Indonetwork, Bahan Bangunan – Di Indonesia, terdapat banyak sekali perangkat konstruksi baik itu berupa perlengkapan hingga bahan-bahan yang selalu dibutuhkan guna menunjang fungsi dari sebuah bangunan. Salah satu bahan konstruksi yang diminati masyarakat yaitu bata tahan api karena bata tersebut memiliki kelebihan mampu menjaga suhu di sebuah ruangan agar tetap stabil. Bata tahan api ini sangat cocok digunakan untuk membuat public place (bangunan umum)  karena bangunan umum sering dikunjungi banyak orang sehingga dengan menggunakannya dapat meminimalisir dampak risiko kebakaran. Lagipula, di Indonesia kini telah banyak toko bangunan jual bata tahan api.

Gambaran Umum Bata Tahan Api

Bata tahan api adalah material anorganik berbahan dasar tanah liat. Material ini memiliki sifat natural atau sintesis dan memiliki daya tahan terhadap panas atau api dengan temperatur diatas 1000*C tanpa adanya proses peleburan atau perubahan bentuk.

Adapun komposisi penting dari bata tahan api di antaranya kaolin, shale, dan mineral lempung alam yang digunakan sebagai bahan dasar. Terdapat pula komposisi mangan kadar kecil, bauksit, aditif yang kemudian dicampurkan dengan tanah liat sehingga menghasilkan corak yang berbeda.  Selain itu juga terdapat kandungan barium karbonat yang dimanfaatkan untuk menciptakan ketahanan kimia bata dan berbagai macam senyawa lainnya berupa partikel yang berbentuk kelompok longgar yang membuat bata lebih tahan terhadap api. Terakhir, bata tahan api juga mengandung berbagai macam bahan pelapis yang mana dalam proses produksi bata tahan api mampu menciptakan lapisan yang khas seperti pasir yang teksturnya sedikit kasar.

Berbagai komposisi tersebut ditujukan untuk menjaga kestabilan suhu pada saat digunakan sehingga mampu digunakan secara maksimal. Untuk itu, bata tahan api sangat baik diaplikasikan pada sebuah bangunan. Utamanya pada bangunan yang rentan terjadi kecelakan yang diakibatkan oleh api atau yang bersumber panas yaitu seperti bangunan umum.

Baca Juga: 5 JENIS BATU BATA YANG BANYAK DIPAKAI MASYARAKAT INDONESIA

Jenis-jenis Bata Tahan Api

Jual Bata Tahan Api Murah
Sumber: Materialtahanapi.com

1. Basic FireBrick

Basic firebrick adalah jenis bata tahan api yang cocok digunakan untuk kebutuhan anti korosi dan bahan kimia. Basic firebrick memiliki fungsi sebagai bahan pengikat karena mengandung magnesia yang berjumlah tinggi dan mengandung kapur.

2. Acid Firebrick

Acid firebrick adalah jenis bata tahan api yang sering disebut sebagai bata tahan asam yang fungsi utamanya untuk menahan kandungan asam bahan kimia atau cuaca di sekitarnya. Bata jenis ini terbuat dari natural fire clay ditambah material silika sekitar 97% untuk ketahanan asam. Bata ini juga mengandung kapur 1-2% untuk tujuan pengikatan. Bata jenis ini dibakar pada suhu tinggi dalam waktu yang lama.

3. Netral Fire Brick

Netral firebrick adalah jenis bata tahan api yang memiliki fungsi sebagai pelapis asam dan basa. Netral firebrick ini memiliki ketahanan yang baik terhadap asap asam dan korosif.

Fungsi Bata Tahan Api

1. Meredam Panas

Fungsi pertama bata tahan api yaitu untuk meredam panas dan meratakan panas pada furnace. Bata tahan api menjadi prioritas dalam proses pembuatan tungku ataupun perapian. Sehingga fungsi bata tahan api sebagai meredam panas dan meratakan panas bisa langsung dirasakan oleh manusia. Contoh dalam kehidupan sehari-hari yaitu menggunakan bata untuk perapian membakar sate, ikan, dan daging.

2. Memaksimalkan Panas

Bata tahan api berfungsi untuk memaksimalkan panas karena mengandung bahan baku tipe chamotte ataupun fireclay yang berfungsi mengikat berbagai unsur maupun senyawa. Sehingga bata tahan api mampu memaksimalkan panas. Bata tahan api juga digunakan dalam sarana pelapisan awal pembuatan oven hingga proses first lining.

3. Sebagai Pelindung Sheel

Bata tahan api memiliki fungsi sebagai pelindung sheel terhadap hot gas, solution, catalyst, dan lain-lain. Fungsi ini memperlihatkan perlindungan sempurna yang nantinya akan memberi kualitas batu tahan api yang lebih maksimal.

4. Sebagai Proses Reduksi

Bata tahan api berfungsi melakukan proses reduksi heat loss dalam equipment tertentu. Proses reduksi batu tahan api merupakan fungsi terbaik dan sangat penting karena mampu memaksimalkan semua potensi dalam sebuah konstruksi.

5. Menjaga Kestabilan Suhu

Bata tahan api berfungsi menjaga kestabilan suhu di dalam equipment. Bata tahan api mampu menjalankan fungsi dan manfaatnya yang langsung bisa dirasakan oleh manusia. Bata tahan api bisa bertahan terhadap suhu yang sangat tinggi sekalipun, bahkan juga bisa bertahan pada perubahan suhu yang tidak beraturan terjadi secara mendadak atau disebut thermal shock resistance.

6. Menghemat Panas

Fungsi bata tahan api yang terakhir yaitu mampu menghemat panas. Proses penurunan suhu dilakukan secara perlahan.

Baca Juga: MENGENAL UKURAN BATA RINGAN UNTUK KEBUTUHAN KONSTRUKSI BANGUNAN

Pentingnya Bata Tahan Api untuk Bangunan Umum

Pemilihan material konstruksi bata tahan api untuk bangunan umum sangatlah penting. Hal tersebut disebabkan fungsionalitas bangunan umum yang diperuntukkan untuk masyarakat secara umum yang identik dengan pusat pelayanan masyarakat, pasar, kantor pemerintahan, rumah sakit, lembaga pendidikan, perhotelan, dan lain-lain.
Tidak sedikit dari bangunan-bangunan tersebut bertingkat tinggi dan memiliki ruang tangga darurat. Maka di sinilah pentingnya bata tahan api digunakan dalam pembuatan bangunan umum. Material tersebut dapat digunakan pada ruang tangga darurat agar tetap aman untuk dilewati oleh orang ketika gedung dalam keadaan bahaya.

Rekomendasi Toko Bangunan Jual Bata Tahan Api

Itulah beberapa uraian pada artikel kali ini, semoga memberikan manfaat bagi yang membacanya. Jika Anda sedang membuat bangunan atau berencana membangun bangunan tertentu dan tertarik memilih bata tahan api untuk dijadikan salah satu bahan konstruksi. Anda dapat membelinya di PT Ajitama jual bata tahan api Jakarta dengan harga termurah dan kualitas terbaik.


Author

%d bloggers like this: