Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Kunci pintu fingerprint adalah kunci yang menggunakan sidik jari sebagai alat identifikasi. Kunci ini bekerja dengan cara mencocokkan sidik jari yang terdaftar di dalam kunci dengan sidik jari pengguna yang hendak membuka pintu.

Jenis kunci ini biasanya digunakan oleh penghuni rumah yang terbiasa menerapkan smart home. Selain lebih modern dan canggih, menggunakan kunci pintu fingerprint memiliki beberapa manfaat. Apa saja itu simak ulasannya berikut ini.

Keamanan Tinggi

Sidik jari adalah unik untuk setiap individu, sehingga menggunakan kunci pintu fingerprint dapat memberikan tingkat keamanan yang tinggi. Sulit bagi orang lain untuk mereplikasi atau mengakses informasi tanpa memiliki sidik jari yang cocok.

Lebih praktis

Kunci pintu fingerprint tidak perlu diputar atau dimasukkan, seperti kunci pintu konvensional. Pengguna hanya perlu meletakkan jarinya di atas sensor sidik jari untuk membuka pintu. Hal ini membuat kunci pintu fingerprint lebih praktis untuk digunakan.

Pengelolaan Akses

Sistem kunci fingerprint dapat dikonfigurasi untuk mengelola tingkat akses berbeda untuk berbagai pengguna. Ini memungkinkan administrator untuk mengontrol siapa yang memiliki akses ke area atau informasi tertentu.

Mudah digunakan

Kunci pintu fingerprint lebih mudah digunakan daripada kunci pintu konvensional karena hanya memerlukan satu gerakan sederhana, yaitu meletakkan jari di atas sensor sidik jari. Gerakan ini dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk orang tua, anak-anak, atau orang dengan keterbatasan fisik.

Dapat digunakan untuk membuka pintu secara otomatis

Beberapa kunci pintu fingerprint dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan pintu untuk dibuka secara otomatis. Fitur ini dapat memudahkan Anda untuk membuka pintu, terutama jika Anda membawa barang bawaan yang banyak.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Smart Door Lock Terbaik dan Harganya

Cara Menggunakan Kunci Pintu Fingerprint

manfaat kunci pintu fingerprint
Sumber: Freepik

Berikut adalah cara menggunakan kunci pintu fingerprint:

  • Siapkan kunci pintu fingerprint. Pastikan kunci pintu fingerprint sudah terpasang dengan benar di pintu Anda.
    Bersihkan sensor sidik jari. Gunakan kain lembut dan kering untuk membersihkan sensor sidik jari.
  • Letakkan jari Anda di atas sensor sidik jari. Letakkan jari Anda dengan posisi yang benar, yaitu dengan posisi ujung jari menyentuh sensor sidik jari.
  • Tunggu beberapa detik hingga kunci terbuka. Kunci akan terbuka jika sidik jari Anda cocok dengan data sidik jari yang terdaftar di dalam kunci.
  • Jika sidik jari Anda tidak cocok, kunci tidak akan terbuka. Anda dapat mencobanya lagi dengan meletakkan jari Anda di posisi yang berbeda. Jika Anda masih kesulitan, Anda dapat menghubungi teknisi untuk mengatur ulang data sidik jari Anda.

Jenis-jenis Kunci Fingerprint

manfaat kunci pintu fingerprint
Sumber: Freepik

Jenis-jenis kunci fingerprint berdasarkan konektivitasnya:

Kunci fingerprint standalone

Kunci fingerprint yang bekerja secara mandiri tanpa memerlukan koneksi internet atau perangkat tambahan lainnya. Semua data disimpan di dalam memori kunci pintu itu sendiri. Kelebihannya adalah instalasi yang mudah dan biaya murah.

Kunci fingerprint smart home

Merupakan jenis kunci fingerprint yang terhubung langsung dengan sistem smart home di rumah Anda. Data disimpan di cloud sehingga bisa diakses dari mana saja melalui aplikasi smartphone. Kelebihannya adalah menawarkan lebih banyak fitur keamanan dan kenyamanan, seperti:

  • Kontrol jarak jauh: Anda dapat membuka atau mengunci pintu dari jarak jauh melalui aplikasi smartphone.
  • Notifikasi: Anda akan menerima notifikasi jika ada orang yang mencoba membuka pintu.
  • Otentikasi dua faktor: Anda dapat menggunakan otentikasi dua faktor untuk meningkatkan keamanan kunci.

Jenis-jenis kunci fingerprint berdasarkan fiturnya:

Kunci fingerprint dengan kode pin

Kunci fingerprint pada smart door lock yang menggunakan kode pin juga dilengkapi dengan fitur pengenalan sidik jari. Namun, kunci ini juga memiliki fitur kode pin yang dapat digunakan untuk membuka pintu jika sidik jari Anda tidak cocok atau jika sensor sidik jari tidak berfungsi.

Kunci fingerprint dengan kartu

Kunci fingerprint dengan kartu dilengkapi dengan fitur pengenalan sidik jari dan fitur kartu. Anda dapat menggunakan sidik jari atau kartu untuk membuka pintu.

Kunci fingerprint dengan remote control

Kunci fingerprint dengan remote control dilengkapi dengan fitur pengenalan sidik jari dan fitur remote control. Anda dapat menggunakan remote control untuk membuka pintu dari jarak jauh.

Kunci fingerprint dengan sensor gerak

Kunci fingerprint dengan sensor gerak dilengkapi dengan fitur pengenalan sidik jari dan fitur sensor gerak. Pintu akan terbuka secara otomatis jika sensor gerak mendeteksi adanya gerakan di depan pintu.

Baca Juga: Cara Reset Password Mesin Absensi Fingerprint Solution

Kunci fingerprint dengan alarm

Kunci fingerprint dengan alarm dilengkapi dengan fitur pengenalan sidik jari dan fitur alarm. Alarm akan berbunyi jika pintu dibuka dengan paksa.

Kunci fingerprint dengan remote control

Kunci fingerprint dengan remote control dilengkapi dengan fitur pengenalan sidik jari dan fitur remote control. Anda dapat menggunakan remote control untuk membuka pintu dari jarak jauh.

Kunci fingerprint dengan sensor gerak

Kunci fingerprint dengan sensor gerak dilengkapi dengan fitur pengenalan sidik jari dan fitur sensor gerak. Pintu akan terbuka secara otomatis jika sensor gerak mendeteksi adanya gerakan di depan pintu.

Kunci fingerprint dengan alarm

Kunci fingerprint dengan alarm dilengkapi dengan fitur pengenalan sidik jari dan fitur alarm. Alarm akan berbunyi jika pintu dibuka dengan paksa.

Saat memilih kunci fingerprint, Anda perlu mempertimbangkan beberapa faktor, seperti:

  • Kebutuhan keamanan: Jika Anda membutuhkan keamanan yang tinggi, Anda dapat memilih kunci fingerprint dengan fitur otentikasi dua faktor atau alarm.
  • Fitur yang diinginkan: Jika Anda menginginkan kunci fingerprint yang praktis, Anda dapat memilih kunci fingerprint dengan fitur remote control atau sensor gerak.
  • Harga: Harga kunci fingerprint bervariasi tergantung pada merek, fitur, dan kualitasnya. Anda dapat memilih kunci fingerprint dengan harga yang sesuai dengan anggaran Anda.

Demikian ulasan mengenai manfaat menggunakan kunci pintu fingerprint. Semoga bermanfaat.


Indonetwork.co.id merupakan pioner marketplace B2B yang berdiri sejak 2001. Memiliki lebih dari 8.000 kategori barang dan ada lebih dari 1 juta pelaku bisnis yang menjadi penjual di Indonetwork.co.id.

Indonetwork tidak hanya membantu menghubungkan para pelaku bisnis, sebagai penyedia produk, dengan pelanggan, melainkan juga turut membuatkan website yang otomatis menjadi toko online sendiri milik pelaku bisnis.

Daftarkan bisnis Anda sekarang sebagai Member Indonetwork, dapatkan lebih banyak customer dan penjualan.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks