Indonetwork, Elektronik – Kebakaran rumah merupakan salah satu bencana yang sering terjadi. Salah satu penyebab kebakaran rumah yaitu terjadi korsleting listrik pada instalasi rumah kita. Resiko korsleting listrik dapat meningkat jika kita menggunakan banyak peralatan elektronik di rumah. Salah satu upaya yang dapat kita lakukan untuk mencegah terjadinya korsleting listrik dengan menggunakan panel listrik. Untuk mengaplikasikannya dengan baik, Anda mungkin memerlukan panduan dari general supplier jual panel listrik.

Fungsi panel listrik

Jual Panel Listrik
Sumber: Unsplash.com
  1. Panel listrik berfungsi untuk menempatkan komponen alat listrik yang digunakan untuk mendukung kinerja dari mesin listrik supaya dapat beroperasi dengan baik sesuai dengan prinsip kerja kelistrikan.
  2. Fungsi lain dari panel listrik adalah sebagai tempat menata komponen atau rangkaian listrik supaya aman dan rapi.
  3. Panel listrik juga digunakan untuk melindungi komponen listrik agar terlindungi dari pengaruh apapun dari luar yang bisa menyebabkan gangguan terhadap komponen listrik.

Singkatnya, panel listrik merupakan alat yang berfungsi untuk mengatur, mengendalikan dan mendistribusikan listrik dari sumber ke penggunanya dengan mengandalkan motor listrik sebagai penggeraknya. Pemasangan alat ini bertujuan supaya saat terjadi korsleting listrik di salah satu ruangan, maka ruangan yang lain masih bisa difungsikan dan cukup mematikan listrik dari panel tersebut.

Komponen-komponen panel listrik

Jual Panel Listrik
Sumber: Pinterest.com

1. Moulded Case Circuit Breaker (MCCB)

Fungsi  utama komponen ini adalah sebagai penyambung dan pemutus aliran listrik. Selain itu, MCCB juga dapat memberikan batasan terhadap penggunaan listrik agar tidak terlalu besar. Jika terjadi korsleting di rumah Anda, orang yang paham kelistrikan akan langsung menurunkan atau mematikan tuas yang ada di KwH, tuas tersebut adalah MCCB.

2. Miniature Circuit Breaker (MCB)

MCB digunakan untuk meghubungkan atau memutus aliran listrik satu fasa. MCB akan secara otomatis memutus aliran listrik apabila terjadi korsleting pada jalur instalasi. Aliran listrik juga akan otomatis terputus apabila penggunaan listrik melebihi batas MCB tersebut.

3. Magnetic Kontraktor

Magnetic kontraktor memiliki fungsi untuk menyambungkan dan memutuskan aliran listrik dalam tiga fasa. Kinerja magnetic kontraktor akan lebih maksimal dengan dibantu koil yang berada di sebelahnya.

4.Pilot Lamp

Komponen ini berupa lampu indikator yang digunakan untuk memberi penanda adanya aliran listrik pada panel kontrol listrik. Secara umum pilot lamp ini dihubungkan dengan incoming aliran listrik pertama yang masuk pada panel fuse untuk mencegah korsleting listrik.

5. Bus BAR

Bus BAR merupakan komponen yang terbuat dari plat berbahan kuningan yang berfungsi sebagai terminal konekan kabel arus pembagi. Komponen ini digunakan untuk membagi aliran listrik yang berasal dari sumber listrik menuju titik-titik yang memerlukan konsumsi listrik.

6. VoltMeter

Voltmeter digunakan untuk mengukur tegangan pada panel listrik dengan satuan volt. Pada panel listrik biasanya 1 fasa mempunyai tegangan 220v – 240v.

7. Ampere Meter

Komponen ini merupakan alat ukur dari pemakaian yang digunakan pada panel listrik tersebut dan ditandai dengan satuan ampere.

Baca Juga: 13 KOMPONEN PANEL LISTRIK YANG WAJIB ANDA KETAHUI

Perawatan Panel Listrik

Panel listrik membutuhkan perawatan agar terhindar dari kerusakan dan memiliki kinerja yang tahan lama. Karena seiring dengan penggunaannya tentu akan menimbulkan potensi kerusakan terhadap komponen-komponen yang terdapat dalam panel listrik. Untuk melakukan perawatan terhadap panel listrik dapat dilakukan dengan beberapa cara, biasanya distributor jual panel listrik akan menyarankan hal-hal  sebagai berikut:

  1. Dalam melakukan perawatan terhadap panel listrik langkah paling mudah adalah membersihkan panel listrik dari kotoran, debu, ataupun serangga. Jangka waktu untuk membersihkan panel listrik ini dapat dilakukan satu bulan sekali. Membersihkan panel listrik akan mengurangi resiko terjadinya korsleting.
  2. Untuk merawat panel listrik dapat dilakukan dengan memastikan kondisinya dalam keadaan kering. Selain itu memastikan kondisi suhu agar tidak dalam keadaan lembab. Karena jika panel dalam keadaan lembab, akan mengurangi kinerja panel dan mengakibatkan kinerjanya tidak efektif.
  3. Selain melakukan upaya menjaga kebersihan dan suhu panel listrik, diperlukan juga perawatan kontaktor minimal 6 bulan sekali. Pada kontraktor terdapat kontak-kontak yang akan mengalami pengikisan akibat proses kerja panel yang menyebabkan gesekan atau lonjakan arus. Untuk merawat kontak dapat dilakukan dengan membersihkannya menggunakan amplas. Selain menggunakan amplas, membersihkan kontaktor dapat menggunakan kontak cleaner.
  4. Perawatan kekencangan baut kontak juga perlu dilakukan minimal enam bulan sekali. Baut kontak merupakan salah satu komponen yang selalu teraliri listrik sehingga akan menimbulkan panas dan juga mengalami pemuaian. Kondisi tersebut dapat menyebabkan baut menjadi longgar dan kurang kencang. Apabila hal tersebut terus terjadi akan mengganggu kinerja kontak bahkan bisa menyebabkan komponen meleleh akibat terlalu panas.
  5. Cara lain yang dapat dilakukan untuk merawat panel listrik adalah memastikan kerapian kondisi panel agar tidak mengganggu kinerjanya.

Baca juga: PERAWATAN PADA PANEL LISTRIK YANG WAJIB DIKETAHUI

Rekomendasi Penjual Panel Listrik

Salah satu distributor jual panel listrik dengan kualitas terbaik adalah PT. Maju Jaya Bersama. Perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 2011 ini telah telah berbadan hukum sehingga produk-produk yang disediakan merupakan produk-produk terpercaya. Perusahaan ini sangat berpengalaman dan didukung sumber daya manusia yang handal di bidang kelistrikan. Selain menyediakan produk-produk kelistrikan yang berkualitas, perusahaan ini juga menyediakan jasa konsultasi bagi pelanggan selama 24 jam. Berbagai upaya yang dilakukan perusahaan merupakan wujud komitmen PT. Maju Jaya Bersama untuk memberikan produk dan layanan kualitas terbaik kepada pelanggannya.


Author

%d bloggers like this: