Pernah mendengar atau mencoba nasi tumpeng ?

Pasti sebagian orang pernah mencoba bagaimana kelezatan nasi tumpeng yang sudah cukup terkenal dan menjadi primadona, namun makanan khas indonesia ini bukan lah satu satunya kuliner jawa tengah yang memiliki rasa yang enak, simak ulasan berikut ini .

Begitu banyak nya kuliner Indonesia membuat kita sampai kebingungan apabila memilih makanan khas mana yang paling enak, jika kita melihat dari Sumatra ada lontong medan, pulut ,hingga liang the medan untuk minuman nya, adapula dari aceh , jawa, papua dan masih banyak lagi.

Indonesia adalah negara dengan berbagai macam suku dan daerah, setiap daerah memiliki masing masing kelebihan, begitu majemuk nya Indonesia sehingga banyak sekali kuliner kuliner khas daerah yang ada, 33 provinsi membuat kuliner khas setiap daerahnya semakin beragam, mulai dari makanan berat, makanan ringan, minuman, hingga pencuci mulut khas pada setiap daerah nya.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan mengulas salah satu daerah dengan makanan khas yang cukup di gemari oleh masyarakat Indonesia, khususnya khas jawa tengah, dengan makanan khas jawa tengah yang begitu banyak, gudeg dan tumpeng lah yang menjadi juara di lidah masyarakat Indonesia.

Lalu apasih makanan favorite khas jawa tengah yang jadi favorite teman teman? Yuk kita bahas 5 makanan khas jawa tengah yang bikin nagih, berikut daftar nya :

1. Tumpeng / nasi kuning

Makanan khas ini adalah makanan khas dengan peminat yang cukup banyak dikarenakan rasanya yang begitu memanjakan lidah, dengan berbagai macam toping diantaranya ayam goreng, sambel goring ati, telor balado, perkedel kentang, sampai dengan orek tempe kering. Mendengar toping nya saja kita sudah bisa merasakan nikmatnya makanan khas yang satu ini, tumpeng di buat dari olahan beras dengan bahan baku beras, santai, serai, dan masih banyak rempah lain nya, ditambah lagi dengan toping toping yang sangat bervariasi.

Makanan khas jawa tengah ini juga telah menjadi primadona di antara makanan lain karena kepopuleran nya dan juga rasanya yang sangat enak, makanan ini sudah menjadi makanan wajib apabila diadakan nya syukuran, ulang tahun, bahkan sampai ke acara kenegaraan. Makanan ini bisa anda dapatkan dengan mudah bahkan di ibukota, anda cuku pesan nasi tumpeng Jakarta untuk mendapatkan nasi tumpeng ini.
Jadi masih ragu untuk mencoba pesan nasi tumpeng jakarta?

Baca Juga : Budidaya Jamur Tiram Yang Tepat

2. Gudeg

UUUUUUHHHH ! itu hal yang pertama kita dengar bila mengingat kenikmatan rasa dari gudeg, dengan rempah rempah guring, potongan ayam, telur bacem dan tempe bacem serta sambel krecek kulit dan kacang pastinya membuat kita kebayang bayang akan kelezatan nya. Masakan khas 1 ini banyak sekali tersebar di jawa tengah tepatnya di Yogyakarta, makanan khas ini identic dengan rasa manis yang hadir dari kecap, gula dan masih banyak bahan lain nya, makanan yang cukup terkenal ini adalah lawan berat dari tumpeng, kalau nasi tumpeng lebih menonjolkan rasa gurih lain hal nya dengan gudeg yang lebih menunjukan rasa manis .
Jadi kamu tim mana ? Gudeg atau tumpeng?.

3. Nasi Gandul

Wah, gandul ya ? teman teman taukah arti gandul? Gandul adalah papaya dalam baha jawa nya, namun aneh nya nasi ini tidak ada hubungan nya sama sekali dengan papaya lho, untuk penyajian nya saja menggunakan daun pisang, bukan dengan daun papaya.
Nasi ini disajikan dengan kuah bening dan juga olahan daging sapi cincang lembut yang langsung lumer ketika masuk di lidah, jika teman teman mau mencicipinya nasi ini banyak tersebar di daerah pati, jawa tengah.

Itulah 3 kulineran berbahan dasar nasi khas jawa tengah yang telah kita bahas, jika teman teman tertarik untuk mencicipi salah satunya, namun teman teman ada di Jakarta, bisa langsung pesan nasi tumpeng Jakarta melalui Kanjeng Mama.

Kanjeng mama menyediakan kulineran khas jawa tengah untuk teman teman yang rindu akan kelezatan bumbu khas jawa tengah, hubungi nomor 0818 0594 1687 untuk pesan nasi tumpeng Jakarta.