Indonetwork, Peralatan Industri – Memiliki ruangan rumah dengan sirkulasi udara yang segar dan nyaman tentu menjadi idaman semua orang. Untuk mewujudkannya, Anda memerlukan Exhaust Fan atau Blower Fan. Sekarang sudah banyak merk exhaust fan terbaik yang bisa Anda pertimbangkan untuk mewujdukan ruangan yang bersih dan segar.

Exhaust Fan merupakan kipas angin yang berfungsi untuk mengeluarkan udara di dalam rumah dan menarik udara segar. Dengan kata lain, alat ini berfungsi untuk mengatur sirkulasi udara di dalam ruangan rumah supaya tetap sehat.

Alat sirkulasi udara ini banyak disandingkan dengan AC (Air Conditioner) karena sama-sama berfungsi untuk menyegarkan ruangan. Hanya saja Exhaust Fan tidak akan melembabkan ruangan rumah.

Jenis Exhaust Fan

Sebelum membahas lebih jauh tentang merk terbaik, Anda perlu tahu dulu beberapa jenis exhaust fan. Klasifikasi exhaust fan ini didasarkan pada penempatannya di dalam ruangan. Berikut ini adalah beberapa jenis exhaust yang banyak digunakan.

1. Exhaust Fan Dinding

Kipas angin dinding ini akan dipasang di dinding rumah yang berhadapan langsung dengan area terbuka. Exhaust fan jenis ini biasanya akan dipasang di kamar mandi atau dapur yang harus terhubung langsung dengan area yang terbuka.

2. Exhaust fan Jendela

Exhaust Fan yang satu ini akan dipasang di jendela kamar tidur maupun ruang tamu. Untuk memasang exhaust fan di jendela, pastikan kala kaca jendelanya harus memiliki ketebalan yang besar hingga 7mm.

4. Exhaust Fan Langit-Langit

Exhaust fan ini dipasang di langit-langit ruangan. Dalam pemasangannya, Anda harus menyesuaikannya dengan ruangan.

5. Exhaust Fan Eksterior

Exhaust fan yang satu ini akan dipasang diluar luar ruangan supaya tidak menghasilkan suara yang bising.

6. Exhaust Fan Kamar Mandi

Tipe exhaust fan ini biasanya akan dipasang di langit-langit atau dinding kamar mandi. Tujuannya yaitu untuk menyeimbangkan kelembaban yang terjadi di ruangan tersebut.

7. Exhaust Fan Dapur

Tipe blower fan ini menyerupai cooker hood yang berfungsi untuk menghilangkan aroma masakan yang menusuk.

8. Inline Exhaust Fan

Tipe ini didesain khusus untuk dipasang di dalam ruangan yang minim dengan ventilasi udara.

Baca juga: 3+ Merk Kipas Angin Terbaik dan Tahan Lama

Merk Exhaust Fan Terbaik

Dari sekian banyak exhaust fan yang bisa Anda gunakan, ada beberapa merk yang kami rekomendasikan. Produk dari merk-merk ini diklaim memiliki kualitas terbaik.

Merk apa yang kami rekomendasikan untuk exhaust fan di rumah Anda? Simak penjelasan di bawah ini.

1. Mitsubishi

Perusahaan jepang ini telah memproduksi banyak peralatan elektronik, salah satunya adalah exhaust fan. Salah satu model exhaust fan dari Mitsubishi ini adalah Wall mounted yang dipasang di dinding.

Jenis exhaust fan ini sangat cocok dipasang di dalam ruangan yang minimalis. Pade exhaust fan ini memiliki extra winglet fan pada baling-baling kipasnya.

Kipas ini diklaim mampu mengurangi fluktuasi putaran udara, sehingga tidak akan mengeluarkan suara yang bising. Untuk pemakaiannya sendiri juga sangat hemat konsumsi energi.

Exhaust fan ini juga tersedia untuk dipasang di langit-langit, salah satunya adalah Mitsubishi Exhaust Fan Ceiling Mounted Type. Kipas ini memiliki tenaga Winglet Fan terbaru supaya tidak bising ketika dinyalakan.

2. CKE

Exhaust fan yang selanjutnya kami rekomendasikan adalah CKE, salah satunya adalah CKE Stkmurd DBN. Produk pabrikan Eropa ini berfungsi untuk menjaga kelembaban ruangan dan mengatur sirkulasi udara.

Exhaust fan ini sangat cocok dipasang di sudut-sudut ruangan yang sempit. Misalnya adalah kamar mandi. Pasalnya exhaust fan ini memiliki daya serap yang tergolong kecil.

Selain itu produk ini tidak menghasilkan suara yang bising meskipun putaran kipasnya sangat tinggi. Jadi sangat cocok dipasang meskipun di ruangan yang kecil.

Salah satu produk exhaust fan dari CKE yang bisa Anda pertimbangkan adalah CKE Heksos yang dipasang di ruangan dapur.

3. KDK

Exhaust fan yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki ruangan yang kecil. Produk dari KDK ini memiliki ukuran yang kecil, sehingga tidak memerlukan banyak space untuk memasangnya.

Exhaust fan KDK Ceiling Mount memiliki ukuran sekitar 10 cm sehingga bisa dipasang di ruangan yang kecil. Tapi dengan ukuran sekecil itu, produk ini diklaim mampu menghisap udara ruangan yang cukup luas hingga 15 meter persegi.

Salah satu exhaust fan dari KDK yang bisa Anda pertimbangkan adalah EXHAUST FAN KDK 6 15AAQ1

4. Panasonic

Selain Mitsubishi, masih ada satu lagi merk Exhaust fan yang kami rekomendasikan. Ya, merk tersebut adalah Panasonic yang memang sudah terkenal dengan produk peralatan elektroniknya.

Exhaust fan dari Panasonic diklaim memiliki fitur high performance yang berfungsi untuk menghilangkan debu di dalam rumah. Fitur ini juga bisa menyembinangkan kelembaban di dalam ruangan, sehingga sangat cocok dipasang di dalam kamar mandi.

Selain memiliki fitur yang sangat bagus, desain dari exhaust fan Panasonic ini juga tampak modern dan minimalis. Sehingga sangat cocok dipasang di berbagai sudut ruangan.

Banyak varian exhaust fan yang bisa Anda pertimbangkan. Anda bisa cek informasi selengkapnya disini.

Demikianlah rekomendasi merk exhaust fan yang bisa Anda pertimbangkan ketika akan memilikinya. Pastikan untuk menyesuaikan dengan ruangan yang Anda miliki. Sesuaikan juga budget yang dimiliki, karena semakin kaya fiturnya semakin mahal harganya.

  • Penulis: Cecep S
  • Editor: Agus N