Indonetwork, Peralatan IndustriBeberapa pekerjaan tentu saja memerlukan alat pelindung yang digunakan oleh para karyawan. Misalnya seperti sarung tangan untuk pekerjaan pertambangan, laboratorium rumah sakit, perkebunan, dan lain sebagainya. Jenis sarung tangan yang digunakan pun berbeda.

Tentu saja alat pelindung diri atau yang biasa disingkat dengan APD perlu digunakan untuk meminimalisir cedera. Jika Anda sedang mencari informasi seputar alat safety khususnya sarung tangan dan sepatu, berikut informasinya untuk Anda.

Sarung Tangan Safety

jenis sarung tangan safety
Sumber: Pexels

Sarung tangan khusus pekerja atau safety gloves berfungsi untuk melindungi tangan dari api, suhu panas dan dingin, radiasi, arus listrik, benturan dan pukulan, tergores benda tajam/kasar yang mungkin saja terjadi pada saat sedang bekerja. 

A. Manfaat Sarung Tangan Safety

Manfaat utama sarung tangan safety adalah untuk melindungi tangan dari risiko kecelakaan saat bekerja. Selain itu juga dapat melindungi tangan dari kontak biologis atau bahan kimia dan infeksi virus atau bakteri.

B. Jenis Sarung Tangan Safety

Sarung tangan APD ini pun memiliki beberapa jenis sebagai berikut:

1. Sarung tangan anti panas

Sarung tangan anti panas
Sarung tangan anti panas Sumber: www.safetyandhealthmagazine.com

Heat Resistant Gloves atau sarung tangan anti panas biasanya terbuat dari bahan leather (kulit) dan bagian dalamnya terdapat lapisan kain yang halus. Sarung tangan ini berfungsi sebagai isolator panas yang melindungi tangan dari panas atau suhu yang tinggi. Jenis safety gloves ini biasanya digunakan oleh para pekerja las.

2. Chemical Resistant Gloves

chemical resistant gloves
Chemical resistant gloves Sumber: Amazon.com

Sesuai dengan namanya, chemical resistant gloves biasanya digunakan pada lingkup laboratorium dan pekerjaan yang berhubungan langsung dengan bahan atau zat kimia, seperti wet analysis dan pengecatan. Sarung tangan jenis ini juga sering digunakan pada bidang kedokteran.

Selain itu, ada juga sarung tangan jenis ini yang terbuat dari PVC yang memiliki lengan yang lebih panjang dan lebih tebal dibandingkan dengan chemical resistant gloves lainnya. 

BACA JUGA: Alat Perlindungan Diri Yang Wajib Untuk Keselamatan Kerja

3. Sarung tangan kulit

leather safety gloves
leather safety gloves Sumber: IndiaMart

Sarung tangan ini berfungsi untuk melindungi pekerja dari percikan listrik, panas sedang, tempaan, chip (kayu) dan permukaan yang kasar.

4. Anti-Slip Hand Gloves

Anti-Slip Hand Gloves
Anti-Slip Hand Gloves Sumber: Tokopedia

Jenis sarung tangan anti slip hand gloves  biasanya digunakan oleh pekerja untuk benda basah atau berminyak. Anti-slip hand gloves dilengkapi dengan grip technology sehingga objek kerja yang berminyak atau  basah dapat digenggam dengan kuat tanpa terpeleset. 

5. Lifting Hand Gloves

Selanjutnya ada sarung tangan jenis Lifting Hand Gloves yang berfungsi untuk meminimalisir potensi selip saat mengangkat sesuatu. selain itu sarung tangan jenis ini dapat melindungi tangan dari goresan benda tajam

C. Tips Memilih Sarung Tangan Safety

Dalam memilih sarung tangan safety untuk bekerja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut tips memilih sarung tangan untuk keperluan bekerja.

  • Pilih sarung tangan yang memiliki bahan yang berkualitas tinggi,
  • Pilih ukuran sarung tangan yang pas dengan ukuran tangan Anda, agar nantinya tidak mudah terlepas saat bekerja,
  • Periksa kerapihan jahitan, karena akan melindungi tangan pemakai dari cedera atau lecet akibat gesekan,
  • Pilih sarung tangan yang sesuai dengan fungsinya seperti sarung tangan untuk bekerja atau berkendara, baik jenis, bahan dan bentuknya,
  • Perhatikan bantalan pada permukaan telapak tangan pastikan cukup tebal, aman dan kuat,
  • Pastikan juga glove yang dipilih nyaman saat digunakan, lalu coba gerakkan seluruh jari–jari tangan dan pastikan tangan tidak sakit atau terasa sesak, dan
  • Pilih glove yang penuh sampai menutupi pergelangan tangan agar tangan dapat terlindungi dengan maksimal.

Sepatu Safety

safety shoes
Sumber: Unsplash

Memiliki fungsi yang sama seperti sarung tangan, sepatu safety merupakan salah satu Alat Pelindung Diri (APD) yang wajib diberikan oleh perusahaan bagi pada pekerjanya untuk menciptakan Kesehatan dan Keamanan Kerja (K3). 

BACA JUGA: Semua Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Proses Produksi

A. Manfaat Sepatu Safety

Menggunakan sepatu safety tentu saja membuat diri kita terlindungi dari resiko terjadinya kecelakaan saat bekerja. Berikut manfaat lain dari sepatu safety secara detail.

1. Mencegah Terjadinya Tergelincir

Sepatu safety biasanya terbuat dari bahan karet yang didesain sedemikian rupa agar dapat digunakan di permukaan yang licin. Dengan begitu para pekerja tidak akan takut terjatuh saat menggunakan sepatu safety di permukaan yang licin.

2. Melindungi Dari Benda Tajam

Untuk karyawan yang bekerja di lapangan atau luar ruangan, sepatu safety merupakan salah satu APD yang wajib dipakai. Saat bekerja, ada kemungkinan terkena benda tajam atau serpihan kaca yang dapat membahayakan kaki.

3. Mencegah Kecelakaan Kerja Yang Fatal

Tidak hanya sekedar melindungi telapak kaki saja, sepatu safety juga dapat mengurangi resiko kecelakaan kerja yang fatal seperti terlindas ban. 

4. Memberikan Perlindungan dari Benda Panas

Ada beberapa sepatu safety yang memiliki fungsi melindungi dari suhu panas dan ekstrim. Biasanya pada bagian atas dan samping sepatu safety tidak hanya terbuat dari kulit saja, sepatu safety dilapisi dengan bahan metal yang tebal sehingga kaki dapat terlindung dari benda yang panas.

5. Melindungi dari Cairan Kimia Berbahaya

Beberapa cairan kimia sangat berbahaya bagi kulit manusia karena dapat menimbulkan efek iritasi juga dapat menimbulkan kecacatan pada kulit. Oleh karena itu, penggunaan sepatu safety pada industri kimia sangat disarankan.

B. Jenis Sepatu Safety

Sepatu safety memiliki banyak model dan juga jenisnya dan fungsinya sendiri, inilah jenis jenis sepatu safety.

1. Sepatu Low Cut

Promo Sepatu safety kulit - Handymen SPT 972 low cut safety shoes Diskon 46% di Seller Raja Sepatu Kulit Official Store - Kota Salatiga, Jawa Tengah | Blibli
Low cut safety shoes Sumber: Blibli

Jenis sepatu safety ini memiliki model cutting yang rendah dengan model panjang sepatu tidak melebihi betis kaki. Sepatu ini memiliki desain yang sangat simple dan mempunyai ukuran yang tidak terlalu besar. Jenis sepatu safety ini biasanya digunakan pada tempat yang tidak terlalu ekstrim misalnya di laboratorium. 

2. Sepatu Boot Cut

High Cut Safety Boots – Wellpoint Investment Limited
Boot cut safety shoes Sumber: wellpointinvestment.com/

Selanjutnya ada model boot cut yang memiliki desain cukup panjang jika dibandingkan dengan sepatu low cut. Jenis sepatu ini memiliki ukuran yang paling panjang hingga bisa mencapai lutut. 

Penggunaan jenis sepatu ini biasanya digunakan di tempat yang memiliki medan cukup ekstrim yaitu medan berlumpur dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Bagaimana Fire Alarm Bekerja?

3. Middle Cut

Midde cut safety shoes
Midde cut safety shoes Sumber: Bukalapak

Jenis sepatu ini middle cut memiliki desain yang lebih tinggi melebihi betis, biasanya sepatu jenis ini digunakan untuk para pekerja pabrik. 

4. Antistatic Shoes

Antistatic Shoes
Antistatic Shoes Sumber: IndiaMart

Jenis sepatu antistatik ini pada dasarnya memiliki kemampuan untuk mencegah penumpukan listrik statis pada kaki. Seperti yang Anda tahu, risiko kecelakaan saat kerja bisa datang dari manapun, bahkan dari benda atau cairan yang tidak sengaja  terinjak.

5. Heat Resistant Shoes

Heat Resistant Shoes
Heat Resistant Shoes

Heat resistant shoes dirancang dengan material khusus yang membuatnya mampu menahan suhu dengan tekanan tinggi hingga 300°C. Sepatu jenis ini biasanya digunakan oleh para pekerja yang sering berada di medan kerja bersuhu tinggi, seperti petugas pemadam kebakaran.

6. Metal Instep Shoes

√ 6 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya [Lengkap] - Teknikece
Metal Instep Shoes
Sepatu jenis ini dirancang khusus dan memiliki lapisan metal pada bagian outsole sepatu. Fungsi sepatu safety ini adalah untuk melindungi dari resiko tusukan benda tajam saat berada di area kerja. 

C. Tips Memilih Sepatu Safety

Memilih sepatu safety tidak boleh asal-asalan, inilah beberapa tips memilih sepatu safety. 

  • Pilih sepatu safety dengan jenis sol luar yang memiliki kemampuan pijakan yang tepat dan sesuai dengan kondisi lantai kerja,
  • Pilih sepatu safety dengan tinggi antara 15-21 cm. Dengan tinggi seperti ini maka akan dapat menopang tumit dengan sempurna serta melindungi ankle,
  • Pilih ukuran sepatu sesuai ukuran kaki Anda. Sepatu harus benar-benar nyaman dipakai, tidak terlalu sempit dan tidak terlalu longgar. Pastikan ketika mencoba anda sudah mempertimbangkan tebal kaus kaki yang akan anda gunakan,
  • Pastikan sepatu dirancang dengan sirkulasi udara yang cukup untuk mencegah kondisi lembab pada kaki Anda. Jika sampai lembab, maka infeksi jamur dapat terjadi,
  • Sepatu safety harus kedap air (waterproof). Hal ini penting untuk mencegah terjadinya tersengat listrik, dan
  • Pilih sepatu yang ringan, Sepatu safety yang terlalu berat bukan saja tidak nyaman digunakan, akan tetapi berpotensi kaki menjadi lebih cepat lelah dan bisa terjadi cedera seperti terjadinya lecet pada kaki. 

BACA JUGA: Safety Equipment Yang Wajib Ada Di Perusahaan

Rekomendasi Distributor APD

Demikian informasi mengenai sarung tangan dan sepatu safety, jika Anda sedang mencari distributor alat safety terdekat Anda bisa menemukannya di PT. Wita Kharisma Jaya Bersama.

Wita Kharisma Jaya Bersama adalah toko alat safety jakarta dan perusahaan fire & safety equipment, fire hydrant installation, dan fire alarm system. Mereka juga memproduksi Box Apar, Distributor tabung Pemadam Kebakaran, Mobil Pemadam Kebakaran, serta Peralatan Safety lainnya yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat. Jadi tunggu apalagi? Segera lakukan pemesanan hari ini!

Penulis: Adelia

Editor: Nafila Chaerunnisa


%d bloggers like this: