegiatan operasional pabrik tetap berjalan secara maksimal. Proses produksi dengan mesin dan elemen lainnya akan tetap berfungsi secara normal akibat support yang diberikan oleh genset, pihak perusahaan juga tidak perlu khawatir karena jumlah produksi tidak akan menurun dan produktivitas karyawan tetap berjalan.

2. Solusi Gangguan Pemadaman Listrik

 Waktu pemadaman listrik dari PLN tentu tidak dapat Anda perkirakan, semakin lama pemadaman maka waktu produksi Anda semakin terbuang dan kinerja karyawan pun tidak akan efisien. Bagi beberapa perusahaan yang terletak di kawasan yang belum memiliki sumber daya listrik secara stabil, penggunaan genset merupakan solusi utama saat pemadaman listrik berlangsung.

Baca juga: 7 Tips Memilih Genset Bekas Namun Berkualitas Di Jakarta

3. Memastikan Arus Listrik Pabrik Tetap Lancar

Kinerja genset industri tentu menjadi elemen utama dalam menghemat biaya produksi dan kemungkinan adanya gagal produksi. Saat Anda tidak menggunakan genset dan kinerja mesin produksi sedang berlangsung, tentu pemadaman listrik yang timbul secara mendadak akan menghentikan kinerja mesin. Hal ini selain akan merusak komponen mesin yang berhenti secara mendadak, barang-barang produksi yang sedang di proses tentu berkemungkinan untuk gagalan.

Cara Memilih Genset Untuk Industri

Setiap sektor industri tentu membutuhkan sumber daya tambahan untuk mendorong kinerja produksi, sehingga  nantinya kendala listrik mati bukan lagi menjadi faktor penghambat jumlah produksi suatu pabrik. Hal ini  yang mendasari banyaknya pelaku usaha mulai mencari genset (generator set) untuk menghindari kondisi yang tidak diinginkan.

Berikut di bawah ini terdapat beberapa cara yang dapat diperhitungkan sebelum membeli genset untuk kebutuhan industri, seperti:

1. Sesuaikan Dengan Kebutuhan Pabrik

Seperti yang telah Anda ketahui, genset merupakan cadangan listrik yang wajib dimiliki oleh tiap kebutuhan industri. Tahap pertama sebelum menentukan kapasitas genset yang tepat. Anda perlu mencari tahu daya energi keseluruhan yang dibutuhkan oleh pabrik.

Jika Anda sudah mengetahui jumlah daya listrik yang dibutuhkan, maka sebaiknya Anda pun mulai menyediakan Genset dengan daya total yang sudah dilebihkan sekitar 10-20% dari jumlah keseluruhan daya yang dibutuhkan. Contohnya ketika sebuah pabrik membutuhkan daya 17.000 Watt untuk melakukan kegiatan operasional, maka Anda harus menyediakan 20.400 Watt. Hal ini agar perusahaan menjadi lebih tenang jika sewaktu-waktu pabrik menambahkan elemen pemakai listrik lainnya.

2. Pemilihan Tipe Genset yang Tepat

Setelah mengetahui kebutuhan industri dalam pemakaian daya listrik, sebaiknya Anda mencari tahu keunggulan dan fitur yang dikeluarkan oleh suatu produk. Setiap merek tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, sehingga Anda harus memilih dengan tepat produk yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda

Selain itu terdapat dua jenis genset yang umum digunakan pada berbagai sektor usaha, seperti model silent type dan open type. Biasanya silent type digunakan untuk wilayah yang memiliki peraturan kebisingan seperti rumah sakit, hotel, lembaga pemerintahan dan lain sebagainya dan untuk open type lebih cocok digunakan pada lingkungan pergudangan atau pabrik.

Cara Memilih Genset Untuk Industri
Sumber: Istockphoto

3. Ketersediaan Spare Part

Opsi lain yang perlu Anda pertimbangkan yaitu ketersediaan sparepart genset industri di pasaran. Biasanya semakin terkenal produk genset yang Anda gunakan maka pencarian spare part akan semakin mudah dan murah. Anda tidak perlu mencari komponen  alternatif atau sebagainya. Ketersediaan ini tentu akan mempermudah bagian teknisi pabrik untuk mencari komponen dari mesin genset yang rusak ataupun aus.

4. Memiliki Garansi Resmi

Setiap produk genset berkualitas tentu memiliki garansi resmi pemakaian, dengan tujuan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli produk genset industri baru pada distributor yang terpercaya, sebaiknya tentukan produk yang memiliki garansi kurang lebih 2 tahun atau 2000 jam selama pemakaian. 

5. Lakukan Survei Harga

Sebagai pemilik perusahaan yang menginginkan pengeluaran dengan budget minim, melakukan survei terhadap beberapa distributor merupakan kegiatan yang sudah tidak asing lagi, hal ini dikarenakan tidak semua distributor menyediakan harga yang sama dengan tipe atau merek produk yang sama juga. Anda perlu berhati-hati dan lebih teliti.

Distributor Genset Industri
Sumber: Warm Entertaiment

Distributor Genset Industri

Mendapatkan distributor genset yang baik dan mendukung kinerja perusahaan Anda terbilang susah-susah gampang. Tentu biaya yang dikeluarkan untuk menambah fasilitas ini tidaklah murah, sehingga Anda harus mempelajari berbagai informasi seperti tipe genset, cara memilih genset sesuai dengan kebutuhan, serta manfaat yang ditawarkan dari penggunaan genset.  

Setelah Anda menemukan informasi valid mengenai kebutuhan genset industri untuk membantu kinerja produksi, maka tahap selanjutnya Anda dapat dengan mudah menghubungi Krisna Mandiri Utama untuk mendapatkan informasi tentang kualitas dan harga yang telah ditentukan.

Selain menjadi distributor lampu jalan tenaga surya, Krisna Mandiri Utama juga jual genset industri dengan berbagai merek dan kebutuhan Watt. Distributor ini akan memberikan pelayanan terbaik dan membantu Anda menyesuaikan kebutuhan genset dan budget.

Editor: Muhammad Arsyah Al Bassam

Author

Enable Notifications OK No thanks