Indonetwork, Mesin Alat Berat –  Umumnya perkebunan kelapa sawit sendiri dibudidayakan di pulau Sumatera dan Kalimantan karena masih memiliki lahan yang cukup luas. Sehingga tiap pengelola kelapa sawit membutuhkan distributor mesin pks untuk membantu kinerja buah kelapa sawit yang diolah menjadi bahan baku yang sesuai keinginan konsumen.

Minyak kelapa sawit merupakan salah satu bahan baku di dunia dengan beragam fungsi, bahkan bukan saja digunakan sebagai sumber bahan pangan akan tetapi Anda dapat menemukannya pada produk shampoo hingga pasta gigi. Nah untuk lebih mengenal mengenai industri kelapa sawit beserta pengolahan di pabriknya, yuk simak informasi dibawah ini!

Baca juga: 7 KOMPONEN PENTING MESIN PENGADUK SEMEN

Mengenal Pabrik Kelapa Sawit

Pabrik kelapa sawit (PKS) merupakan pabrik yang mengolah buah kelapa sawit segar sebagai bahan baku menjadi CPO (crude palm oil) yang nantinya menggunakan berbagai tahapan-tahapan proses pengolahan dari mulai stasiun penerimaan bahan baku, perebusan, pemipilan, pengempaan, pemurnian minyak.

Indonesia sendiri termasuk negara dengan perkebunan kelapa sawit dan pengelolaan kelapa sawit terbesar di dunia selama berpuluh-puluh tahun, bahkan kualitasnya sendiri telah diakui internasional. Sehingga cukup banyak produsen bahkan pemula bisnis kelapa sawit mencari distributor mesin pks yang berkualitas baik.

Terkadang masalahan dalam distributor mesin pks sendiri yaitu kualitas mesin bekerja kurang baik sehingga pengoperasiinya hingga hasil limbah kelapa sawit akan berdampak buruk bagi lingkungan sekitar maupun konsumen yang menggunakannya. Sehingga selain maintenance secara rutin Anda juga perlu memilih produk yang berkualitas baik.

Cara Kerja Mesin PKS

Mengenal Pabrik Kelapa Sawit
Sumber: Asian Agri

Secara singkatnya tahapan yang harus Anda lalui dengan mesin kelapa sawit supaya bekerja dengan baik menggunakan tahapan seperti berikut:

1. Penyortiran

Tahap ini buah kelapa sawit dipanen secara manual untuk menentukan buah mana yang layak untuk diproses ke tahap selanjutnya. Proses pemilihan dapat dikategorikan berdasarkan tingkat kematangan.

2. Sterilisasi

Setelah proses penyortiran selesai dilakukan, hal ini bukan hanya bertujuan untuk membersihkan buah saja, namun juga memiliki tujuan untuk memudahkan proses pengupasan yang akan dilakukan di tahap selanjutnya. 

3. Pengupasan

 Selanjutnya buah akan memasuki tahapan pengupasan atau pemisahan buah dari bijinya. Mungkin dahulu pengupasan buah menggunakan tahap manual oleh pekerja namun saat ini biji kelapa sawit didapatkan dengan mudah menggunakan mesin.

4. Pressing

Pressing dilakukan dengan proses di mana minyak akan diperas agar minyak dapat dikeluarkan secara optimal dari buah kelapa sawit tersebut.

5. Klarifikasi

Tahap ini sebenarnya Crude Palm Oil (CPO) telah berhasil didapatkan dari buah kelapa sawit. Hanya saja, masih diperlukan tahapan untuk membersihkan atau menyaring ulang minyak kelapa sawit agar didistribusikan dengan kualitas yang baik.

Mesin PKS Berdasarkan Stasiun Kerja

Mesin PKS Berdasarkan Stasiun Kerja

Setelah melihat sekilas cara kerja dari mesin pks selanjutnya Anda juga harus mengetahui stasiun atau tahapan lokasi kinerja pengolahan kelapa sawit. Sebelum memulai usaha ini sebaiknya terlebih dahulu mengetahui beberapa tahap dan stasiun yang harus dilalui karena prosesnya sendiri membutuhkan waktu yang cukup panjang. Selanjutnya mari kita lihat jauh kepada mesin pks beserta stasiunnya dari tahap awal hingga akhir.

1. Stasiun Penerimaan buah 

Lokasi ini digunakan sebagai penerimaan dan penimbunan kelapa sawit yang segar. Disini produk diolah dan  diproses lebih lanjut di pabrik minyak sawit serta proses pengisian ke cages, dan tempat melakukan sortasi buah sawit. Anda akan membutuhkan jembatan timbang, loading ramp hingga capstan.

2. Stasiun Rebusan Kelapa Sawit

Selanjutnya proses merebus buah sawit secara optimal dengan waktu, tekanan, suhu, dan sistem perebusan sesuai standar. Supaya mesin beroperasi sesuai prosedur yang dibutuhkan maka Anda juga akan membutuhkan panel control rebusan untuk menjaga kestabilan mesin.

3. Stasiun Penebah

Tahap ini berguna untuk merontokkan brondolan buah sawit dari tandan kelapa sawit, alat yang digunakan yaitu thresher drum yang terdapat plat kisi-kisi yang berfungsi untuk membanting tandan buah agar brondolan buah dapat rontok dan selanjutnya masuk ke mesin digester dan screw press.

4. Stasiun Kempa

Tahapan ini digunakan sebagai memeras CPO dari brondolan matang yang telah dilepaskan dari tandannya. Tahap ini membutuhkan alat seperti digester yang berfungsi sebagai melumatkan brondolan yang telah dirontokkan yang selanjutnya akan diekstraksi secara maksimal lalu terdapat  alat screw press untuk mengekstrak minyak sawit dari hasil proses digester.

5. Stasiun Pemurnian Minyak Sawit

Nah untuk memisahkan minyak dari kotoran dan unsur-unsur lain yang dapat mengurangi kualitas CPO dengan mengupayakan kehilangan minyak seminimal mungkin. Komponen utama dalam tahap ini yaitu vibro separator, Continuous Settling Tank, Oil Purifier, Sludge Centrifuge, dan Vacuum Oil Drier. 

6. Stasiun Pabrik Biji

Stasiun ini bekerja untuk mengolah ampas yang terdiri dari serabut dan biji. Serabut dijadikan bahan bakar ketel uap, sedangkan biji diolah lebih lanjut di Nut Cracker / Ripple Mill. Sehingga Anda mendapatkan biji utuh yang murni terlepas dari beberapa komponen pendukung dan pelapisnya. Tidak lupa pada tahap ini juga kelapa sawit harus dibersihkan terlbih dahulu dan dipantau pergerakan mesinnya menggunakan panel control sterilizer agar kinerja bekerja secara maksimal.

7. Stasiun Pengolahan Air

Selanjutnya pada tahap ini proses dilakukan untuk mengurangi atau menghilangkan garam dan kotoran dan gas yang terlarut maupun tidak terlarut dalam air. Air yang masuk ke dalam boiler (ketel uap) juga harus melalui water treatment station ini.

 

Jika proses sudah dilakukan sesuai dengan prosedur pastikan untuk melakukan maintenance mesin dengan waktu berkala dan tenaga khusus, karena satu kerusakan kecil terkadang dapat berpengaruh pada elemen lainnya bahkan akan menghambat kinerja produksi buah kelapa sawit.

Baca juga: JENIS & FUNGSI MESIN PRESS

Distributor Mesin PKS

Tentu setelah membaca informasi diatas, Anda akan mengetahui sangat banyak komponen dari mesin pks yang harus Anda penuhi sehingga untuk membangun pabrik kelapa sawit memang tidak mudah dan tidak murah. 

Anda membutuhkan distributor mesin pks berkualitas baik dengan harga yang terjangkau. Percayakan kebutuhan Anda pada PT. Prima Tata Daya yang berdiri sejak tahun 2005 dan berlokasi di Medan. Silakan melakukan konsultasi terlebih dahulu pada pelayanan kami untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.


Author

%d bloggers like this: