Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Dicat ataupun dilapisi wallpaper, dinding di rumah tetap akan kotor karena debu, noda, coretan anak-anak, dan lain sebagainya. Wallpaper harus dibersihkan setidaknya setiap dua bulan dan setiap bulan jika Anda tinggal di daerah dengan tingkat debu yang tinggi. Noda dan percikan minyak harus segera dibersihkan dan jamur harus diobati segera setelah terlihat. Artikel kali ini akan membantu Anda mengatasi masalah tersebut, tidak hanya persoalan membersihkan tembok agar tetap terlihat cerah dan bersih, namun Anda juga akan mendapatkan rekomendasi wallpaper dinding murah Jakarta jika Anda berniat mengganti suasana rumah dengan mengganti wallpaper dinding.

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Bersih-bersih?

Sebelum Anda bergelut dengan debu-debu, penting untuk mengetahui jenis wallpaper apa yang Anda gunakan di rumah sehingga Anda dapat menghindari kerusakan karena salah metode dan produk kebersihan. Jika Anda tidak yakin dengan jenis wallpaper yang Anda pakai, ujilah untuk memastikannya dapat dibersihkan. Campur satu atau dua tetes cairan pencuci piring dalam satu cangkir air hangat. Oleskan sedikit larutan ke area tersembunyi wallpaper. Jika air meresap atau warna memudar, jangan mencoba melakukan pembersihan menyeluruh atau menggunakan larutan berbahan dasar air pada noda.

Jenis Wallpaper Dinding Apa Saja yang Dapat Dibersihkan Dengan Air?

1. Vinyl

Wallpaper dinding berbahan vinyl dan kain serta kertas berlapis vinil adalah beberapa yang paling tahan lama dan paling mudah dibersihkan. Tahan terhadap kerusakan air dan sebagian besar produk pembersih. Wallpaper ini biasanya dipakai di kamar mandi dan dapur.

Wallpaper Dinding Murah
Sumber: Ubuy.co.id

2. Fiberglass

Wallpaper dinding berbahan fiberglass ultra memiliki sifat yang tahan lama, tahan api, dan tahan pudar. Jeni wallpaper ini akan tahan dengan baik ketika digosok dan terkena paparan kelembaban berulang kali.

Wallpaper Dinding Jakarta
Sumber: Indiamart.com

Jenis Wallpaper Dinding Apa Saja yang Tidak Dapat Dibersihkan Dengan Air?

1. Nonwoven

Bagian dari tren terbaru dalam wallpaper dinding adalah nonwoven yang merupakan campuran serat sintetis dan alami. Meskipun tahan air dan memungkinkan dinding untuk bernafas, mereka tidak dapat dicuci dan noda sangat sulit dihilangkan.

2. Wallpaper Tradisional, Foil, dan Kertas Flocked

Terbuat dari serat selulosa, wallpaper tradisional bisa berlapis tunggal atau ganda. Wallpaper jenis ini cukup terjangkau namun mudah sobek dan tidak tahan dengan kelembaban atau sebagian besar produk pembersih. Kertas foil dan kertas flocked memiliki dasar selulosa dengan lapisan tipis kertas logam atau serat seperti beludru yang diaplikasikan pada kertas.

Baca Juga: 5 CARA AGAR WALLPAPER DINDING AWET BERTAHUN-TAHUN

Alat dan Bahan Apa Saja yang Anda Butuhkan?

1. Alat

  • Kemoceng atau penyedot debu mikrofiber bergagang panjang
  • Ember
  • Spons
  • Kain mikrofiber
  • pisau bermata tumpul

2. Bahan

  • Cairan pencuci piring
  • Air
  • Tepung jagung (opsional)
  • Bungkus plastik (opsional)
  • Cuka putih (opsional)
  • Handuk kertas (opsional)
  • Pemutih klorin (opsional)
  • Kapas (opsional)

Baca Juga: 10 DESAIN WALLPAPER DINDING UNTUK MEMPERCANTIK RUANG TAMU

Bagaimana Langkah-langkah Membersihkan Wallpaper Dinding?

  1. Bersihkan debu dari permukaan. Setiap jenis wallpaper harus dibersihkan setiap bulan dengan lap microfiber atau disedot dengan sikat pelapis untuk menghilangkan sarang laba-laba dan debu. Mulailah dari bagian atas dinding dan turun dengan gerakan yang panjang dan halus.
  2. Bahkan jika Anda berencana untuk membersihkan wallpaper vinyl dan fiberglass dengan sabun dan air, selalu mulai dengan membersihkan debunya terlebih dahulu.
  3. Untuk membersihkan wallpaper vinyl dan fiberglass yang dapat dicuci, campurkan dua sendok makan cairan pencuci piring dengan satu galon air hangat dalam ember. Aduk rata untuk mencampur sabun.
  4. Celupkan spons lembut ke dalam larutan pembersih dan peras hingga sedikit lembab. Mulailah dari bagian atas dinding dan kerjakan di bagian yang rata. Cobalah untuk tidak menggosok terlalu keras.
  5. Biarkan wallpaper mengering di udara atau gunakan kain mikrofiber untuk mengeringkan dinding dengan tangan.
  6. Setelah dinding kering, periksa wallpaper untuk noda tertentu dan area yang sangat kotor. Area yang paling rentan adalah di sekitar pelat saklar lampu, di belakang wastafel, dan area yang dapat dijangkau anak dengan krayon.
  7. Gunakan penghapus art gum untuk menggosok noda tanah dan sidik jari dengan lembut. Cara ini bisa digunakan pada semua jenis wallpaper. Pada kertas vinyl dan fiberglass, gunakan titik cairan pencuci piring pada spons basah untuk menyeka noda. Bilas area dengan spons bersih yang dicelupkan ke dalam air biasa dan peras sampai sedikit lembab.
  8. Oleskan tepung jagung dalam jumlah banyak ke dalam kotak bungkus makanan plastik. Tempelkan pembungkus ke wallpaper di atas noda minyak dan biarkan tepung maizena menyerap minyak setidaknya selama 24 jam. Angkat dan gosok tepung maizena dengan kain lembut. Ulangi jika diperlukan.
  9. Untuk noda minyak pada wallpaper vinyl atau fiberglass, campurkan setengah cangkir cuka putih suling dengan satu cangkir air hangat. Celupkan spons ke dalam larutan ini dan oleskan ke area yang bernoda. Keringkan dengan handuk mikrofiber dan ulangi jika perlu.
  10. Untuk menghapus krayon gunakan pisau bermata tumpul atau ujung kartu kredit untuk mengikis sisa lilin krayon dengan lembut. Tempatkan beberapa lapis handuk kertas putih di atas tanda dan tekan dengan setrika (tanpa uap) pada pengaturan terendah. Lilin akan berpindah ke handuk kertas.
  11. Untuk noda jamur pada kertas vinyl atau fiberglass, campurkan larutan yang terdiri dari seperempat cangkir pemutih klorin dan satu cangkir air. Menggunakan spons atau kapas, oleskan larutan pada noda jamur. Biarkan bekerja selama lima menit dan kemudian bersihkan dengan spons yang dicelupkan ke dalam air biasa. Ulangi sesuai kebutuhan.

Rekomendasi Wallpaper Dinding Murah Jakarta

Jika anda bosan dengan desain rumah Anda saat ini, wallpaper dengan pilihan motif berwarna adalah pilihan yang tepat untuk memperindah ruangan yang dapat disesuaikan dengan interior rumah. Untuk mendapatkan wallpaper dinding murah Jakarta dengan harga terjangkau & kualitas terbaik Anda dapat menghubungi CV D’big Interior. Perusahaan tersebut memiliki beberapa jenis wallpaper dengan ukuran yang dapat disesuaikan.


Author

%d bloggers like this: