Indonetwork, Bahan Kimia – Argon adalah salah satu gas mulia. Gas ini tidak berwarna dan tidak berbau yang inert terhadap zat lain. Kata Argon sendiri berasal dari Bahasa Yunani yang berarti ‘malas’ untuk mencerminkan betapa tidak reaktifnya gas tersebut, dan membentuk sedikit sekali senyawa. Gas ini adalah unsur kimia dengan simbol Ar dan nomor atom 18, dan merupakan gas paling melimpah ketiga di atmosfer (dan paling melimpah di kerak bumi) sehingga tidak sulit untuk menemukan distributor jual gas Argon. Simak uraian berikut ini untuk mengetahui sejarah dan apa saja manfaat ‘Si Malas’ ini.

Sejarah Gas Argon

Meskipun argon berlimpah di atmosfer bumi, gas ini baru ditemukan pada tahun 1894 ketika Lord Rayleigh dan William Ramsay pertama kali memisahkannya dari udara cair. Argon ditemukan sebagai hasil percobaan untuk menjelaskan mengapa kerapatan nitrogen yang diekstraksi dari udara berbeda dari yang diperoleh dengan dekomposisi amonia. Ramsay menghilangkan semua nitrogen dari gas yang dia ekstrak dari udara, dan melakukan ini dengan mereaksikannya dengan magnesium panas, membentuk magnesium nitrida padat. Dia kemudian meninggalkan gas yang tidak akan bereaksi dari ekstraksi tersebut dan ketika dia memeriksa spektrumnya dia melihat kelompok baru bergaris merah dan hijau, membenarkan bahwa itu adalah elemen baru, argon.

Jual Gas Argon Murah
Sumber: Wikimedia

Kegunaan Gas Argon

Gas Argon salah satu elemen yang paling umum digunakan dalam industri pengelasan karena memberikan atmosfer inert di mana logam yang dilas tidak akan teroksidasi. Namun, gas argon dapat digunakan di berbagai industri untuk sejumlah aplikasi.

Jual Gas Argon
Sumber: Study.com

1. Industri Kesehatan

Tahukah Anda bahwa argon digunakan secara luas dalam industri perawatan kesehatan? Laser Argon digunakan dalam pengobatan ablasi retina dan fototerapi retina bagi mereka yang menderita diabetes. Gas argon juga digunakan dalam operasi untuk mengelas arteri dan menghancurkan tumor. Alasan utama gas ini digunakan dalam bidang kesehatan adalah karena kemampuannya menargetkan area dengan presisi ekstrim.

Cryo-needles digunakan dalam pengobatan tumor ginjal, dan sebagai bagian dari prosedur, mereka didinginkan selama cryosurgery argon. Teknik medis ini dilakukan dengan menghancurkan jaringan yang sakit atau abnormal melalui pembekuan. Argon juga digunakan untuk mengobati masalah lebih lanjut, seperti aritmia jantung (perubahan ritme detak jantung). Gas mulia ini juga dapat ditemukan di refrigerasi, spektroskopi, dan inflasi airbag. Sedangkan laser ion argon digunakan dalam aplikasi yang mencakup kedokteran forensik dan mikroskop.

Baca Juga: KENALI GAS MEDIS RUMAH SAKIT DAN KEGUNAAN NYA

2. Penerangan

Argon digunakan dalam tabung neon dalam pencahayaan. Ketika listrik dilewatkan melalui argon maka akan menghasilkan cahaya ungu-biru. Saat mengisi daya, neon mulai memancarkan cahaya pada tegangan yang jauh lebih rendah. Cara ini dapat menghemat uang dengan cepat dan mulai menjadi gas pilihan untuk tujuan tersebut. Mirip dengan lampu neon, Argon juga digunakan dalam bola lampu pijar untuk mencegah oksidasi cepat dari filamen. Hal ini dapat memperpanjang umur bohlam.

3. Industri Makanan dan Minuman

Salah satu contoh kegunaan gas ini dalam bidang F7B adalah ditambahkannya argon ke tong anggur untuk menggantikan udara. Menjadi lebih padat daripada udara, ia mengendap di atas cairan yang melindungi anggur dari asam dan oksidasi.

4. Industri Manufaktur

Argon digunakan secara populer dalam industri pengelasan dan pengecoran, terutama dalam pembuatan paduan khusus dan pembuatan titanium. Gas ini juga digunakan sebagai gas pelindung selama pengelasan busur karena dapat melindungi logam yang sedang dikerjakan dari oksigen. Sedangkan dalam pembuatan baja dalam konverter, argon mengurangi kerugian kromium, yang berarti kandungan karbon yang diinginkan dapat dipenuhi pada suhu yang dikurangi dan lebih rendah. Dalam pembuatan aluminium, argon juga digunakan sebagai penghilang hidrogen dan degasifikasi.

5. Pelestarian Dokumen

Salah satu kegunaan paling menarik dari gas argon adalah pelestarian dokumentasi lama. Sifat inert dari gas argon berarti dapat memberikan atmosfer pelindung. Hal ini mencegah degradasi dan kerusakannya selama penyimpanan.

6. Perlengkapan Rumah

Argon juga sangat berguna di sekitar rumah. Gas ini digunakan untuk isolasi termal di jendela hemat energi – lebih khusus lagi, jendela berlapis ganda yang sangat umum di Inggris menggunakan argon untuk mengisi ruang di antara panel. Jika Anda ingin memeriksa apakah jendela Anda mengandung gas ini, cari dua lubang kecil di sepanjang bahan pengatur jarak. Lubang-lubang ini diperlukan dalam produksi pergantian gas, satu untuk memompa argon masuk, yang lain untuk memungkinkan udara didorong keluar saat gas masuk.

7. Selam Scuba

Gas mulia ini dapat digunakan sebagai insulasi pakaian kering untuk penyelaman air dingin. Ini karena argon bersifat inert dan memiliki konduktivitas termal yang rendah. Hal ini juga dapat digunakan dalam bentuk argox, yang merupakan nama informal yang diberikan untuk gas pernapasan scuba diving yang terbuat dari argon dan oksigen. Namun, aplikasi ini terbilang langka.

Baca Juga: MENGENAL GAS NITROGEN & MANFAATNYA

Masih banyak kegunaan Argon yang lain sehingga tidak mungkin untuk menyebutkan keseluruhannya. Gas inert lainnya dapat memenuhi beberapa fungsi argon – namun, argon sangat menarik karena hemat biaya dan melimpah. Gas ini membentuk hampir 1% dari atmosfer dan dapat diperoleh melalui produksi oksigen cair dan nitrogen cair.

Distributor Jual Gas Argon

PT. Cakrabuana Langgeng Sukses menyediakan berbagai pasokan gas argon untuk Anda gunakan. Tabung gas sekali pakai adalah alternatif hemat biaya untuk tabung gas rumahan atau ukuran industri yang stasioner, dan diproduksi dengan kualitas terbaik. PT. Cakrabuana Langgeng Sukses sendiri merupakan distributor jual gas argon dan gas medis lainnya yang juga menjual berbagai jenis bahan kimia untuk kebutuhan industri.

Author

Enable Notifications OK No thanks