Indonetwork, Mesin Alat Berat – Sebagian besar proyek konstruksi atau pemeliharaan biasanya melibatkan pekerjaan yang perlu dilakukan di lapangan, mulai dari perbaikan kerusakan plafon struktural hingga pekerjaan inventaris di gudang. Terkadang tangga sederhana bisa digunakan, namun seringkali pekerja membutuhkan platform yang aman dan kokoh untuk menyelesaikan tugas mereka. Itulah mengapa Anda perlu menghubungi distributor jual scissor lift noblelift yang dikenal sebagai alat yang sangat berguna untuk pekerjaan-pekerjaan tersebut.

Meskipun scissor lift tidak dapat disangkal adalah salah satu cara teraman untuk mengerjakan proyek di ketinggian, ada banyak potensi bahaya yang bisa saja muncul jika menggunakannya secara tidak benar. Sebagian besar kecelakaan tersebut terkait dengan fall protection, stabilisasi, dan posisi. Dengan mempelajari beberapa peraturan berikut ini, setiap manajer tempat kerja dapat merasa tenang mengetahui kru mereka aman dari bahaya yang dapat dicegah saat menggunakan scissorlift.

Persiapan Keselamatan

Untuk memastikan Anda dan kru Anda aman saat menggunakan scissor lift, pastikan keempat hal di bawah ini berada dalam keadaan aman.

1. Lingkungan

Tidak mungkin mengoperasikan scissorlift dengan aman kecuali area sekitarnya aman. Kaji lokasi kerja sebelumnya dan identifikasi semua kemungkinan bahaya, seperti kabel listrik terdekat atau tanah yang tidak rata. Jika fitur fisik tempat kerja Anda tidak memungkinkan untuk memposisikan atau menstabilkan scissorlift dengan aman, Anda mungkin perlu bekerja dengan pengelola lokasi untuk melakukan penyesuaian.

Scissor Lift Noblelift Murah
Sumber: Mobile.twitter.com

2. Kontrol Pelindung

Seperti semua alat berat, scissor lift dilengkapi dengan tombol berhenti darurat yang akan segera mematikan semua fungsi jika terjadi keadaan darurat. Namun, penting untuk secara teratur menguji ini dan kontrol darurat lainnya untuk memastikan semua sistem berfungsi dengan benar dan akan beroperasi dengan baik dalam keadaan darurat.

Jual Scissor Lift Noblelift
Sumber: Jjkellersafety.com

3. Pelatihan

Di Indonesia sendiri terdapat sertifikasi K3 operator scissor lift yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan operasional perusahaan menuju produktivitas dan efisiensi untuk meningkatkan daya saing perusahaan. Dalam rangka penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3), diperlukan operator yang memiliki kualifikasi sebagaimana ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan. Keberadaan operator yang kompeten dapat meminimalkan risiko kecelakaan selama mengoperasikan peralatan tersebut.

Panduan Menggunakan Scissor Lift
Sumber: Noblelift.en.ecplaza.net

4. Pemeliharaan Peralatan

Tidak mungkin menciptakan lingkungan kerja yang aman kecuali semua peralatan Anda dirawat dengan baik dan teratur. Jika Anda memiliki scissorlift, pastikan Anda mengikuti jadwal perawatan yang direkomendasikan dari produsen atau tempat jual scissor lift noblelift. Jika Anda hanya akan menyewa maka sewalah dari dealer yang memiliki reputasi baik dan pastikan untuk menanyakan tentang perawatan rutin peralatan mereka sebelum menandatangani perjanjian sewa. Selalu uji dan periksa kontrol scissorlift sebelum digunakan, dengan memberikan perhatian khusus pada fungsi berhenti darurat. Meskipun seluruh unit harus diperiksa secara teratur, sangat penting untuk sering menguji pagar pembatas dan rem untuk mencegah kegagalan tak terduga selama proyek.

Scissor Lift Noblelift Murah
Sumber: Adaptlift Group

Stabilisasi

Salah satu bahaya terbesar dan penyebab paling sering dari kecelakaan scissor lift yang dapat dicegah adalah stabilisasi yang buruk. Jika scissorlift tidak diamankan dengan benar, hal tersebut dapat membuat mesin terbalik dan menyebabkan kerusakan pada peralatan hingga terancamnya keselamatan kru. Berikut adalah beberapa aturan yang harus diikuti untuk memastikan scissorlift Anda tidak terbalik:

  1. Selalu bekerja pada permukaan yang kokoh dan rata.
  2. Jika proyek Anda berada di medan yang kasar, pastikan Anda menggunakan scissorlift yang dibuat khusus untuk digunakan di lingkungan tersebut.
  3. Selalu turunkan platform kerja sepenuhnya sebelum memindahkan peralatan.
  4. Operasikan scissorlift pada cuaca yang sesuai, kebanyakan pemakaian luar ruangan hanya dianjurkan untuk pada kecepatan angin di bawah 28 mph.
  5. Selalu periksa fungsi failsafe pada mesin Anda sebelum digunakan.
  6. Jangan pernah melebihi batas berat yang tercantum dalam manual pabrikan.
  7. Jangan pernah menggunakan peralatan lain untuk menaikkan platform kerja.

Baca Juga: BUTUH SCISSOR LIFT DAN PERLENGKAPANNYA, DENKO SAKTI PILIHAN PALING TEPAT

Posisi

Di mana dan bagaimana Anda memposisikan scissor lift untuk bekerja dapat memberikan dampak besar dalam mencegah kecelakaan. Jika scissorlift tidak ditempatkan dengan benar, anggota kru dapat berisiko terlindas atau tersengat listrik sehingga pekerja harus dilatih tentang cara menghindari kecelakaan posisi. Untuk mencegah insiden tergencet, berhati-hatilah setiap kali Anda harus memindahkan scissor lift. Pastikan untuk membersihkan area sekitar dari kerumunan orang, dan tetap waspada terhadap kendaraan bergerak dan benda tidak bergerak yang mungkin berada di jalur scissorlift. Jika tempat kerja Anda penuh sesak, tetapkan seseorang untuk menangani kontrol lalu lintas untuk mencegah tabrakan.

Saat mengerjakan proyek yang melibatkan atau berlokasi di dekat sumber listrik, pastikan untuk menjaga jarak demi mencegah kerusakan listrik. Selalu hindari kontak langsung dengan kabel listrik, tetapi ingat juga bahwa listrik dapat mengalir dari kabel listrik ke peralatan atau ke pekerja, meskipun keduanya tidak langsung menyentuh sumber listrik. Manual pabrikan akan memiliki daftar jarak aman yang bervariasi sesuai dengan tegangan sumber, periksalah sebelum Anda memulai sebuah proyek. Terakhir, jika proyek memerlukan pekerjaan dengan sumber listrik, pastikan pekerja memiliki sertifikasi kelistrikan.

Baca Juga: JENIS-JENIS HAND STACKER DAN FUNGSINYA

Fall Protection

Scissor lift harus memiliki pagar pembatas yang dipasang di sekeliling platform kerja. Perawatan rutin juga sangat penting untuk memastikan mereka tidak berkarat atau kendor. Pekerja hanya boleh berdiri di platform kerja, bukan di pagar pembatas. Pekerjaan juga harus tetap dekat dengan scissorlift untuk menghindari pekerja bersandar di tepi rel. Selain itu, scissorlift harus selalu diturunkan sepenuhnya untuk memungkinkan pekerja naik ke platform. Jangan pernah scissorlift untuk mengakses platform kerja.

Distributor Jual Scissor Lift Noblelift Terbaik

Salah satu cara terbaik agar benar-benar yakin akan keselamatan Anda saat menggunakan scissor lift adalah bekerja dengan seorang profesional. Selain itu, membelinya dari distributor jual scissor lift noblelift terkemuka dapat menjamin bahwa mesin yang ada di dalamnya bekerja dengan baik. Di PT. Denko Wahana Sakti, Anda bukan hanya membeli produk namun juga bisa mendapat kesempatan untuk berbicara dengan seorang ahli dan mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan pengoperasian dan lain sebagainya.


Author

%d bloggers like this: