Indonetwork, Peralatan Industri – Sparepart logam merupakan benda yang mudah berkarat jika tidak disimpan dengan tepat. Tentunya, ini menjadi masalah bagi Anda yang memiliki sparepart kendaraan dan mesin penting.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena sekarang hadir VCI paper dan VCI plastic yang menjadi solusi untuk mencegah karat pada sparepart dan benda-benda lain ketika disimpan dalam waktu lama.

Lalu, apa itu VCI paper dan VCI plastic? Berikut Indonetwork sajikan rangkuman lengkapnya.

Apa Itu VCI Paper dan VCI Plastic?

kertas VCI plastik VCI anti karat
Sumber: PT Persada Silver

Kertas VCI atau VCI paper adalah bahan kemasan kering yang dirancang untuk melindungi sparepart dari logam besi ()baja, aluminium, kuningan, tembaga, seng) maupun non-besi.

Sementara plastik VCI atau VCI plastic merupakan plastik polyethylene yang ditambahkan VCI ke dalam massa plastik ketika proses pembuatan. Keduanya merupakan pembungkus yang efektif untuk mencegah korosi tanpa mengubah tampilan atau sifat logam.

Mungkin Anda masih bingung dengan apa itu VCI? VCI atau disebut juga “volatile corrosion inhibitor”, “vapor corrosion inhibitor”, “vapor phase corrosion inhibitor” merupakan bahan kimia yang mampu memberi perlindungan terhadap korosi pada benda dan peralatan logam, baik di bagian luar maupun dalam.

Sebenarnya, teknologi VCI versi sederhana sudah diaplikasikan sejak tahun 1940 di berbagai industri di Amerika. Mereka menggunakan VCI untuk melapisi produk yang rawan berkarat dan korosi seperti komponen mesin dan senjata, ketika akan didistribusikan ke kota lain.

Kemudian baru pada tahun 1979, VCI mengalami penyempurnaan dan inovasi oleh Northern Technologies International Corporation (NTIC), perusahaan manufaktur dan pemasaran produk penghambat karat dan korosi asal Amerika.

VCI Paper dan VCI Plastic Terbuat dari Apa?

VCI paper kertas anti karat
Sumber: PT Persada Silver

Bisanya, VCI terbuat dari campuran senyawa kimia natrium nitrit, disikloheksil amonium nitrit, benzotriazole, sikloheksilamin benzoat, dan disikloheksil ammonium benzoat. Selain hadir dalam bentuk kertas, VCI juga tersedia dalam bentuk cairan, tablet, bubuk, perekat, plastik atau film majemuk.

VCI dianggap sebagai teknologi mutakhir karena fungsinya yang sangat bermanfaat. Teknologi VCI bekerja mencegah oksigen, suhu lembap, dan reaktor korosif lainnya memengaruhi benda yang terbungkus atau terlapisi di dalamnya. Sehingga dapat menghambat proses korosi.

Lalu, bagaimana VCI kertas dan VCI plastic bekerja melindungi benda yang dibungkus?

Baca Juga: Cara Menghilangkan Karat pada Motor dengan Bahan Sederhana

Cara Kerja VCI Paper dan VCI Plastic sebagai Pelindung Anti Korosi

cara menggunakan VCI paper kertas anti karat
Sumber: PT Persada Silver

VCI paper dan VCI plastic hadir untuk turut mewujudkan lingkungan yang protektif pada setiap komponen atau sparepart mesin-kendaraan, serta benda logam lain di mana pembungkus ini digunakan. Di pasaran, Anda dapat menemukan kertas VCI dan plastik VCI anti karat dalam bentuk lembaran atau gulungan roll.

Ketika benda dibungkus atau ditutup dengan kertas atau plastik VCI, VCI akan aktif dan mengisi ruang uap di dalam kemasan. Molekul VCI membentuk lapisan pelindung tipis pada permukaan benda logam yang menggantikan kelembapan. Dengan begitu dapat menghambat proses korosi dan karatan oleh oksigen, air, dan kontaminan lainnya.

Lalu, adakah perlakuan khusus ketika akan menggunakan sparepart yang disimpan dalam kertas VCI dan plastik VCI? Setelah sparepart dikeluarkan dari kertas atau plastik VCI, sparepart bisa langsung digunakan tanpa perlu dibersihkan. Nantinya, komponen VCI akan hilang dengan sendirinya secara perlahan.

Untuk memberi perlindungan maksimal, VCI tidak memerlukan sumber listrik yang konstan seperti yang diperlukan untuk sistem dehumidifikasi. Sehingga dapat menghemat waktu, uang, penggantian suku cadang, minim klaim garansi, dan perlindungan yang lebih menyeluruh.

Umur PerlindungaN

VCI plastic plastik anti karat
Sumber: PT Persada Silver

Umur simpan benda yang dibungkus kertas VCI dan plastik VCI pun cukup lama. Jika VCI yang digunakan untuk mengemas disegel lagi dengan benar menggunakan kantong Mylar atau plastik lainnya, kertas VCI dapat aktif di dalam kemasan hingga 2 tahun.

Melihat kemudahan dan efisiensi dari VCI paper dan VCI plastic di atas, tentu kedua produk ini sangat membantu mencegah korosi hingga jangka panjang pada aset berharga. Cara menggunakannya pun mudah, tinggal masukkan aset atau sparepart ke dalam plastik VCI atau kemas seluruh sparepart menggunakan kertas VCI dan tutup rapat-rapat.

Jika melihat senyawa kimia yang digunakan untuk membuat VCI sebelumnya, mungkin Anda bertanya-tanya apakah VCI aman untuk kesehatan?

Apakah VCI Paper dan VCI Plastic Berbahaya?

VCI plastic dan VCI paper kertas anti karat plastik anti karat
PT. Persada Silver

Secara umum kertas VCI dan plastik VCI aman bagi lingkungan. Keduanya juga dapat didaur ulang serta dapat digunakan kembali. Kertas VCI dan plastik VCI bersih tidak berbahaya dan tidak beracun. Produk ini memiliki standar sertifikasi SGS dan memenuhi arahan RoHS.

Baca Juga: Tips Merawat Pipa Besi Agar Tidak Mudah Berkarat dan Awet

Rekomendasi Distributor VCI Paper dan VCI Plastic

PT Persada Silver adalah distributor resmi VCI paper dan VCI plastic sejak tahun 2010. Mereka berfokus pada penyediaan berbagai produk pencegahan korosi, termasuk produksi minyak pencegah karat (oil anti rust) yang tidak lengket untuk menambah divisi penyerap kelembaban.

PT Persada Silver telah bergabung bersama tim BRANOguard dan siap menjadi solusi bagi perusahaan Anda dalam menangani masalah korosi. Keahlian tim mereka di bidang penanganan anti karat didukung oleh laboratorium kelas pertama yang dijalankan oleh para staf ahli. Ingin konsultasi dan pemesanan? Hubungi PT Persada Silver sekarang.

Enable Notifications OK No thanks