Sekarang ruang isolasi covid sangat penting untuk menghindari penyebaran virus. Pembuatan ruang isolasi covid banyak dilakukan oleh berbagai lembaga atau perusahaan. Masyarakat yang terkena virus juga harus mengikuti aturan untuk isolasi.

Pemerintah dan pihak rumah sakit sudah menyediakan fasilitas isolasi mandiri. Namun tidak semua pasien covid melakukan iso mandiri di fasilitas tersebut karena berbagai alasan.

Pasien yang benar-benar positif Covid-19 diperbolehkan melakukan isolasi mandiri adalah tanpa gejala atau gejala ringan. Sementara untuk pasien dengan gejala berat harus diisolasi mandiri dan harus dirawat inap di rumah sakit.

Konfirmasi positif atau tidak itu tergantung dari hasil tes PCR yang dilakukan oleh masing-masing pasien. Namun untuk menentukan apakah Anda harus isolasi mandiri atau rawat inap di rumah sakit tergantung dari gejalanya.

Syarat Isolasi Mandiri

Meskipun diperbolehkan melakukan isolasi mandiri, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Ruangan Terpisah

Setiap pasien Covid-19 bisa melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Namun harus mempunyai ruangan terpisah dari anggota keluarga yang lain. Tujuannya yaitu untuk meminimalisasi penularan virus ke anggota keluarga yang lainnya.

Jadi upayakan untuk mempunyai ruangan sendiri dan benar-benar terisolasi. Sehingga anggota keluarga Anda yang lain tidak akan terpapar.

2. Perabotan Terpisah

Meskipun sedang dalam masa isolasi mandiri, namun pastikan untuk selalu menggunakan masker. Hal ini perlu Anda lakukan baik sedang di ruangan sendiri atau bersama keluarga.  Selain itu, Anda juga harus menjaga jarak aman dengan mereka.

Namun tidak hanya itu, ada hal lainnya yang harus Anda perhatikan. Anda tidak boleh makan bersama, tidur harus terpisah, bahkan perabotan yang digunakan juga harus dipisahkan.

Hal itu perlu Anda lakukan karena virus bisa menempel pada permukaan benda dalam jangka waktu tertentu.

3. Tidak Serumah dengan Kelompok Rentan

Satu lagi hal yang harus Anda perhatikan ketika melakukan isolasi mandiri di rumah. Pastikan Anda tidak serumah dengan orang-orang yang sangat rentan atau resiko tinggi terpapar virus.

Kelompok yang dimaksud diantaranya adalah lansia, bayi, dan orang-orang yang punya imun rendah. Orang dengan autoimun dan orang dengan komorbiditas juga sebaiknya tidak serumah dengan penderita covid.

Kelompok-kelompok tersebut sangat rentan terkena infeksi Covid-19 dan bisa gejalanya bisa lebih berat lagi. Lebih parahnya lagi, pasien yang terkena gejala berat tidak bisa ditangani dengan baik ketika dibawa ke rumah sakit.

Bed Occupation Rate (BOR) untuk ICU di berbagai rumah sakit hampir penuh bahkan ada yang sudah full 100 persen. Belum lagi tenaga kesehatan yang sudah kewalahan.

Hal itu tentu saja menyebabkan keterbatasan tenaga medis untuk melakukan pelayanan. Keterbatasan fasilitas dan SDM juga bisa menyebabkan Rumah Sakit kolaps.

Setiap daerah seharusnya sudah memiliki ruang isolasi covid masing-masing. Sehingga potensi terjadinya paparan ke orang lain atau anggota keluarga sangat kecil. Bahkan setiap perusahaan atau industri sebaiknya punya ruang isolasi sendiri supaya setiap karyawannya lebih aman.

Salah satu perusahaan yang melayani pembuatan ruang isolasi covid adalah Zulindo Jaya Mandiri. Perusahaan ini bergerak di bidang kontraktor mekanikal, elektrikal, dan general supplier yang siap membantu pembuatan ruang isolasi covid.

Baca juga: SYARAT BISNIS LABORATORIUM PCR

Informasi lengkap mengenai layanan yang diberikan dan pemesanan bisa mengunjungi website resminya langsung yaitu zulindofiltersemarang.com.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam melakukan isolasi mandiri. Supaya tidak ada orang lain atau anggota keluarga yang terpapar, pembuatan ruang isolasi covid tentu saja harus dilakukan.


Author

%d bloggers like this: