Indonetwork, Elektronik – Seiring perkembangan zaman alat ukur kadar garam semakin berkembang, bahkan saat ini salt meter berbentuk digital ramai digunakan pada beberapa orang karena sifatnya yang sangat praktis dan akurat. Dahulu umumnya seseorang akan mengukur tingkat keasinan air menggunakan indra perasa yaitu lidah, namun bagaimana caranya untuk mengetahui spesifikasi seberapa jauh kadar garam pada air tersebut? 

Sebagai contoh air laut memiliki kadar garam yang cukup tinggi, akan tetapi Anda tidak akan mengetahui kadar garam laut mana yang memiliki tingkat keasinan yang lebih tinggi dibanding laut lainnya, selain itu menggunakan indra perasa saja sebagai acuan bagi penelitian tidaklah cukup kompeten karena setiap orang memiliki toleransi kadar garam tersendiri.

Pengertian Salt Meter

Salt Meter atau salinity meter adalah alat elektronik untuk mengukur kadar garam dalam sebuah larutan, biasanya dilakukan pada air, limbah cair dan kandungan ion yang terdapat sebuah elektroda (probe pengukur).

Setiap perairan memiliki kadar air garam yang berbeda baik pada sungai, danau, aquarium dan saluran air lainnya. Kandungan garam pada air tawar sebenarnya kurang dari 0,05 ppt (part per thousand). Jika lebih dari itu maka akan dikategorikan sebagai air payau dan konsentrasinya sekitar 3-5 ppt, jika melebihi batas 3-5 maka disebutlah air laut.

Pengertian Salt Meter
Sumber: Istockphoto

Fungsi Salt Meter

Pada dasarnya salinitas air laut dapat berbeda secara geografis, akibat pengaruh hujan lokal, banyaknya air sungai yang masuk ke laut, penguapan dan edaran massa air. Sehingga peran salt meter dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan dari berbagai sektor, seperi:

  • Sektor kuliner, bagi koki professional alat ini dapat digunakan untuk mengatur kadar garam dari volume masakan yang cukup banyak agar rasanya sesuai dengan standar
  • Petani garam, yang digunakan untuk mengetahui kondisi garam yang siap untuk dipanen dan diperjual belikan
  • Kontraktor yang akan membangun dermaga di laut, harus memperhatikan tingginya kadar garam. Hal ini tentu akan membuat bahan bangunan lapuk atau terdampak korosi sehingga Anda sebagai kontraktor diharapkan untuk memilih kualitas besi yang lebih baik.
  • Penelitian, luasnya laut Indonesia membuat para peneliti mencari potensi air laut yang bagus dengan kadar garam yang stabil untuk dikerahkan ke berbagai sektor yang membutuhkan

Baca juga: CARA MENGGUNAKAN ALAT PENGUKUR PH AIR

Kandungan Air Laut

Air laut mengandung banyak molekul organik dan ion – ion anorganik yang umumnya membentuk suatu garam.  Jumlah muatan ini kemudian dikorelasikan dengan suhu dan tekanan sehingga nilai salinitas yang sebenarnya dapat ditentukan meski keberadaan ion – ion tersebut bergantung pada letak geografis air laut yang dijadikan sampel. Umumnya senyawa garam tersebut terbentuk dari ion halida yang berikatan dengan kation – kation logam akibat interaksi elektrostatis. Berikut komposisi ion pada air laut:

Komposisi Ion Kadar (mg/Kg) Komposisi Kadar (mg/Kg)
Na+ 10781.45 B(OH)4 8
Mg2+ 1283.72 CO2 0
Ca2+ 412.08 OH- 0
K+ 399.1 O2 0 – 10
Sr2+ 7.94 N2 14
Cl- 19352.71 Si(OH)4 0 – 16
SO42- 2712.35 NO3- 0 – 2
Br- 67.29 PO4- 0 – 0.2
F- 1.3 ΔCa+ 0 – 4
HCO3- 104.81 ΔHCO3- 0 – 20
CO32- 14.34 Dissolved Organic Matter (DOM) 0 – 2

 

Salinitas mempengaruhi tingkat kelarutan oksigen dalam air dimana semakin tinggi kadar salinitas maka tingkat kelarutan oksigen akan semakin menurun. Disamping itu, tingginya kadar garam pun dapat memicu terjadinya korosi sehingga untuk kebutuhan tertentu air laut harus diolah terlebih dahulu.

Rekomendasi Alat Salt Meter

Berikut dibawah ini ada lima tipe rekomendasi alat ukur kadar garam yang sering digunakan oleh konsumen yaitu:

1. Alat Ukur Tingkat Salinitas Digital SAL-10

Digital Salinity Meter SAL-10
Sumber: berkah-amanah.com

Jenis alat ini merupakan alat ukur kada garam yang profesional dan akurat. Biasanya diaplikasikan pada ait tambak, karena fitur dan spesifikasi yang akan membantu memudahkan pengguna dalam melakukan pengukuran dan penggunaanya. Alat ukur tingkat kadar garam ini juga dapat mengukur dengan waktu yang singkat karena memiliki respon kerja yang cepat.

2. Alat Ukur Tingkat Konsentrasi Garam RHS-28ATC

Alat Ukur Tingkat Konsentrasi Garam RHS-28ATC
Sumber: loggerindo.com

Jenis alat ini mempunyai desain minimalis dan simpel yang dapat memudahkan pengguna dalam penyimpanan alat atau membawa alat kemana saja. Alat ini termasuk memiliki tingkat akurasi yang sangat baik dalam melakukan pengukuran sehingga dapat menghasilkan hasil pengukuran dengan akurat.

3. Alat Ukur Tingkat Salinitas Larutan PE0

Alat Ukur Tingkat Salinitas Larutan PE0
Sumber: loggerindo.com

Tipe ini dapat dengan mudah dibawa kemana saja dan mudah disimpan, serta mudah dioperasikan dan nyaman digunakan. Alat ini juga dilengkapi dengan kompensasi suhu otomatis, tahan terhadap debu dengan standart IP57 serta tahan terhadap air juga, dan kelebihan lainnya sendiri dapat menghemat daya yang dilengkapi auto power-off. 

4. Alat Ukur Tingkat Kadar Garam SB-1500PRO

Alat Ukur Kadar Garam AMTAST SB1500PRO
Sumber: ukurkadarair.com

Alat jenis ini diaplikasikan pada bidang perikanan, kelautan dan lain lain. Keunggulan yang dimilikinya yaitu memiliki berat yang ringan hanya 81 gram, sehingga pengguna dapat dengan mudah membawa alat kemana saja dan mudah dalam penyimpanannya. Selain itu alat ini dilengkapi dengan ATC yaitu kompensasi suhu otomatis yang akan membantu pengguna dalam menentukan nilai suhu operasional secara otomatis.

5. Alat Ukur Tingkat Kandungan Garam KS-11

Alat Ukur Tingkat Kandungan Garam KS-11
Sumber: ukurkadar.com

Jenis alat ini mudah untuk dioperasikan karena memiliki desain yang simpel. Dilengkapi dengan ATC yaitu kompensasi suhu otomatis yang akan membantu pengguna dalam menentukan nilai suhu operasional secara otomatis. Biasanya alat ini digunakan untuk kolam maupun tambak ikan atau yang berhubungan dengan perikanan

Baca juga: CARA MENGGUNAKAN ALAT UKUR KADAR GARAM AIR LAUT

Cukup jelas bukan informasi mengenai alat ukur kadar garam, walaupun alat ini mungkin tidak sering dibicarakan banyak orang akan tetapi fungsinya sangat bermanfaat. Bagi Anda yang membutuhkan alat uji profesional CV. Berkah Amanah dapat membantu supply kebutuhan anda dibidang alat uji bahan kimia. Silakan kunjungi websitenya dan temukan produk kebutuhan Anda.

Editor: Muhammad Arsyah Al Bassam

Author

Enable Notifications OK No thanks