Indonetwork, Elektronik – Akhir-akhir ini cukup banyak air putih yang dijual pasaran mengandung pH  tinggi, hal itu dikarenakan air dengan pH tinggi dianggap sebagai pilihan yang lebih baik dibandingkan air putih dengan pH normal. Tahukah Anda bahwa alat pengukur  pH air dengan kadar tinggi bukan saja baik digunakan pada tanaman hidroponik, akan tetapi tubuh manusia juga membutuhkan kandungan ini untuk menjaga kesehatan, sehingga beberapa orang merasa penjualan alat uji  pH air penting untuk dimiliki.

Nah, supaya Anda tidak mudah tertipu oleh bisnis air putih alkali yang marak dipasaran, maka penting untuk membuktikan kandungannya sendiri menggunakan alat pengukur pH air. Sebelum Anda mengetahui lebih dalam, mari simak pembahasan mengenai pH air minum dibawah ini!

Baca juga: 5 REKOMENDASI TIPE ALAT UKUR AIR GARAM

Apa Itu pH Air Pada Air Minum?

pH atau Power of Hydrogen adalah alat uji dari indikator tingkat asam atau basa pada air yang dinilai dengan skala 1-14. Tinggi rendahnya nilai pH air yang kita ukur sangat dipengaruhi oleh kandungan mineral lain yang terdapat dalamnya. Air yang netral biasanya memiliki kandungan pH sebesar 7, lalu semakin asam suatu zat  akan semakin turun kadar pH dan  semakin basa kadar air bisa mencapai 8-9 pH. 

Salah satu peran penting pH adalah dapat memengaruhi unsur-unsur yang ada dalam air minum. Contohnya, logam berat yang terdapat pada air dengan pH rendah cenderung lebih beracun bagi tubuh.

Apabila manusia meminum air dengan kadar pH air tidak sesuai dengan rekomendasi, biasanya akan terjadi berberapa gejala seperti gangguan pencernaan. Namun, jika nilai dari pH air terlalu rendah akan berasa pahit atau asam, sedangkan jika terlalu tinggi maka air akan terasa tidak enak dengan tekstur yang lebih kental. 

Apa Manfaat Pengukuran pH Air bagi Tubuh Manusia ?

Saat ini cukup banyak konsumen mencari air dengan kandungan alkali, karena iming-iming kesehatan akan lebih terjaga. Padahal untuk menjaga kesehatan bukah hanya kadar air saja yang diperhitungkan tetapi intensitas mengkonsumsi air putih harus dilakukan dengan minimal 2 liters etiap hari. Darah pada tubuh umumnya memiliki kandungan asam, lalu dengan adanya bantuan pH air tinggi dipercaya dapat menetralkan kondisi tubuh, sehingga kandungan air yang dikonsumsi dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti asam urat, gangguan ginjal, kolesterol, tumor, hingga kanker. 

Walaupun air minum dengan pH tinggi bagus, akan tetapi perlu diketahui bahwa tubuh hanya mentolerir pH air yang berada sekitar 6.5 – 8.5. Jika Anda mengkonsumsi berada pada batas garis normal dapat menekan kinerja enzim dalam tubuh secara terus menerus. Jika Anda tingga di tempat yang memiliki kadar air tidak stabil, maka penguruhan pH air sangat diperhatikan, tubuh tidak boleh mengkonsumsi air yang terlalu asam maupun terlalu basa

Rekomendasi Merk Alat Pengukur pH Air Digital
Sumber: Istockphoto

Rekomendasi Merk Alat Pengukur pH Air Digital

Setelah Anda mengetahui berbagai hal mengenai pH air, maka dibawah ini Anda akan diperkenalkan dengan 5 jenis alat ph air yang sering digunakan oleh konsumen, yaitu:

1. Mediatech Generic Digital pH meter PH-009

Alat ini memiliki harga yang cukup terjangkau dan umum dijual di pasaran. pH meter ini tidak memiliki fitur waterproof, jadi penggunaannya sebatas dicelupkan pada bagian sensor di bawah yang kemudian akan menampilkan hasilnya pada layar mini di bagian atas. Dengan tingkat akurasi 0,1 pH, alat ini cukup memadai untuk membantu mengatur tingkat keasaman larutan atau air untuk kebutuhan hidroponik maupun akuarium.

2. TDS meter EZ-9908

Alat ini memiliki rentang pengukuran antara 0-9990 PPm dengan resolusi 1 PPm dan memiliki tingkat akurasi 2%. Sehingga bukan saja untuk kualitas air, namun dapat digunakan pada tanaman hidroponik. Selain itu perangkat ini juga memiliki fungsi automatic digital calibration sehingga mampu melakukan kalibrasi sendiri.

3. Testo 206-PH1 pH Tester

Produk pH meter yang satu ini tidak hanya mampu mengukur tingkat keasaman air, tetapi juga cocok untuk kebutuhan industri kosmetik serta sanitasi. Alat ini merupakan salah satu pH meter terbaik yang dapat terus berfungsi bahkan tanpa maintenance khusus. Selain itu, perangkat ini menerapkan diafragma probe ganda yang dimaksudkan untuk kecepatan serta akurasi analisis yang lebih baik. 

4. Eutech EcoTestr PH 2

Bila Anda membutuhkan pH meter untuk pengujian dalam bidang pertanian dan air limbah, EcoTestr pH2 merupakan opsi terbaik. Produk ini menerapkan sistem kalibrasi otomatis, serta memiliki fungsi freeze agar Anda bisa membaca hasil analisis dalam waktu yang cukup. Perangkat ini juga telah memenuhi standar IP67, yang mana pH meter memiliki ketahanan terhadap air serta tumbukan.

5. Extech EC500 Waterproof ExStik II PH Meter

Walaupun alat ini cukup mahal, akan tetapi fitur yang diberikan juga cukup mumpuni. Extech EC500 merupakan pH meter berstandar IP57 waterproof dan tahan benturan yang memiliki sensor multi-range berakurasi sangat tinggi. Selain dapat mengukur pH dan suhu, EC500 juga mampu mengukur konduktivitas, TDS, serta salinitas hanya dengan satu probe elektroda. EC500 juga memiliki sistem notifikasi saat elektroda telah aus dan harus diganti.

 

Air merupakan elemen paling penting untuk semua ekosistem. Tidak heran dalam industri, mengukur dan mengetahui tingkat keasaman air sangatlah penting dilakukan. Sebab pengukuran pH air sangat berguna untuk memantau air yang dikonsumsi, apalagi jika rumah Anda berada disekitar pabrik.

Jika Anda yang ingin memiliki alat pengukur pH air untuk mewaspadai air putih yang kurang sehat untuk keluarga Anda, silakan hubungi CV Berkah Amanah. Bukan hanya alat pengukur pH air, distributor ini menyediakan beragam jenis alat uji yang dapat memenuhi kebutuhan para peneliti lapangan.


Author

%d bloggers like this: