Salah satu bagian paling sederhanda dari listrik tenaga surya adalah lampu led tenaga surya, Apakah lampu tenaga surya?apa sajakah komponen nya ? Bagaimana system kerja nya? Berapa biaya yang dikeluarkan untuk perawatan nya ?
Itu adalah pertanyaan pertanyaan yang sering muncul jika kita membahasa lampu  tenaga surya, begitu banyak pertanyaan yang ada, namun memang untuk penjelasan dari lampu jalan led tenaga surya masih belum ada yang melakukan nya secara terperinci.

Pada artikel kali ini penulis akan membahas pemahaman tentang lampu tenaga surya yang digunakan untuk pju, berikut ulasanya :

Apa itu lampu led tenaga surya ?

Lampu  tenaga surya merupakan solusi lampu lampu penerangan jalan yang hemat energy yang berfungsi untuk memberikan penerangan jalan dengan menggunakan panel surya sebagai sumber listrik
Sesuai dengan peraturan menteri yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 27 Tahun 2018 Tentang Alat Penerangan Jalan , lampu ini juga disebut alat penerangan jalan tenaga surya.

Pada lampu ini yang digunakan adalah jenis lampu atau light emiting diode dengan kapasitas watt lampu yang lebih kecil namun memiliki penerangan yang lebih baik dibanding lampu biasa seperti flourenscent.
Besar kecilnya lumens dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan lebar jalan yang akan di terangi.

Namun apakah kita tau bagian bagian lampu ini terdiri dari apa saja, mari kita bahas komponen komponen pendukung lampu .

Komponen Pendukung Lampu Led Tenaga Surya

Dalam penggunaan lampu dan pengaplikasian lampu ini ada 2 macam komponen yaitu komponen pendukung dan utama, apa sajakah komponen tersebut, mari kita bahas :

1. Panel Surya
Panel surya adalah sumber tenaga yang ada pada lampu  tenaga surya, komponen ini bertugas untuk memproduksi listrik , panel surya crystalline lah yang paling banyak digunakan sekarang ini karna spare part yang mudah di cari.

Baca Juga : Lampu led tenaga surya hemat energi

2. Baterai
Baterai adalah salah satu komponen penting yang ada dalam lampu, tanpa adanya baterai, panel surya tidak akan berfungsi karena tidak memiliki wadah untuk menyimpan energy yang telah di serap, tipe baterai yang banyak digunakan saat ini adalah baterai lithium.

3. Solar Charger Control
Komponen pendukung ini adalah komponen yang mengatur penggunaan baterai dari panel surya menuju ke lampu , dan dari lampoon kebaterai atau biasa yang disebut discharge.

4. Lampu
Bagian ini adalah bagian yang paling penting karna tanpa adanya lampu ini penerangan tidak akan terjadi.

Sedangkan untuk pendukung dari lampu jalan led tenaga surya adalah :

1. Penyangga Panel Surya
Berfungsi sebagai penyangga atau tiang lampu.

2. Tiang PJU
Tiang ini berfungsi sebagai alat yang membuat lampu berdiri dan kokoh, tiang ini biasanya terbuat dari beton atau dati besi padat.

3. Kabel dan aksesories lain nya
Kabel dan aksesories berfungsi untuk membuat lampu menjadi lebih cantik dilihat, walaupun lampu jalan ini akan bedara di pinggir jalan namun tetap harus indah di pandang mata, agar terlihat lebih bagus.

Ulasan tadi adalah pembahasan mengenai apa yang di maksud lampu led tenaga surya, mudah mudahan artikel ini dapat membantu teman teman untuk lebih mengetahui mengenai seluk beluk lampu tenaga surya.

terus pantau blog indonetwork untuk mendapatkan informasi informasi menarik seputar teknologi dan info info menarik lain nya, kunjungi website indonetwork di indonework.co.id dan dapatkan info menarik lain nya.

terima kasih

Author

Enable Notifications OK No thanks