Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Tidur merupakan bagian dari gaya hidup sehat yang harus dilakukan sehari-hari. Untuk itu, mengetahui pola tidur yang baik akan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Tetapi apabila seseorang mengabaikan pola tidurnya, akan berdampak pada kesehatan tubuh maupun mentalnya seperti mudah lelah, stres, cemas, bahkan yang paling berbahaya dapat menimbulkan penyakit kronis. Salah satu hal yang diabaikan padahal penting untuk memiliki pola tidur yang baik adalah pemilihan jenis bantal. Karenanya, saat ini tidak sulit menemukan produsen jual bantal silikon hotel sehingga masyarakat bisa mendapatkan bantal yang bagus untuk meningkatkan kualitas tidurnya.

Tanda-tanda tidur Anda Berkualitas

Banyak orang yang mungkin tidak tahu atau tidak peduli dengan pola tidur mereka. Meskipun pola tidur seseorang tidak bisa disamakan antara satu orang dengan yang lainnya karena aktivitas dan kondisi tubuh tetapi paling tidak kita mengetahui bagaimana tidur yang baik itu kemudian bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kita. Mungkin beberapa orang nyaman dengan tidur 8 jam, ada juga yang bisa tidur kurang dari 8 jam atau bahkan bisa lebih dari 8 jam per hari. Tetapi berdasarkan riset kesehatan untuk orang dewasa durasi tidur yang bagus di antara 7-9 jam per hari. Selain durasi tidur, ada beberapa tanda-tanda untuk mengetahui apakah kualitas tidur Anda sudah baik atau belum. Berikut ini tanda-tanda Anda mendapatkan tidur yang baik.

  1. Tidak dibutuhkan waktu lama untuk bisa tertidur. Saat posisi Anda sudah berbaring di tempat tidur, Anda langsung bisa tertidur.
  2. Anda dapat memenuhi kebutuhan tidur selama 7-8 jam per hari secara teratur.
  3. Anda bisa tertidur dalam waktu 15-20 menit semenjak Anda berbaring untuk tidur.
  4. Tidur dengan nyenyak, tidak mendengkur, tidak mengalami kesulitan dalam bernapas, tidak merasa gelisah atau mengalami gangguan tidur lainnya yang membuat Anda terus terbangun tengah malam.
  5. Saat bangun tidur, Anda merasa segar dan tenaga Anda seperti sudah terisi kembali untuk menjalani aktivitas sepanjang hari.

Baca juga: VARIAN JENIS BANTAL YANG ADA DI HOTEL

Cara meningkatkan kualitas tidur

1. Melakukan olahraga dengan teratur

Melakukan olahraga dengan teratur dapat meningkatkan kualitas tidur Anda. Olahraga yang teratur membantu Anda agar tidur lebih cepat dan tidur dengan nyenyak. Tetapi, Anda juga perlu memperhatikan waktu olahraga yang Anda lakukan. Jika melakukan olahraga yang berat mendekati jam tidur, hal ini malah akan mengganggu tidur Anda. Pasalnya, dengan olahraga berat tubuh Anda akan merangsang untuk melepaskan hormon stres (kortisol) yang dapat mengakibatkan tubuh Anda tetap terjaga dan tidak mengantuk. Waktu olahraga yang baik yaitu pada pagi hari atau sore hari. Anda dapat menyesuaikan waktu olahraga dengan kesibukan Anda yang lain.

2. Perhatikan makanan dan minuman sebelum tidur

Jangan tidur dalam keadaan lapar karena dapat mengganggu kualitas tidur Anda. Anda bisa saja tiba-tiba terbangun di tengah malam karena kelaparan. Akan tetapi jika Anda makan secara berlebihan sebelum tidur juga tidak baik. Berdasarkan riset Pusat Pengendalian Penyakit di Amerika atau Centers for Disease Control (CDC), makan malam terlalu mepet dengan waktu tidur tidak baik untuk kesehatan. Apalagi jika Anda mengkonsumsi makanan dalam porsi yang banyak dan menunya serba pedas, berlemak, berminyak atau bersantan, karena makanan-makanan tersebut bisa menyebabkan perut mulas di tengah malam. Anda disarankan untuk makan malam lebih cepat agar tubuh memiliki cukup waktu untuk mencerna makanan. Batasi waktu makan terakhir paling lambat dua jam sebelum tidur. Jika timbul rasa lapar pada malam hari, pilihlah makanan ringan dan cukup untuk mengganjal perut.

3. Buat pola tidur yang teratur

Untuk meningkatkan kualitas tidur hentikan aktivitas yang dapat menyebabkan Anda begadang. Atur jadwal tidurmu dan rutin dilakukan setiap hari. Rutinitas ini akan melatih otak Anda secara bertahap agar tubuh mampu beradaptasi. Tetapi, jika Anda ingin tidur siang, jangan lebih dari 20 menit dan lakukan sebelum sore hari.

Jual Bantal Silikon Hotel
Sumber: Pixabay.com

4. Ciptakan kamar tidur yang nyaman

Biasanya tidur kita akan menjadi nyaman saat lingkungan tempat tidur terasa nyaman. Suasana tempat tidur yang nyaman akan membuat tidur lebih nyenyak. Anda bisa mematikan lampu atau membatasi pencahayaan menggunakan lampu yang sesuai saat Anda tidur. Hindari tidur pada lingkungan yang terlalu panas atau terlalu dingin agar tubuh Anda terasa nyaman. Jika perlu, Anda bisa menggunakan penyumbat telinga jika lingkungan kamar terlalu bising.

Bantal Silikon Hotel
Sumber: Indiamart.com

5. Pilih bantal yang nyaman

Sebagian orang menyepelekan pemilihan bantal yang digunakan untuk tidur. Padahal, dengan menggunakan bantal yang berkualitas akan meningkatkan kualitas tidur Anda. Adanya produsen jual bantal silikon hotel telah membantu kita untuk mendapat bantal yang bagus untuk meningkatkan kualitas tidur. Jenis bantal tersebut mengandung silikon fiber yang apabila dipegang akan terasa lembut dan apabila ditekan akan mudah kembali ke bentuk semula. Bantal silikon merupakan jenis bantal anti alergi, selain itu dikenal sangat aman dan higienis untuk kesehatan. Kelebihan lain bantal ini memiliki perawatan yang cukup mudah karena bisa dicuci menggunakan mesin cuci atau hanya dikeringkan di bawah sinar matahari.

Baca juga: 5 ALASAN BANTAL HOTEL TERASA NYAMAN

Rekomendasi Produsen Jual Bantal Silikon Hotel

Jika Anda tertarik memiliki bantal silikon hotel, Anda tidak perlu khawatir. Saat ini sudah tersedia produsen jual bantal silikon hotel dengan kualitas terbaik yaitu Raja Karpet Indonesia. Perusahaan ini telah melayani penjualan dari dalam maupun luar negeri. Untuk pengiriman ke luar negeri, perusahaan tersebut siap melayani mulai dari proses perizinan barang hingga pengiriman sampai ke negara tujuan.

KUNJUNGI INDONETWORK.CO.ID UNTUK MENDAPATKAN PRODUK PERALATAN RUMAH TANGGA LAINNYA

Author

Enable Notifications OK No thanks