Indonetwork , Bahan Bangunan –  Dalam proses pembangunan hunian yang baik dan berkualitas, Anda tentunya harus memperhatikan berbagai elemen termasuk interior bangunan tersebut. Konsep bangunan akan mempengaruhi pemilihan jenis lantai yang akan digunakan. Usaha pengembangan dan eksperimen yang terus dilakukan menghasilkan beragam inovasi produk pelapis lantai yang modern dan tidak membosankan. Ini menjadi hal yang sangat menjanjikan bagi pengusaha property untuk terus mengembangkan usahanya salah satunya dengan jual lantai SPC. Mari simak apa itu lantai SPC dan keunggulannya dibanding dengan pelapis lantai lainnya.

Mengenal Lantai SPC

SPC atau Stone Plastic Composite merupakan jenis pelapis lantai vinyl yang telah mengalami pengembangan teknologi. Material ini sangat berguna untuk menghasilkan lantai interior yang berkualitas tanpa mengurangi nilai estetika lantai tersebut. Lantai SPC dapat diaplikasikan dalam beragam bangunan seperti showroom, rumah sakit, hunian, dan beragam fasilitas public. Lantai SPC sendiri digunakan untuk lantai vinyl yang menggunakan kalsium karbonat, PVC, dan stabilizer.

Baca juga: 7 tips sederhana mendekorasi rumah

Karakteristik Lantai SPC

Lantai SPC memiliki karakter yang berbeda dengan lantai vinyl. Lantai SPC ini terbuat dari komposit batu plastik yang kuat dan kokoh. Terdapat beberapa lapisan yakni UV Coating untuk melindungi lantai dari goresan dan noda. Kemudian wear layer yang berfungsi untuk melapisi bagian dalam. Terdapat pula vinyl top coat décor film yang merupakan bagian yang menampakkan corak pada lantai. SPC Core atau inti SPC yang dibuat dengan menggabungkan batu kapur dan stabilisator untuk menciptakan inti yang stabil dan tahan air. Dan underlayer yang terbuat dari foam untuk mengurangi suara ketukan dan menambah kelembutan pada lantai.

Lantai SPC Murah
Sumber: Rajawaliparket.com

Keunggulan Lantai SPC

Lapisan SPC dibuat untuk menopang lantai agar lebih aman dan tahan terhadap tekanan atau adanya goresan oleh benda tajam. Lantai SPC hadir dengan karakter yang lebih kokoh dan kuat karena lantai SPC dibuat dengan  beberapa lapisan. Lapisan-lapisan ini memiliki fungsi masing-masing yang menjadikan lantai ini memiliki kualitas yang unggul dibanding dengan lantai jenis lain.

Pada umumnya, lantai akan mengalami perubahan ukuran apabila ada perubahan suhu dan kelembaban. Hal tersebut wajar terjadi karena perubahan kondisi lingkungan, namun kondisi ini bisa saja merugikan kita sebagai pelaku usaha. Lantai SPC memiliki inti yang lebih padat dari lantai yang sama jenisnya. Lapisan inti inilah yang nantinya membuat lantai SPC lebih tahan terhadap perubahan bentuk dan reaksi-reaksi yang dapat muncul kapanpun tergantung dengan kondisi lingkungan di sekitarnya.

Baca juga: Manfaat dan Keunggulan Pintu Baja Motif Kayu

Perbedaan SPC dan Vinyl

1. Bahan Dasar

Lantai SPC terbuat dari material bebatuan yang dicampur dengan PVC dengan persentase 70% bebatuan dan 30% PVC. Dengan hal tersebut membuat lantai SPC memiliki durabilitas yang tinggi. Sedangkan Lantai vinyl merupakan jenis lantai yang terbuat dari PVC tanpa campuran dan banyak digunakan untuk bahan bangunan karena memiliki harga yang relatif terjangkau.

2. Estetika

Untuk tingkat estetika, lantai SPC dan vinyl tidak berbeda jauh karena memiliki variasi ragam corak dengan layer buatan. Berbeda dengan lantai kayu solid yang memiliki corak kayu natural atau bukan buatan.

3. Durabilitas

Lantai SPC memiliki durabilitas yang sangat tinggi, ini akibat dari penggunaan material batu sebagai bahan dasar. Lantai vinyl memiliki durabilitas yang baik juga, namun tingkat durabilitasnya masih dibawah lantai SPC.

4. Ketahanan terhadap Rayap dan Air

Lantai SPC dan lantai vinyl memiliki karakteristik yang sama yakni tahan rayap dan tahan air karena tidak ada sedikitpun material kayu dalam bahan dasarnya. Dengan kondisi ini, lantai SPC dan lantai vinyl cocok untuk dipasang di ruangan atau tempat yang lembab.

5. Pemasangan

Lantai SPC didesain dengan fitur penguncian di setiap sisi lembaran lantai. Hal ini akan membuat lantai SPC lebih kokoh dan kuat. Lantai SPC juga lebih sedikit menghabiskan lem sehingga mengurangi pengeluaran dan aman bagi kesehatan penghuni ruangan.

Sedangkan lantai vinyl sangat mudah untuk dipasang karena tidak perlu menggunakan pengunci di setiap sisi lantai. Lantai vinyl bisa langsung dipasang dengan menggunakan lem yang cukup banyak karena tidak terdapat sistem penguncian.

6. Harga

Dengan kualitas yang sudah terbukti, lantai SPC ditaksir lebih mahal ketimbang lantai vinyl. Ini sebanding dengan fitur-fitur yang disediakan oleh lantai SPC yakni bahan dasar yang awet dan tahan lama, tidak mengurangi estetika, dan kuat ketika dipasang di lantai. Sedangkan lantai vinyl memiliki harga yang terbilang cukup ekonomis karena bahan dasar PVC yang melimpah dan mudah untuk dijumpai.

Distributor Jual Lantai SPC Berkualitas

Ketika membahas soal estetika dan kenyamanan, yang menjadi pertimbangan adalah harga. Harga yang tinggi tentu akan memberikan jaminan estetika dan kenyamanan lebih. Namun, memilih lantai SPC dengan beragam variasinya tidaklah sesulit yang dibayangkan. Lantai SPC dapat memberikan fungsi dan kualitas yang baik namun dengan harga yang terjangkau. PT. Citra Royal Bintang jual lantai SPC yang berkualitas dengan harga kompetitif dalam persaingan bisnis material konstruksi dan interior. Perusahaan ini menghadirkan lantai SPC dengan desain menarik sehingga tidak mengurangi nilai estetika lapisan lantai tersebut.


Author

%d bloggers like this: