Indonetwork, Otomotif - Tidak bisa dimungkiri, karat bisa muncul pada bagian-bagian tertentu body motor, seperti knalpot, rem, velg, rantai, rangka, hingga swingram. Biasanya, karat pada motor muncul setelah dua tahun pemakaian. Usia tersebut bukan waktu sebentar untuk motor mengalami berbagai peristiwa, perbaikan, dan cuaca yang membuat bagian-bagian motor berubah. Namun, itu bukanlah masalah besar, karena ada cara menghilangkan karat pada motor yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan bahan-bahan sederhana.

Merawat kendaraan untuk memperpanjang usia pakai tidak cukup hanya dengan mencucinya atau mengganti filter oil motor. Namun, menghilangkan karat pada motor juga bagian dari perawatan motor yang esensial. Selain membantu memulihkan fungsinya secara optimal, motor juga akan lebih keren dipandang karena bebas karat. Jadi, jika rangka atau bagian motor yang karatan masih berfungsi dengan baik, Anda tidak perlu buru-buru menggantinya. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan sederhana yang ada di sekitar untuk merontokkan karat. Nah, berikut uraian lengkapnya.

penyebab karat pada motor

penyebab karat pada motor
Sumber: MotoDeal

Selain perubahan cuaca, ada beberapa faktor yang bisa membuat rangka motor menjadi karatan, di antaranya:

Air Laut

Perlu Anda ketahui, air laut adalah salah satu penyebab motor berkarat. Kenapa air laut menyebabkan karat? Karena air laut memiliki garam yang dapat bersifat korosif, sehingga bisa menyebabkan terjadinya korosi atau pengkaratan. Selain kontak dengan air laut secara langsung, Anda juga harus berhati-hati karena udara yang ada di laut yang tertiup ke daratan juga akan membuat motor korosi alami. Hal ini perlu diperhatikan oleh Anda khususnya yang tinggal di daerah pesisir.

Genangan air yang kotor

Penyebab karat pada motor selanjutnya adalah genanan air yang kotor. Air dan mineral yang ada di lubang jalanan dan membentuk genangan air dapat menyebabkan karat pada motor. Itulah mengapa Anda perlu menghindari lubang dengan air menggenang. Bukan hanya agar motor tidak kotor, melainkan juga untuk mengurangi faktor penyebab sparepart motor menjadi karatan.

Air hujan

Seperti yang kita ketahui, air hujan mengandung asam. Hal ini dapat menimbulkan karat yang akan membuat komponen besi dan logam di motor Anda cepat terkikis atau rusak. Apabila di biarkan dalam waktu yang lama dan diguyur hujan terus menerus.

Baca Juga: Fungsi, Komponen, dan Cara Merawat Bearing Mesin

cara mudah menghilangkan karat pada motor

cara menghilangkan karat pada motor
Sumber: revzilla.com

Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan dan cara berikut ini untuk merontokkan karat pada sparepart motor.

mengoleskan Oli bekas

Jika Anda mempunyai oli bekas sebaiknya jangan dibuang karena oli bekas dapat menghilangkan karat pada motor. Cara menggunakan oli bekas ini cukup mudah oleskan oli pada bagian motor yang berkarat,setelah itu nyalakan mesin motor dan tunggu 1-2 menit, dengan begitu panas mesin dapat menghilangkan karat pada motor.

Manfaatkan Cuka di rumah

Ternyata ada, loh, barang di rumah yang dapat digunakan untuk menghilangkan karat yaitu cuka. Di sini Anda bebas menggunakan cuka jenis apa saja, bisa cuka apel ataupun cuka putih. Perlu Anda garis bawahi, cuka memiliki kandungan asam tinggi yang mampu dapat menghilangkan karat pada motor.

Jika Anda memilih cara ini, hal yang pertama yang harus Anda lakukan adalah rendam sparepart motor menggunakan cuka semalaman. Setelah itu sikat pada bagian yang karat.

Gunakan Rust Remover

Cara menghilangkan karat pada motor selanjutnya yaitu menggunakan cairan anti karat atau biasa disebut juga rust remover. Cairan anti karat adalah produk pembersih yang  biasa digunakan untuk membersihkan kerak air dan karat besi. Di lain sisi rust remover juga dapar membersihkan karat pada motor. Cara menggunakan rust remover ini cukup mudah, semprot atau oleskan cairan anti karat tersebut pada bagian motor yang berkarat dan diamkan selama satu menit, selanjutnya gosok menggunkan lap (disarankan menggunakan lap microfiber).

Pasta gigi

Manfaat pada pasta gigi ternyata dapat mengihilangkan karat pada motor. Tak hanya itu pasta gigi memiliki kandungan yang dapat mengangkat karat membandel sekali pun. Pada cara kali ini mudah sekali yaitu oleskan pasta gigi pada bagian motor yang berkarat lalu tunggu beberapa saat, setelah itu ulangi cara ini hingga karat pada motor hilang.

Baking Soda

Pada kali ini baking soda bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan karat pada motor. Cara menggunakan baking soda untuk pembersih ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu melarutkan baking soda dengan air lalu oleskan ke bagian motor yang berkarat. Jika menurut Anda hasilnya belum maksimal Anda boleh menambahkan perasan air jeruk nipis. Air jeruk nipis di campurkan ke dalam larutan baking soda kemudian oleskan campuran tersebut ke bagian motor yang berkarat setelah itu diamkan beberapa menit.

Baca Juga: Kapan Filter Oli Motor Harus Diganti dan Cara Merawatnya

Tips mencegah munculnya karat pada motor

cara mencegah karat pada motor
Sumber:
Start Rescue

Karat bisa menjadi sesuatu hal yang menyebalkan. Hal ini dikarenakan jika dibiarkan saja, masalah tersebut dapat merusak bagian-bagian pada motor itu sendiri. Oleh karena itu, perawatan motor diperlukan pada bagian yang berkarat untuk mempertahankan fungsinya secara maksimal. Anda bisa menyimak 3 cara untuk mencegah karat pada motor berikut ini.

Segera bersihkan motor setelah kehujanan

Salah satu penyebab motor berkarat adalah air hujan. Cuci motor saat hujan setelah itu gunakan lap dengan kering agar motor anda tidak mengalami korosi.

Memakai semprot anti karat

Untuk cara mencegah karat pada motor adalah melumasi atau menyemprot bagian yang berkarat dengan cairan anti karat dan pelumas rantai. Aplikasikan secara berkala, namun jangan terlalu sering untuk menghindari pengelupasan lapisan sparepart.

Gunakan amplas

Jika karat pada motor yang muncul sedikit, Anda bisa mengatasinya dengan menggosokan bagian yang berkarat menggunakan amplas. Pastikan pilih amplas yang halus. Dengan menghilangkan karat yang sedikit, maka peluang karat tersebut untuk menyebar semakin kecil. 


Dari uraian di atas, salah satu bahan untuk menghilangkan karat motor yaitu dengan cairan anti karat. Anda bisa menghubungi CV. Coriundo Central Chemika untuk mendapatkan cairan anti karat. Mereka adalah produsen bahan kimia dan distributor berbagai kebutuhan industri yang berdiri pada tahun 2004. Beberapa produk perawatan kendaraan dan mesin, hingga bahan industri lainnya yang disediakan mulai dari oli kompresor, disinfectant cleaner concetrate, oli draco lube, hingga resin purolite. Anda bisa berdiskusi lebih dulu dan membuat penawaran khusus dengan CV. Coriundo Central Chemika.

Penulis: Muhammad Nabil Musyary dan Langgeng Irma Salugiasih

Editor: Langgeng Irma Salugiasih

Enable Notifications OK No thanks