Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga– Air merupakan salah satu kebutuhan primer manusia. Sebagai salah satu sumber kehidupan, air berperan penting dalam menunjang segala kebutuhan manusia, baik untuk konsumsi, komoditi, maupun industri. Namun penggunaan air yang tidak terkontrol akan menambah beban biaya pengeluaran yang dibutuhkan. Lebih dari itu, penggunaan air secara berlebih dalam kehidupan manusia juga akan berdampak pada kelangkaan air. Oleh karena itu, tuntutan untuk menghemat air menjadi salah satu yang digencarkan di berbagai belahan dunia. Water meter ½ inch merupakan solusi tepat untuk problematika ini.

Dengan kemajuan teknologi yang ada pada water meter tersebut, bukan suatu yang mustahil bahwa penggunaan air dapat dikontrol sedemikian rupa. Terutama bagi kebutuhan skala rumah tangga. Biaya penggunaan air dapat dikontrol sehingga biaya pengeluarannya bisa ditekan.

Pengertian dan Manfaat Water Meter 1/2 Inch

Water meter atau juga meteran air merupakan alat pengukur aliran air. Jadi dengan menggunakan water meter kita dapat mengetahui besaran penggunaan air yang dipakai. Sehingga kita dapat mengontrol pengunaan air agar biaya yang dibutuhkan tidak membengkak dan membuat kita harus merogoh kocek tiap bulannya.

Menggunakan water meter merupakan suatu cara dimana perusahaan air minum dapat menghasilkan pendapatan untuk membayar pengeluaran, menetapkan biaya yang sesuai kepada pelanggan, mencegah pemborosan air. Yang utama adalah merupakan penghubung atau alat komunikasi antara perusahaan air minum dengan pelanggannya.

Baca Juga: CHEERS PELOPOR AIR MINUM ALKALINE PERTAMA DI INDONESIA

Water meter dapat digunakan di perumahan, perkantoran, maupun industri manufaktur, untuk mengukur air PDAM, air limbah, air lumpur, air panas, chemical, dan lain sebagainya.

Water meter tersedia dengan berbagai ukuran mulai dari 1/2 hingga 16 inch. Seperti disebutkan sebelumnya, water meter 1/2 inch sendiri merupakan water meter dengan ukuran 1/2 inch atau 15 mm dengan material nylon. Akurasinya mencapai 0,2 % dengan max water pressure ≤ 50º sehingga cocok untuk digunakan di perumahan ataupun apartment.

Hal-hal yang Perlu diperhatikan dalam Memilih Water Meter

Selain itu, ada baiknya sebelum Anda memutuskan menggunakan water meter SNI baik untuk kebutuhan rumah tangga maupun kebutuhan usaha, Anda harus menyimak beberapa hal di bawah ini agar water meter atau meteran air yang Anda beli berfungsi sesuai kebutuhan.

Meter Air 15mm
Sumber: ferindo.id

1. Tentukan kebutuhan

Sebelum memutuskan untuk membeli water meter atau meteran air yang tepat, terlebih dahulu Anda harus menentukan penggunaan mater meter atau meteran air anda. Semisal Anda ingin mengukur zat kimia ataupun limbah cair maka jenis water meter atau meteran air yang dibutuhkan harus disesuaikan. Karena tekstur cairan yang akan dipompa nantinya akan berpengaruh pada water meter atau meteran air yang digunakan.

2. Gali informasi di lapangan

Tahapan selanjutnya yang dapat Anda ambil adalah dengan menggali informasi sebanyak mungkin. Anda dapat mencari informasi seputar water meter atau meteran air melalui internet. Dari situ anda akan menemukan banyak jenis dan berbagai merek water meter atau meteran air. Jika Anda merasa kebingungan Anda dapat menghubungi penjual untuk konsultasi terlebih dahulu.

Atau jika Anda merasa kurang puas dengan pencarian di internet. Anda dapat menggali informasi seputar water meter atau meteran air di toko secara langsung. Anda dapat sekaligus melihat secara langsung jenis-jenis mater meter yang ada. Selain itu Anda juga dapat langsung bertanya hal-hal lain yang mungkin dibutuhkan.

Baca Juga: 4 TIPS MEMILIH WATER METER SUPAYA TAHAN LAMA

3. Tentukan produk yang berkualitas

Material water meter atau meteran air sangat menentukan kualitas barang. Ada berbagai bahan material produk water meter seperti PVC, alumunium, stainless stell dan lain sebagainya. Bahan material tersbut disesuaikan dengan kebutuhan dari penggunaan water meter atau meteran air.

Yang tidak kalah penting adalah merek water meter atau meteran air. Setelah anda mengetahu informasi di lapangan, tentu anda dapat mengetahui merek water meter atau meteran air yang paling laku di lapangan. Hal tersebut dapat menjadi patokan Anda karena sudah banyak yang membuktikannya.

Harga Water Meter 1/2 Inch

Sebelum Anda mengambil keputusan untuk menggunakan water meter atau meteran air, ada baiknya Anda perlu terlebih dahulu harga water meter. Sehingga dapat menyesuaikan budget yang anda siapkan.

Karena semakin banyak kebutuhan air Anda maka akan semakin besar ukuran water meter atau meteran air yang harus Anda gunakan. Semakin besar ukuran water meter pun semakin mahal harga meteran air. Terlebih jika Anda ingin menggunakan water meter atau meteran air untuk kebutuhan industri seperti pengolahan limbah dan bahan kimia yang lainya, tentu ukuran yang dibutuhkan akan semakin besar.

Jika Anda akan menggunakan untuk kebutuhan sekala rumah tangga, tentu Anda dapat memilih water meter atau meteran air yang berasal dari bahan yang lebih rendah. Sehingga harganya lebih terjangaku.

Harga water meter 1/2 inch di Indonesia berkisar antara Rp.- 500.000 hingga Rp.- 700.000. Tentunya harga tersebut dapat berubah setiap saat tergantung pada harga material dan kebutuhan pasar.

Agar Anda tidak salah langkah dalam mengambil keputusan dalam membeli water meter, Anda dapat mengunjungi PT. PAMETERINDO EDUKATAMA ANEKA. Tersedia water meter ½ inch dalam berbagai tipe dengan kualitas dan mutu terjamin.

Anda juga tidak perlu khawatir dengan kualitas pelayanannya. Perusahaan ini telah berdiri sejak 1982, sehingga saat ini telah memiliki gudang yang memadai dan dapat mengcover suplai barang atau material ke seluruh penjuru di Indonesia.

Author

Enable Notifications OK No thanks