Indonetwork . Peralatan Industri – Mesin penggiling daging sangat diperlukan untuk Anda yang tengah bergerak di ranah bisnis kuliner seperti bakso dan sosis. Fungsi dari alat ini yaitu untuk menghancurkan daging sampai halus sehingga hasilnya bisa digunakan untuk membuat bahan makanan.

Mesin ini sangat membantu Anda dalam menghaluskan daging supaya bisa diolah kembali menjadi bahan makanan lainnya. Dibandingkan dengan cara konvensional, cara ini tentu saja akan jauh lebih efektif.

Penggunaan Mesin Penggiling Daging

Mesin penggiling daging biasanya dipakai oleh mereka yang tengah berusaha di bidang kuliner, restoran, atau perhotelan. Hasil gilingan dengan mesin ini akan lebih lembut dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan pasar.

Nantinya olahan daging tersebut bisa dibuat sesuai kebutuhan seperti bakso, sosis, dan frozen food. Dengan begitu nilai jualnya akan jauh lebih tinggi dibandingkan sebelum digiling.

Motor penggerak yang terdapat pada mesin penggiling daging akan bergerak dengan sangat cepat. Sehingga bisa memperoleh hasil yang sangat halus, lembut, dan kualitas optimal. Jika hasil gilingannya lembut, cita rasa yang dihasilkannya juga akan sesuai dengan yang diharapkan.

Cara Kerja Penggiling Daging

Cara kerja dari penggiling daging ini tentu saja sangat sederhana. Anda tinggal memasukkan daging ke dalam corong penggilingan. Kemudian mesin akan menggiling daging tersebut.

Di dalam mesin tersebut terdapat bor dan pisau yang berputar dengan cepat sehingga bisa menghasilkan daging yang halus. Jika memang sudah halus, maka daging akan keluar melalui saringan atau disebut dengan cetakan.

Cara Memaksimalkan Penggilingan Daging

Untuk memperoleh olahan daging yang terdapat beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, silahkan simak ulasan kami berikut ini:

1. Ukuran Potongan Daging

Untuk memperoleh olahan daging yang maksimal, maka ukuran daging juga harus disesuaikan sebelum dimasukkan ke dalam mesin. Sebaiknya potonglah daging dengan ukuran 3-5 cm.

Jangan memasukkan daging ke dalam mesin jika ukurannya masih besar karena proses penggilingan akan lebih lama. Hal ini juga akan membuat performa mesin tidak maksimal. Jika sering dilakukan akan mengalami kerusakan.

Dengan memasukkan daging berukuran kecil, hasil olahannya juga akan lebih lembut dan lezat. Selain itu proses penggilingannya juga akan berlangsung dengan lebih cepat.

2. Kecepatan Putar Mesin

Tingkat kelembutan daging dari hasil gilingan juga sangat bergantung pada kecepatan putaran mesinnya. Semakin cepat putarannya, semakin halus daging yang diperoleh. Tapi Anda tetap bisa menyesuaikannya sesuai dengan tujuan akan dipakai untuk apa hasil daging gilingan tersebut.

Misalnya Anda akan menggunakan hasil gilingan daging itu untuk membuat bakso. Maka putarannya tidak terlalu cepat karena untuk membuat bakso dagingnya tidak harus terlalu halus. Tapi lain halnya jika Anda ingin menggunakan olahan daging tersebut untuk membuat Sosis.

3. Jenis Pisau yang Digunakan

Pisau pada mesin penggiling daging memiliki peranan yang sangat penting karena bisa menentukan kelembutan hasil gilingannya. Tapi hasil gilingan itu tidak akan maksimal jika pisau yang dipakai tidak disesuaikan dengan serat daging dan ukuran potong daging.

Oleh sebab itu, pastikan untuk menyesuaikan bentuk pisau yang akan Anda gunakan sebelum menggiling daging. Sehingga akan diperoleh hasil yang optimal.

4. Higienitas Daging

Higienitas daging juga perlu Anda perhatikan ketika akan menggilingnya dan diolah kembali menjadi makanan lain. Karena secara tidak langsung daging yang higienis akan menghasilkan hasil gilingan yang lebih lembut. Sehingga kualitasnya ketika diolah menjadi makanan lain akan menjadi lebih baik.

Kenapa Harus Pakai Penggiling Daging

Seiring berkembangnya waktu, teknologi untuk menggiling daging juga semakin canggih. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, Anda bisa memakai penggiling yang kaya dengan fitur. Terdapat beberapa keunggulan yang dimiliki oleh mesin penggiling yang bisa dijadikan pertimbangan oleh Anda yang ingin memilikinya.

1. Mudah Digunakan

Penggiling daging modern sudah memiliki sistem pengatur digital, sehingga akan lebih mudah untuk digunakan. Jika masih bingung, biasanya akan terdapat book guide yang bisa Anda pelajari cara penggunaannya.

2. Hemat Listrik

Kapasitas listrik yang Anda perlukan untuk penggilingan daging ini tidaklah terlalu besar. Untuk menggiling daging sebanyak 20-30 kg hanya perlu menggunakan listrik sekitar 1100 watt saja.

3. Terdapat Jenis Varian Pisau

Mesin penggiling daging modern biasanya sudah dilengkapi dengan pisau yang bervariasi. Seperti sudah kami singgung sebelumnya, jenis pisau yang dipakai juga mempengaruhi hasil dari penggilingan daging.

4. Perawatan yang Mudah

Perawatan yang Mudah Alat ini tidak mempunyai ukuran yang terlalu besar, sehingga Anda bisa melindunginya dengan plastik ketika sedang tidak digunakan. Areanya yang tidak terlalu besar bisa membuat mesin ini sangat mudah untuk disimpan.

Untuk memperoleh mesin penggiling daging dengan harga terjangkau bisa dilakukan disini.

Demikianlah ulasan kali ini tentang mesin penggiling dagin yang perlu Anda ketahui. Mesin ini sangat diperlukan untuk Anda yang saat ini tengah menjalani bisnis di bidang kuliner.