Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Air purifier saat ini menjadi salah satu alat yang banyak digunakan terutama pada kondisi pandemi Covid-19. Dimana alat ini bekerja untuk membersihkan udara dari paparan polusi, virus, dan bakteri. Salah satu komponen penting  untuk menjalankan tugas tersebut adalah HEPA filter. 

Sesuai dengan namanya, alat ini  berfungsi untuk membersihkan udara di dalam ruangan dari paparan polusi, virus, dan bakteri. Untuk menjebak polutan tersebut, alat pembersih udara ini  membutuhkan HEPA filter atau high-efficiency particulate absorbing. Sehingga, dapat dikatakan bahwa HEPA filter merupakan bagian yang banyak ditemukan pada produk alat pembersih udara.

Baca juga: 8 REKOMENDASI MERK HEPA FILTER MURAH

Apa itu Air Purifier?

Air purifier merupakan sebuah alat esensial yang bekerja untuk membersihkan udara dari polutan, alergen, dan racun.  Alat ini  berbeda dengan diffuser dan humidifier yang tidak jarang juga menambahkan partikel di udara. Berbeda juga dengan filter yang hanya menyaring partikel udara, tetapi juga bekerja untuk membersihkan udara. 

Dikutip dari healthline.com, air purifier efektif untuk membersihkan udara, namun tidak mengangkat semua partikel yang secara natural terdapat di rumah. Misalnya seperti partikel yang ada pada permukaan lebih seperti furnitur, karpet, hingga permukaan keras seperti tembok. 

Selain itu, alat ini banyak digunakan saat ini untuk membersihkan udara dari virus Covid-19. Berdasarkan penelitian Retroscreen Virologi dari Inggris, air purifier terbukti menurunkan aktivitas virus. Dapat dikatakan bahwa efektivitas dari alat ini untuk membersihkan udara adalah sebesar 95%. 

Jenis-Jenis Air Purifier 

Berdasarkan fungsinya, terdapat beberapa jenis air purifier dengan filter yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan, diantaranya:

1.  Ionizer Filter

Jenis air purifier ini merupakan jenis pembersih udara yang kurang efektif dibandingkan dengan jenis lainnya. Filter ionizer tidak dapat berfungsi untuk menghilangkan polusi udara yang ada di dalam ruangan. Tidak jarang alat ini justru menambah kotoran yang keluar dari mesin.

Jenis ini kurang efektif karena Anda perlu membuang kotoran debu yang dihasilkan pada mesin. Serta tidak membantu alat untuk menghilangkan aroma di ruang menjadi netral, terutama pada aroma tidak sedap. 

2. HEPA Filter

Penggunaan air purifier berteknologi dengan HEPA filter sangat efektif untuk menjernihkan udara dalam ruangan. HEPA filter merupakan jenis filter udara mekanis yang bekerja dengan cara memaksa udara masuk ke jaring halus dan menjebak partikel berbahaya. 

Partikel-partikel yang bisa dijebak oleh HEPA filter adalah serbuk sari, bulu hewan, dan debu. Tidak hanya itu, filter ini juga dapat menjernihkan udara dari polusi serta aroma tidak sedap di dalam ruangan. 

3. Filter Karbon Aktif

Jika Anda ingin mengatasi bau tidak sedap dan polusi udara pada ruangan, air purifier dengan filter karbon aktif adalah pilihan yang tepat. Namun, jenis filter ini kurang efektif untuk membersihkan udara dari partikel bulu hewan. 

4. Anti Bacterial Filter

Penggunaan air purifier ini cocok digunakan di area atau tempat yang terdapat banyak kuman dan bakteri. Sesuai dengan namanya, filter ini digunakan untuk menjernihkan udara sekaligus menghilangkan bakteri dan kuman. Agar bekerja lebih baik, jenis ini dipadukan dengan HEPA filter. 

Tips Memilih Air Purifier Yang Sesuai Kebutuhan

Cara mudah untuk meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan adalah dengan menggunakan air purifier. Sebelum menggunakannya, Anda perlu mengetahui tips memilih alat pembersih udara yang tepat sebagai berikut.

1. Kenali Jenis  dan Fungsinya

Saat ini Anda dapat menjumpai berbagai jenis alat pembersih udara yang memiliki fungsi dan kelebihan masing-masing. Diantaranya adalah HEPA filter, karbon aktif, ionizer dan antibakteri.

2. Ketahui ukuran Ruangan dan Jangkauan Alat

Setiap jenis air purifier memiliki jangkauan ukuran luas ruangan agar dapat bekerja dengan baik. Jika alat digunakan pada ruangan besar, maka Anda bisa memilih jenis alat ini dengan indeks CADR (Clean Air Delivery Rate) yang tinggi. Dengan indeks CADR yang tinggi, maka alat pembersih udara ini dapat bekerja dengan efektif. 

3. Kapasitas Daya 

Salah satu hal yang tidak kalah penting adalah kapasitas daya pada air purifier. Semakin besar daya pada alat ini maka semakin luas pula jangkauannya.

4. Sesuaikan Biaya

Saat ini penggunaan air purifier cukup cukup banyak, dimana alat ini sangat berguna untuk membersihkan udara dari virus Covid-19. Sehingga saat ini Anda akan dengan mudah menemukan alat pembersih udara dengan harga yang bervariasi sesuai dengan daya serta ukurannya.

Cara Merawat Air Purifier

Setelah mengetahui jenis dan cara memilih jenis alat pembersih udara yang tepat, Anda bisa meningkatkan kualitas udara dengan penggunaan alat ini. Namun, Anda juga perlu tahu cara perawatan yang tepat agar alat pembersih udara ini lebih tahan lama dan awet, diantaranya sebagai berikut.

  • Rutin membersihkan filter  agar maksimal dalam menyaring partikel udara.
  • Membersihkan air tangki pada bagian bawah filter alat.
  • Jangan gunakan vacuum cleaner untuk membersihkannya karena dapat merobek filter.
  • Jangan mencuci HEPA filter atau karbon dengan cairan pembersih.
  • Cek kondisi filter secara berkala.
  • Pastikan area di sekitar alat bersih agar tidak bekerja dengan berat.
  • Berikan ruang yang cukup untuk alat ini agar bekerja maksimal dan awet.

Baca juga: 7 MANFAAT MENGGUNAKAN HEPA FILTER

Salah satu jenis pembersih udara yang banyak digunakan adalah dengan menggunakan HEPA filter. Tidak hanya pada air purifier, HEPA filter banyak digunakan dalam berbagai industri, salah satunya kesehatan. Filter ini digunakan untuk membersihkan udara pada fasilitas kesehatan. Untuk mendapatkan HEPA filter berkualitas dalam industri kesehatan, Anda bisa mendapatkannya di CV. Zulindo Jaya Mandiri. Disini terdapat berbagai jenis filter yang memiliki fungsi sesuai kebutuhan Anda.

 

Author

Enable Notifications OK No thanks