Indonetwork, Peralatan Industri – Tahukah Anda bahwa sebagian besar udara yang dihirup adalah nitrogen? Tentu semua orang membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup, namun faktanya udara yang Anda hirup terdiri dari 78% nitrogen, 21% oksigen dan sejumlah kecil gas lainnya. Bisa dikatakan bahwa nitrogen memiliki peran penting untuk berbagai sektor kehidupan, sehingga tidak jarang toko yang jual gas nitrogen dapat Anda temukan dengan mudah di sudut jalan.

Nah untuk penjelasan kali ini kami akan memfokuskan tentang pemanfaatan nitrogen untuk kehidupan sehari-hari, simak terus informasi dibawah ini!

Apa Itu Gas Nitrogen?

Nitrogen adalah satu komponen utama dalam udara atau bisa juga termasuk kedalam elemen kimia yang berada pada tabel periodik dengan lambang N dan nomor atom 7.  Gas ini mudah Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari. Gas ini pertama kali ditemukan oleh seorang dokter berkebangsaan Skotlandia Daniel Rutherford di tahun 1772. Ciri dari nitrogen ini sendiri tidak berbau, tidak berwarna namun kehadirannya cukup penting untuk menopang kehidupan banyak makhluk. Gas nitrogen ini biasanya terdapat di berbagai unsur seperti tanah hingga udara. 

Setelah itu gas disimpan pada tabung yang terbuat dari baja ataupun aluminium dengan berbagai ukuran. Biasanya gas nitrogen terbagi menjadi 3 tingkatan kemurnian, seperti:

  • Welding Grade (WG)
  • High Purity (HP)
  • Ultra High Purity (UHP) dengan tingkat kemurnian 99,999%

Apa Itu Gas Nitrogen?

Apa Saja Manfaat Gas Nitrogen Bagi Kehidupan?

Gas nitrogen rupanya memiliki manfaat serbaguna dalam kehidupan sehari-hari yang tidak Anda sadari. Pemanfaatan nitrogen dalam dunia industri, tentunya melalui proses tertentu seperti memurnikan kandungannya terlebih dahulu. Berikut dibawah ini beberapa sektor yang memanfaatkan gas nitrogen:

1. Makhluk Hidup

Manusia maupun hewan tidak bisa langsung menyerap nitrogen dalam bentuk gas. Lalu, mengapa kandungan nitrogen dianggap penting untuk seluruh makhluk hidup? Hal ini dikarenakan nitrogen merupakan bagian penting penyusun asam amino untuk manusia, hewan maupun tumbuhan. Asam amino merupakan bahan penyusun protein dan asam nukleat seperti DNA, yang mentransfer informasi genetik ke generasi selanjutnya. Sehingga bisa dikatakan  bahwa nitrogen adalah bahan baku penyusun tubuh seperti otot, kulit, rambut, kuku, dan darah yang mengandung protein.

Hal utama yang paling sering Anda lihat adalah penggunaan gas nitrogen untuk keberlangsungan hidup, hal tersebut dapat dijabarkan seperti:

Manusia

Seperti Apa Wajah Manusia 100.000 Tahun Lagi? Halaman all - Kompas.com

Penggunaan nitrogen cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan manusia selain untuk untuk menjaga kestabilan tubuh, nitrogen juga membantu keberlangsungan kehidupan manusia dalam mengerjakan berbagai kegiatan industri dan berbagai kebutuhan sehari-hari.

Hewan

Mengapa Perlu Dilakukan Pelestarian terhadap Hewan yang Langka? Halaman all - Kompas.com

Pada hewan, senyawa nitrogen dibutuhkan untuk mengolah dan mensintesis protein berbagai makanan yang masuk ke dalam tubuh. Selanjutnya, hewan akan kembali menghasilkan kotoran yang kaya akan nitrogen.

Tumbuhan

Mengenal Ciri-Ciri Khusus pada Tumbuhan Berdasarkan Habitatnya - Semua Halaman - Kids

Pada tumbuhan, senyawa nitrogen yang masuk yaitu berbentuk amonia yang bermanfaat untuk menyerap protein dari unsur hara. Hal ini berguna untuk keberlangsungan hidup berbagai tanaman.

Baca juga: APA ITU TABUNG GAS OKSIGEN DAN MANFAATNYA UNTUK PASIEN COVID-19?

2. Pengemasan Makanan

Gas nitrogen tentu akan sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh manusia, akan tetapi hal ini akan sangat bermanfaat jika digunakan dengan dosisi yang wajar pada bahan makanan atau minuman. Biasanya Nitrogen ini digunakan untuk proses pembekuan dan pendinginan karena suhu ekstrim dari bahan kimia ini sangat berpengaruh pada cepat lambatnya pembekuan.

Pengemasan Pangan - Kajian Pengemasan yang Aman, Nyaman, Efektif dan Efisien (Part 1) - Pedia Ilmu

Tidak jarang penggunaan gas nitrogen dapat memudahkan manusia saat melakukan proses pengemasan makanan, karena senyawa nitrogen akan menghilangkan kadar oksigen di dalam kemasan dan menghambat pertumbuhan bakteri di dalamnya agar makanan di dalamnya tetap terjaga dan tahan lama.

Selain pada makanan, nitrogen juga dapat digunakan untuk pengawetan telur, sel sperma, darah, dan spesimen makhluk hidup lainnya.

3. Alat Transportasi

Kelebihan dan Kekurangan Transportasi Darat Bus Vs Kereta

Manfaat nitrogen juga dapat ditemukan pada alat transportasi. Senyawa nitrogen berguna untuk memompa ban mobil hingga pesawat udara. Hal ini secara langsung dapat mengurangi masalah ban yang disebabkan oleh uap air dan oksigen di dalamnya.

4. Industri Kimia

Bagi industri kimia, menggunakan gas nitrogen merupakan hal yang sudah sering dilakukan. Pada umumnya gas nitrogen digunakan untuk pressurising gas yang akan mendorong cairan pada pipa. Sehingga bisa dikatakan bahwa gas ini juga sangat berguna untuk melindungi oksigen dari bahan-bahan yang sangat sensitif di udara.

Rekomendasi Supplier Gas Nitrogen
Sumber: Istockphoto

5. Pemeliharaan Elektronik

Begini Cara Perawatan Barang Elektronik Agar Lebih Awet - Promedia Computer

Senyawa nitrogen berfungsi untuk menurunkan suhu benda dan pengganti argon pada bola lampu pijar. Selain itu gas nitrogen juga bermanfaat untuk pemeliharaan barang-barang elektronik dan TI lainnya. Nitrogen berfungsi untuk menghambat perpindahan panas yang terlalu berlebih akibat dari penggunaan tinggi. Nitrogen juga digunakan di dalam alat pendeteksi X-ray dan berbagai alat lainnya.

6. Membantu Proses Tambang

Pendataan Eksplorasi Tambang Kini Dilakukan Secara Digital

Manfaat nitrogen yang berikutnya yakni untuk membantu manusia pada industri pertambangan. Nitrogen dengan cepat mampu menghalau oksigen sebagai penyebab kebakaran atau pemanasan suhu.

7. Industri Medis dan Farmasi

Apoteker Harus Bersiap Menghadapai Tantangan Industri Farmasi Modern

Nitrogen juga memiliki peranan yang sangat penting di dalam industri medis dan farmasi. Hampir setiap rumah sakit akan menyediakan tabung gas nitrogen. Beberapa manfaat gas ini dalam dunia media diantaranya untuk membekukan darah, sel-sel sumsum tulang, embrio, sampel jaringan hidup, hingga sperma.

Selain itu dalam industri farmasi, nitrogen dapat dimanfaatkan sebagai transfer tekanan, oksidasi transfer tekanan, pengontrol suhu pada pendingin reaktor dan menjaga sampel biologis. 

Baca juga: KENALI GAS MEDIS RUMAH SAKIT DAN KEGUNAAN NYA

Rekomendasi Supplier Gas Nitrogen

Setelah Anda mengetahui pengertian dan manfaat dari gas nitrogen, tentu Anda telah mengerti bahwa elemen ini cukup banyak dibutuhkan oleh berbagai sektor kehidupan. Apalagi di masa pandemi, penggunaan nitrogen pernah menjadi pusat perhatian masyarakat.

PT. Cakrabuana Langgeng Sukses yang berdomisili di Bogor menyediakan produk gas industri, welding equipment, medical equipment yang berkualitas tinggi serta pelayanan yang ramah dan memuaskan. Silakan menghubungi perusahaan ini dan dapatkan penawaran harga yang menarik.

Editor: Muhammad Arsyah Al Bassam

Author

Enable Notifications OK No thanks