Indonetwork, Bahan Bangunan – Pipa merupakan komponen yang sangat penting dalam dunia konstruksi bangunan. Air yang Anda gunakan di dalam bak mandi berasal dari sumber air yang dihubungkan dengan pipa. Dari ilustrasi ini, apakah Anda sudah tahu apa itu pipa?

Pipa merupakan benda yang berbentuk lubang silinder dan di tengahnya terdapat lubang untuk menyalurkan fluida baik berupa cairan, gas, atau udara. Bentuk pipa yang seperti itu membuat proses pengaliran atau penyaluran fluida menjadi lebih mudah.

Fluida yang melewati lubang pipa ini akan memiliki suhu dan tekanan yang berbeda-beda. Hal ini juga membuat pipa diklasifikasikan ke dalam beberapa jenis tergantung bahan yang digunakannya. Karena semakin tinggi suhu dan tekanannya, bahan yang diperlukan juga harus bagus.

Jenis Pipa Air yang Banyak Digunakan

Kebanyakan pipa digunakan untuk mengalirkan fluida berupa air. Sementara untuk fluida gas biasanya digunakan di industri-industri perminyakan. Berikut ini adalah beberapa jenis pipa air yang banyak digunakan di Indonesia.

1. Pipa PVC

Jenis pipa yang satu ini banyak digunakan untuk mengalirkan air di rumah-rumah. Sehingga pipa PVC ini termasuk salah satu jenis pipa yang paling populer di Indonesia.

Pipa ini terbuat dari bahan Polivinil Klorida yang diklaim sebagai zat yang tidak berbahaya. Dengan begitu pipa PVC ini sangat aman digunakan untuk saluran air bersih. Selain pemasangannya yang mudah, harga untuk pipa ini juga relatif lebih murah.

2. Pipa Air HDPE

Jenis pipa yang terbuat dari termoplastik ini mempunyai densitas yang sangat tinggi dan tidak mengandung zat-zat berbahaya. Keunggulan dari jenis pipa HDPE ini yaitu tidak mudah rusak, kuat, lentur, dan anti karat.

Elastisitasnya yang tinggi membuat pipa HDPE ini banyak digunakan sebagai pipa saluran air bersih. Bahkan pipa ini juga sudah banyak digunakan untuk mengalirkan air bersih rumah tangga.

3. Pipa Galvanis

Pipa Galvanis terbuat dari bahan besi seng yang kemudian dilapisi oleh baja. Dibandingkan dengan kedua jenis pipa di atas, pipa galvanis memerlukan proses pemasangan yang sangat sulit.

Bahkan Anda memerlukan teknisi khusus untuk melakukan pemasangan pipa ini dengan benar. Hal yang paling sulit untuk memasang pipa ini adalah proses pemotongannya yang lebih akurat.

Sementara untuk pemotongannya sendiri juga diperlukan alat khusus yang hanya dimiliki oleh teknisi tertentu. Bahkan untuk proses pemasangan pipa ini juga memerlukan pengamanan.

Baca juga: 3 Jenis Pipa Baja Karbon di Pasaran dan Keunggulannya

4. Pipa Tembaga

Pipa ini dijual dengan harga yang sangat mahal karena terbuat dari bahan tembaga. Namun dibalik mahalnya itu, terdapat keunggulan yang tidak dimiliki oleh jenis pipa lainnya. Keunggulannya tersebut adalah anti karat, anti bakteri, dan tahan lama. 

Biasanya pipa tembaga ini digunakan untuk saluran air kulkas, AC, atau juga air bersih. Untuk jenis pipa tembaga sendiri sangat beragam mulai dari batangan yang memanjang, gulungan, hingga spiral.

5. Pipa Air PEX

Jenis pipa ini digunakan untuk saluran air panas dan air dingin di dalam rumah. Pipa PEX memang sangat kuat terhadap cairan yang bersuhu tinggi maupun dingin. Untuk proses pemasangan pipa ini juga sangat mudah, bahkan lebih mudah dibandingkan dengan jenis pipa lainnya.

Sebenarnya masih banyak jenis pipa yang ada di pasaran, namun hanya kelima jenis pipa itulah yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk memperoleh berbagai jenis pipa yang beragam, Anda bisa membelinya di toko material yang lengkap.

Dari uraian di atas Anda sudah tahu kan apa itu pipa? Ya, material ini memang tidak asing lagi dengan kehidupan sehari-hari kita. Karena segala hal yang berhubungannya dengan air, pasti memerlukan pipa. Bagi Anda kesulitan untuk mencari berbagai jenis Pipa bisa cari di platform Indonetwork, B2B Marketpplace