Indonetwork, Press Release – Pameran Megabuild Indonesia & Keramika Indonesia bakal kembali diselenggarakan oleh Panorama Media dan ASAKI pada 9-12 Mei 2024 di Jakarta Convention Center. Acara ini menandai edisi ke-21 Megabuild Indonesia dan edisi ke-10 Keramika, mengukuhkan posisinya sebagai pameran bahan bangunan dan keramik terlengkap di Indonesia.

Megabuild Indonesia & Keramika Indonesia dirancang dalam rangka mengambut pertumbuhan yang dinamis di industri konstruksi sebesar 4,5% di tahun 2024, sekaligus sebagai platform utama untuk pertukaran pengetahuan dan demonstrasi inovasi terkini

Pameran Sebagai Platform Konektivitas dan Kolaborasi

Pameran ini bertujuan menjadi sarana bagi pelaku industri untuk memperluas jaringan, berkolaborasi, dan berinovasi secara berkelanjutan. Lebih lanjut, Royanto Handaya, Presiden Direktur Panorama Media, mengungkapkan, “Dengan pertumbuhan tahunan yang signifikan pada triwulan III 2023 dan kontribusinya terhadap PDB, kami melihat era baru bagi industri konstruksi.”

Pameran Megabuild & Keramika Indonesia 2024 mengangkat tema “Sustainable Future: Connection, Collaboration, and Innovation”. Tema tersebut dipilih untuk mendemonstrasikan komitmen bersama dalam mendukung pertumbuhan hijau dan pembangunan yang berkelanjutan. Doti Windajani, Ketua IAI Jakarta, menambahkan, “Arsitektur berkelanjutan tidak hanya sebuah tren, tetapi merupakan kebutuhan mendasar dalam merespons perubahan iklim dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya alam secara lebih bertanggung jawab.”

Pameran Megabuild & Keramika Indonesia 2024 akan diikuti oleh lebih dari 200 brand terkemuka global. Mereka akan memperkenalkan karya-karyanya dan menghadirkan solusi inovatif di industri bahan bangunan dan keramik. Sejalan dengan tujuan Pameran Megabuild & Keramika Indonesia 2024 diselenggarakan, yaitu untuk menampilkan inovasi dan juga promo-promo menarik yang bisa memperkuat komitmen terhadap keberlanjutan sambil memberikan wawasan baru tentang cara-cara efisien dan bertanggung jawab dalam penggunaan material dan teknologi.

Edy Suyanto, Ketua ASAKI, berbagi harapannya, “Kami berharap acara ini dapat mengangkat industri keramik Indonesia ke panggung global dan memperkenalkan praktik terbaik yang mendukung pembangunan berkelanjutan.” Di sisi lain, Adi Surya T., Sekjen HDII, menekankan pentingnya integrasi desain yang inovatif dan berkelanjutan dalam setiap proyek pembangunan tidak dapat dilebih-lebihkan. “Acara ini membuka jalan bagi para desainer dan arsitek untuk memanfaatkan teknologi dan strategi terbaru dalam menciptakan ruang yang efisien dan estetis,” tutupnya.

Baca Juga: Peluang Bisnis di Franchise & License Expo Indonesia 2024 dan Cara Daftarnya

Insight Industri: Konferensi Berkelanjutan di Pameran Megabuild & Keramika

MEGABUILD & KERAMIKA Indonesia 2024
Sumber: Panorama Media

Kesadaran akan keberlanjutan menjadi fokus utama di panggung utama Megabuild & Keramika Indonesia 2024. Akan ada serangkaian seminar dan diskusi panel yang mendalam. Salah satu sesi yang menonjol adalah “The Future of Sustainable Construction“, yang mengintegrasikan prinsip Lean, strategi bangunan hijau, dan teknologi BIM.

Acara seminar dan diskusi panel akan dipandu oleh Blesto Kasih sebagai moderator, serta melibatkan pembicara seperti Ir. Diana Kusumastuti dan Basuki Muchlis. Seminar dan diskusi panel ini bertujuan untuk menggali potensi inovasi dalam konstruksi yang tidak hanya efisien tetapi juga ramah lingkungan. Penekanan pada penggunaan sumber daya yang berkelanjutan dan efisiensi operasional menjanjikan pengurangan signifikan dalam limbah konstruksi dan penggunaan energi.

Topik mengenai pembangunan IKN (Ibu Kota Nusantara) pun turut disinggung dalam diskusi bertajuk “Construction Industry Outlook 2024: The Most Update of the IKN Nusantara“, pada hari kedua. Untuk topik tersebut, Panorama Media menghadirkan Nicodemus Daud dan Imam Sugiatno sebagai pembicara. Mereka akan memberikan pembaruan tentang kemajuan konstruksi IKN dan mengeksplorasi bagaimana proyek besar ini mengadopsi praktik keberlanjutan. Pembaruan ini kritis, menyoroti bagaimana proyek infrastruktur dapat berperan dalam mendukung inisiatif keberlanjutan di Indonesia, dan memperkuat komitmen negara terhadap pembangunan hijau.

Di hari kedua pula, Megabuild & Keramika juga bekerjasama dengan Synergy Kopi dengan mengangkat topik tentang “Beyond Green Buildings: Innovative Strategies for Sustainable Development“. Dengan pembicara seperti Ryan Brasali, Monika Indriasari, Ali Tranghanda, dan Christian Sugiono, dan Fabienne Nicole sebagai moderator, sesi ini menggaris bawahi pentingnya juga menyoroti pentingnya pembangunan berkelanjutan dan strategi inovatif dalam pengembangan.

Kolaborasi Strategis untuk Masa Depan Hijau

Zona pameran baru pun diadakan sebagai kolaborasi Synergy Developer dan Megabuild & Keramika 2024 dengan memperkenalkan “Synergy Green Property“. Pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan pengembang dan menjajaki properti yang tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga menawarkan manfaat ekonomis signifikan, termasuk pembebasan PPN sebesar 11%. Ini adalah kesempatan unik untuk mempelajari teknologi bangunan hijau dan menerapkan pendekatan berkelanjutan dalam setiap proyek pembangunan, menetapkan standar baru dalam real estate yang ramah lingkungan.

Dengan dukungan dari Kementerian PUPR, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, HDII, IAI, serta berbagai asosiasi dan industri terkait lainnya, seperti The 1O1 hotel sebagai hotel partner, Cleo dan Crystalin sebagai drinking partner, Biznet sebagai internet partner, Lalamove sebagai logistic partner, dan juga Costus Garden, Hanara, dan HLT/DLT, Megabuild & Keramika Indonesia berharap bisa menginspirasi lebih banyak pelaku industri dan konsumen untuk mengadopsi pendekatan yang lebih berkelanjutan dalam pembangunan, memajukan agenda keberlanjutan global dan lokal serta mempromosikan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif.

Baca Juga: Menyambut Transport & Logistics Indonesia 2024, Pameran Dagang Terkemuka di Asia Tenggara

Undangan untuk Berpartisipasi

Dengan dukungan dari para pemangku kepentingan industri dan pemerintah, serta berbagai sponsor dan partner strategis, MEGABUILD & KERAMIKA Indonesia 2024 mengundang para profesional, perusahaan, dan umum dari seluruh Indonesia dan kawasan ASEAN untuk berpartisipasi dalam acara ini. Pameran ini tidak dipungut biaya masuk dan pendaftaran sebagai pengunjung akan dibuka secara online di website www.megabuild.co.id atau www.keramika.co.id.

Enable Notifications OK No thanks