Jenis Pipa Baja – Dalam dunia industri dan konstruksi bangunan, pipa mempunyai peranan yang sangat penting. Karena alat ini akan mengalirkan semua benda yang bisa dialirkan seperti fluida, gas, dan padatan. Salah satu jenis baja yang paling banyak dipakai adalah pipa baja karbon.

Pipa baja yang satu ini diklaim sangat kuat dan tidak mencemari benda-benda yang melewatinya. Untuk tingkat keawetannya sendiri, pipa baja bisa bertahan dalam waktu yang sangat lama dan tidak mudah keropos.

Dengan kemampuannya tersebut, bisa dikatakan kalau pipa baja karbon ini diklaim sebagai pipa baja terbaik untuk saat ini. Kondisi pipa ini akan tetap bagus meskipun telah digunakan dalam waktu lama tanpa perawatan.

Kenapa Harus Pakai Pipa Baja?

Tentu ada kelebihan lain yang dimiliki oleh pipa baja selain tingkat keawetannya yang sangat tinggi. Berikut ini adalah keunggulan lainnya dari pipa baja yang perlu Anda ketahui.

1. Anti Karat

Pipa baja dilapisi dengan seng, sehingga akan kuat terhadap korosi. Anda juga tidak perlu melakukan perawatan yang ekstra untuk membuat pipa baja tidak berkarat. Sehingga dalam perawatannya juga sangat mudah dan tidak perlu lagi biaya tambahan.

2. Tahan Banting

Karakteristik lainnya dari pipa baja yaitu tahan banting. Material baja yang dimiliki oleh pipa ini memang bisa bertahan dengan waktu yang cukup lama. Sehingga tidak akan mudah rusak meskipun dibiarkan bertahun-tahun tanpa perawatan.

3. Harganya yang Terjangkau

Pipa baja tergolong jenis pipa yang dijual dengan harga yang lebih terjangkau. Karena proses pembuatan pipa ini dilakukan oleh industri-industri besar, sehingga tidak perlu waktu lama. Meskipun dijual dengan harga murah, tapi tidak membuat pipa ini murahan. Pipa

Jenis Pipa Baja

Pipa baja juga dikelompokkan ke dalam beberapa jenis dan setiap jenisnya mempunyai karakteristiknya masing-masing. Untuk mengetahuinya, Anda bisa langsung mempelajari setiap jenisnya pada ulasan kami berikut ini.

1. Seamless Carbon Steel Pipes

Ini adalah jenis pipa baja karbon yang pertama ada. Jenis pipa Seamless Carbon Steel juga dibagi ke dalam dua tipe. Tipe yang pertama adalah ASTM SA 106 dan yang kedua adalah ASTM A 53.

Untuk tipe pipa seamless carbon steel yang pertama biasa digunakan untuk industri-industri besar. Misalnya adalah industri pembangkit energi dan industri perminyakan.

Pipa ini lebih sering digunakan di industri-industri besar karena memiliki ketahanan yang sangat kuat. Pipa ini mampu mengalirkan cairan yang tentu saja sangat panas dan bertekanan tinggi.

Baca juga: 7 Jenis Pipa Besi yang Banyak Digunakan Untuk Berbagai Industri

Seamless Carbon steel Pipes ASTM SA 106 ini juga terbagi ke dalam tiga klasifikasi lagi. Pengklasifikasian ini disesuaikan dengan bahan dan kekuatannya. Setiap jenis pipa ASTM SA 106 ini juga dipakai untuk beberapa industri yang lebih spesifik lagi.

Misalnya untuk pipa ASTM SA 106 dengan grade A biasa digunakan dalam industri pembangkit listrik tenaga uap. Untuk pipa ASTM SA jenis lainnya memiliki karakteristik yang berbeda.

Sementara untuk pipa ASTM A 53 lebih banyak dipakai dalam industri-industri yang berhubungan dengan saluran panas dan tekanan. Misalnya adalah industri penambangan gas bumi dan penyulingan. Industri ini sangat erat kaitannya dengan penyaluran cairan bertekanan dan bersuhu tinggi.

Anda bisa memperoleh jenis Seamless Carbon Steel Pipes disini.

2. Pipa API 5L Line dan A333 GR 3/6

Untuk pipa seamless Carbon Steel mungkin tidak akan banyak ditemukan di pasaran. Tapi untuk Pipa API 5L Line dan A333 GR 3/6 bakal banyak ditemukan di pasaran. Kedua jenis pipa ini juga mempunyai karakteristik yang berbeda-beda.

Pipa API 5L Line memiliki ketebalan sekitar 0,205 hingga 0,512 inch dan banyak ditemukan pada industri-industri perminyakan. Dengan ketebalan sebesar itu, pipa ini tidak akan mudah mengalami kerusakan. Pipa ini diklaim bisa bertahan hingga beberapa tahun.

Untuk Pipa A333 GR 3/6 pengklasifikasiannya hampir sama seperti Seamless Carbon Steel Pipes. Pipa ini terbagi ke dalam tiga golongan dengan tingkatan yang berbeda-beda. Tingkatan yang paling bagus biasanya dipakai di industri-industri pertabangan dan pabrik.

Anda bisa memperoleh jenis Pipa API 5L Line dan A333 GR 3/6 disini.

3. Pipa Jenis Baja Paduan

Pipa baja yang terbuat dari material yang berbeda-beda ini mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Baja yang terbuat dari karbon berfungsi untuk meningkatkan kekuatan baik dari sisi yield maupun ultimate.

Sementara untuk material silikon berfungsi sebagai deoxidizer. Material ini bisa mengangkat zat-zat oksigen yang terlarut, sehingga bisa terhindar dari porositas dan castability-nya juga akan meningkat.

Untuk meningkatkan ketahanan dari abrasi dan aus dari suhu tinggi biasanya pipa baja dicampur dengan material mangan.

Anda bisa memperoleh jenis Baja Paduan disini.

PIPA_BAJA

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai jenis pipa baja karbon yang sering digunakan dalam industri baik industri besar maupun kecil. Pipa baja ini sangat kami rekomendasikan karena selain harganya yang terjangkau, tapi kualitasnya juga sangat tinggi.

(Bahan Bangunan – Indonetwork)