Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Salah satu cara supaya permukaan stainless steel terlihat bagus dan anti karat adalah dengan cara mengecatnya. Karena material ini permukaannya licin, tentu saja akan membuat Anda kesulitan mengecatnya. Lalu seperti apa cara mengecat stainless steel?

Jika Anda tidak tahu caranya, maka ketika proses pengecatan akan lebih sulit karena cat tidak akan menyatu dengan permukaan stainless steel. Tapi jika Anda tetap ingin material steel ini terlihat lebih menarik maka tetap harus melakukan pengecatan.

Sebelum melakukan pengecatan, pastikan bahwa stainless steel yang digunakan punya kualitas terbaik. Untuk mendapatkan kualitas seperti ini, Anda bisa membelinya di distributor stainless steel.

Cara Mengecat Stainless Steel

Berikut ini adalah langkah-langkah cara mengecat stainless steel yang harus Anda lakukan untuk mengecat material stainless steel.

1. Beli Cat dan Wax yang Berkualitas

cara mengecat stainless steel
Sumber: id.motor1.com

Hal pertama yang tentu saja harus Anda persiapkan adalah cat yang berkualitas dan cat yang dipakai adalah cat minyak. Anda dapat memakai cat semprot, kuas, atau roll sesuai dengan tekstur yang diinginkan.

Jangan lupa juga untuk membeli cat primer untuk membantu merekatkan cat ke stainless steel. Cat primer sangat cocok dipakai untuk banyak arna, hanya saja jika akan cat stainless steel berwarna gelap, Anda bisa memilih cat primer yang lebih gelap.

Selain cat, Anda juga memerlukan wax yang biasa dipakai untuk memoles logam. Anda dapat menanyakan tipe wax yang cocok untuk cat stainless steel ketika membelinya di toko bahan bangunan. Wax ini akan dipakai setelah selesai pengecatan untuk perlindungan akhirnya.

Baca Juga: Cara Mengkilapkan Stainless Steel agar Kinclong Kembali

2. Gores Permukaan Stainless Steel

harga plat stainless tebal 3mm | Harga Toko Besi ASIA
Sumber: pramanabaja.com

Jika stainless masih baru dan belum banyak dipakai, Anda harus menggoresnya terlebih dahulu. Cara mengecat stainless steel ini perlu dilakukan mengingat permukaan stainless steel itu sangat halus dan cat akan sulit menempel.

Dengan adanya bekas goresan, maka cat bisa menempel pada permukaan stainless steel. Jika memang diperlukan, Anda harus mengamplasnya terlebih dahulu supaya tidak benar-benar terlihat rusak.

Anda dapat menggunakan mesin amplas yang biasa di toko bangunan atau tempat penyewaan alat teknik. Jika tidak ada mesin amplas, Anda dapat menggunakan spons kawat dan gosok permukaan stainless hingga menghasilkan bekas goresan.

3. Bersihkan Permukaan Stainless Steel

Cara Cuci Dapur | Desainrumahid.com
Sumber: desainrumahid.com

Anda juga harus membersihkan bekas minyak, kotoran, atau debu yang menempel pada permukaan stainless steel. Gunakan pembersih khusus atau degreaser yang dapat Anda pakai di toko bahan bangunan.

Jika memakai pembersihkan, perhatikan waktu yang diperlukan untuk proses pengeringannya. Tunggu hingga benar-benar kering sebelum mengecat stainless steel.

Baca Juga: 5 Cara Membersihkan Stainless Steel yang Berkarat

4. Aplikasikan Cat Premier

Belkote Luncurkan Cat Dasar untuk Stainless Steel dan Aluminium
Sumber: id.motor1.com

Untuk mendapatkan hasil yang bagus, pastikan Anda untuk menyemprotkan cat primer ke permukaan stainless steel. Anda dapat memakai kuas, hanya saja akan ada bekas-bekas garis di permukaannya.

5. Mulai Pengecatan

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengecat stainless steel. Lakukan langkah ini setelah cat primer benar-benar kering. Jika suka bekas-bekas garis atau tekstur kuas, Anda bisa menggunakan lap untuk menambahkan teksturnya.

cara mengecat stainless steel
Sumber: WikiHow

Jika sudah berhasil dicat, tunggulah beberapa saat hingga cat benar-benar kering dan melangkah ke tahap selanjutnya. Jika sudah benar-benar kering, Anda bisa membersihkannya dan lindungi dengan wax.

Baca Juga: 6 Cara Mengasah Pisau Stainless Steel Tanpa Pakai Batu Asah

Itulah beberapa langkah cara mengecat stainless steel yang dapat Anda coba sendiri. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kami sarankan untuk menggunakan cat yang disemprotkan. Dengan begitu tidak akan ada bekas kuas atau roll pada permukaan stainless steel setelah dicat.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks