Indonetwork,  Peralatan Industri Sebelum Anda membangun suatu bisnis yang berfokus pada dunia kuliner, cafe, jasa laundry, kos-kosan dan sebagainya tentu harus memiliki perencanaan anggaran dana dengan baik terutama yang berhubungan dengan air.

Air merupakan kebutuhan pokok setiap insan, namun tidak memungkiri bahwa biaya listrik untuk kegiatan pompa air terkadang sangatlah mahal sehingga Anda membutuhkan water meter ½ inch untuk mengontrol penggunaan air sehari hari dan mencatat pemakaian setiap bulannya .

Tahukah Anda, bahwa alat ini sudah banyak digunakan pada bangunan komersial di Indonesia bukan saja untuk mengatur tagihan listrik dan volume cairan akan tetapi dapat juga berfungsi sebagai:

  • Mengecek Kinerja Mesin
  • Mengolah Limbah
  • Terhindar dari Flow Meter Palsu

Jual Krisbow Pompa Booster Kp 160 Original | ACE

Baca juga: POMPA BOOSTER: PENGERTIAN, KEUNGGULAN DAN PEMASANGANNYA

Biasanya water meter tersedia tergantung pada metode pengukuran aliran, jenis pengguna akhir, laju aliran yang dibutuhkan, dan persyaratan akurasi. Nah sebelum kamu membeli produk ini di toko material terdekat, simak terlebih dahulu informasi mengenai tips memilih water mater supaya kuat dan tahan lama.

Jenis Water Meter

Jenis Water Meter
Sumber: Istockphoto

Penggunaan air bersih tentu harus dilakukan dengan bijak. Cukup banyak model water meter yang beredar dipasaran, akan tetapi jenis tersebut dikondisikan dengan kebutuhan dan budget yang Anda punya. Berikut jenis water meter yang cukup sering dicari oleh konsumen, yaitu:

1. Water Meter Air Magnetik

Jenis meteran yang satu ini merupakan keluaran pertama karena menggunakan prinsip kerja medan magnet. Sistem kerja dari alat ini dengan memanfaatkan magnet yang dialiri dengan gelombang elektronik.

Jual Water Meter Air Kotor SHM 2,5" inch / Flow Meter DN50, Meteran Air SHM  - Jakarta Barat - Sinar Mega Industri | Tokopedia
Sumber: tokopedia.com

Nantinya, informasi yang didapatkan dari penggunaan jenis meteran air ini berbentuk data digital yang dapat dicatat oleh petugas pada setiap periode.  Flow meter magnetik memiliki akurasi menengah, sehingga tidak dapat bekerja pada air murni karena tidak ada ion untuk diukur.

2. Water Meter Air Mekanis(Mechanical Flowmeter)

Jenis water meter yang satu ini cukup populer digunakan di Indonesia. Alat ini bekerja cara mengalirkan air yang akan menggerakkan baling-baling yang disebut vane wheel yang terhubung dengan alat hitung mekanis untuk mengetahui jumlah penggunaan air.

Cara Memperlambat Putaran Meteran Air PDAM - Inaparts.com
Sumber: inaparts.com

Kelebihan utama dari meteran jenis ini adalah biaya pemasangannya lebih terjangkau dan pengoperasioannya cenderung lebih mudah dimengerti namun kekurangannya aliran air mudah tersumbat ketika air kotor atau memiliki partikel yang lebih besar.

3. Water Meter Ultrasonik

Berkat semakin canggihnya teknologi, terdapat water meter dengan prinsip ultrasonik dalam pengoperasiannya. Cara kerja alat ini adalah melalui gelombang ultrasonik yang ditembakkan pada saluran pipa terbuka atau tertutup untuk menghitung jumlah debit air yang lewat. Harganya yang lebih mahal juga diimbangi dengan kualitasnya yang semakin canggih seperti akurasi data flow yang cukup tinggi dan dapat dipantau secara real time.

Jual Ultrasonic Flow Meter TUF2000M Liquid FlowMeter TUF-2000M 50-700mm -  Jakarta Utara - HRDIK | Tokopedia
Sumber: tokopedia.com

Perlu Anda ketahui, yang membedakan jenis meteran air ini dengan yang lain yaitu hasil perhitungan berupa data digital dari sensor ultrasonik lalu dikirimkan secara otomatis menuju data centre dengan sinyal GPRS.

Tips Memilih Water Meter

Tips Memilih Water Meter
Sumber: Istockphoto

Sebelum Anda hendak membeli water meter SNI untuk kebutuhan usaha maupun rumah tangga, yuk simak tips memilih water meter agar awet dan tahan lama sesuai dengan keinginan Anda.

1. Tentukan Kebutuhan Fluida

Sebelum menentukan water meter yang tepat, Anda harus menentukan cairan yang akan dipompa terlebih dahulu, baik dari segi tekstur dan tekanan yang mengalir. Semisal bila Anda ingin mengukur lumpur atau bahan kimia lainnya, maka perlu diketahui karakteristik lumpur tersebut. Apakah banyak zat kotor ataukah lebih banyak air bersihnya.

Jika kebutuhan hanya diperuntukkan memenuhi kebutuhan rumah tangga, maka water meter yang Anda butuhkan tidak perlu memiliki kekuatan yang tinggi.

2. Cari Informasinya di Lapangan

Setelah mengetahui jenis fluida yang akan mengalir, tahap selanjutnya Anda bisa melakukan konsultasi dan mendapat informasi dari penjual water meter di pasaran. Hal ini sangat berguna untuk membantu memenuhi kebutuhan dan keinginan Anda. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan perlu atau tidaknya sistem kedap air pada converter.

Setelah mendapatkan informasi dan melakukan perbandingan produk, maka Anda dapat mengklasifikasikan produk yang harus dibeli.

3. Pilih Produk yang Berkualitas

Pemilihan produk dapat Anda tentukan berdasarkan material produk seperti stainless steel, PVC, aluminum, carbon steel dan lain sebagainya, biasanya material yang digunakan akan disesuaikan dengan penggunaan untuk mengukuran jenis fluida apa.

Setelah itu untuk meningkatkan kepercayaan terhadap produk, Anda juga dapat memilih merek yang cukup laris dipasaran. Jika Anda masih kurang yakin dengan kualitas yang telah dijabarkan oleh penjual, silakan untuk menggunakan water meter ½ inch dengan kapasitas SNI.

4. Sesuaikan Dengan Budget yang Dimiliki

Tentu saja semakin berat beban dari water meter maka akan semakin mahal harga yang dijual dipasaran. Terlebih lagi jika water meter yang diperlukan untuk kebutuhan industri yang umumnya untuk pengelolaan limbah ataupun bahan kimia.

Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir karena biasanya setelah melakukan konsultasi dengan penjual, Anda akan diberikan penawaran produk yang menarik dan mampu menampung kebutuhan. Kegiatan konsultasi ini bisa Anda lakukan kepada PT Pameterindo Edukatama Aneka.

Jual SHIMIZU Pompa Air Otomatis PS135E / Shimitsu Pompa Otomatis PS-135E /  Shimisu Pompa Air 135 | Shopee Indonesia

Baca juga: CARA MENINGKATKAN DAYA DORONG POMPA AIR SHIMIZU DAN MERK LAIN

Jual Water Meter Berkualitas

Nah setelah memahami tips membeli water meter diatas, tahap selanjutnya untuk menjaga produk ini tetap awet dan tahan lama letakkan water meter ditempat yang mudah terlihat jangan sampai tertimbun sampah atau dedaunan. Bahkan Anda juga bisa melindunginya dengan tutup plastik dan menyemen sekitaran water meter agar tidak mudah dicuri oleh pelaku kejahatan.

Lalu, setelah Anda mempertimbangkan banyak hal di atas tentu saja memilih water meter ½ inch akan lebih mudah. Kunjungi PT Pameterindo Edukatama Aneka untuk mendapatkan berbagai jenis water meter yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Bahkan Anda juga bisa berkonsultasi dulu pada pelayanannya yang sangat ramah.

Editor: Deky Ahmad Syah

Author

Enable Notifications OK No thanks