Apakah saat ini Anda bingung mau merintis bisnis apa? Usaha cuci kendaraan adalah ide usaha yang paling prospek saat ini karena pemilik kendaraan sekarang sangat banyak. Namun untuk memulainya Anda memerlukan peralatan cuci mobil dan motor terlebih dahulu.

Untuk mendapatkan peralatan tersebut Anda memerlukan budget yang cukup besar. Namun untuk pemula jangan terlalu banyak membeli peralatannya terlebih dahulu. Dengan kata lain gunakan alat-alat penting saja, sementara peralatan pendukung nanti saja menyusul ketika usahanya sudah berkembang.

Peralatan Cuci Mobil dan Motor

Berikut ini adalah peralatan cuci mobil dan harganya yang Anda perlukan ketika akan memulai usaha cuci kendaraan. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Kompresor

Peralatan pertama yang wajib Anda miliki ketika akan memulai usaha cuci mobil adalah adalah kompresor. Fungsi yang dimiliki oleh alat ini sangat komplek, sehingga tidak hanya pengusaha cuci kendaraan saja yang memerlukannya. Industri lain juga terkadang memerlukan alat kompresor.

Fungsi utama dari kompressor ini yaitu sebagai penggerak hidrolik, menghasilkan busa salju, dan pengeringan sela-sela kendaraan. Bagi Anda yang memulai usaha cuci kendaraan roda empat, alat ini sangat wajib dimiliki. Terutama fungsinya sebagai penggerak hidrolik.

2. Mesin Steam Air

Komponen yang satu ini fungsinya yaitu untuk meningkatkan tekanan air. Sehingga ketika menyemprotkannya ke kendaraan air akan mengalir dengan kuat. Namun Anda juga dapat mengaturnya supaya tekanannya tidak terlalu kuat.

Dengan memanfaatkan mesin ini Anda bisa membersihkan debu dan kotoran yang menempel di kendaraan. Bahkan dengan mesin steam ini Anda bisa membersihkan kotoran yang sangat sulit dijangkau sekalipun.

Harga untuk mesin steam ini sangat bervariasi mulai dari Rp1,25 jutaan hingga yang paling mahal yaitu lebih dari Rp10 jutaan. Semakin mahal harganya fitur yang dimilikinya semakin lengkap kualitasnya juga tidak kaleng-kaleng.

3. Selang

Dalam usaha cuci kendaraan motor maupun mobil, selang punya peranan yang sangat penting. Karena dengan alat ini Anda akan lebih mudah dalam proses pencucian kendaraan. Anda juga akan bergerak untuk membersihkan kendaraan dari berbagai sudut.

Selang ini bisa Anda dapatkan di supermarket ataupun toko khusus yang menjual peralatan cuci mobil. Harganya juga bervariasi mulai dari Rp35 ribuan. Selang dengan merk terkenal dan berkualitas dijual dengan harga yang lebih mahal.

4. Shampoo Salju

Mencuci kendaraan tidak menggunakan shampo salju atau shampo snow akan mengakibatkan kerusakan pada bagian catnya. Sehingga pilihlah shampo salju dengan kualitas terbaik.

Fungsi utama dari shampo salju yaitu untuk membersihkan noda-noda baik noda yang mudah maupun noda membandel yang menempel di permukaan kendaraan. Sehingga Anda akan lebih mudah menghilangkannya ketimbang dengan air saja.

Anda dapat membeli shampo salju ini di toko khusus yang jual peralatan cuci mobil dan motor baik secara online maupun offline. Salah satunya bisa membeli secara online di Panca Jaya Equipment.

5. Spons

Untuk membersihkan busa yang menempel di bagian permukaan kendaraan, Anda memerlukan sons. Alat ini sangat penting untuk membersihkan kendaraan dan biasanya dicampurkan dengan shampo salju.

6. Semir Ban

Supaya kendaraan hasil cuciannya jadi lebih kinclong dan terlihat cantik sempurna, bannya juga harus disemir. Karena kalau tidak disemir, ban ini akan terlihat retak dan kekeringan, sehingga warnanya juga memudar. Oleh sebab itulah Anda perlu menyemirnya supaya lebih bagus lagi warnanya.

7. Lap

Peralatan cuci kendaraan seharusnya Anda miliki adalah lap yang berfungsi untuk menghisap debu dan kotoran. Alat ini juga bisa Anda pakai untuk membersihkan bagian interior mobil seperti dashboard, karpet, jok, dan sela-sela bagian lain.

Bila belum punya budget yang besar untuk beli mesin pengering, gunakan saja lap yang harganya murah. Dengan harga Rp10 ribuan saja Anda sudah dapat memakainya berulang kali.

Demikianlah beberapa peralatan cuci mobil dan motor yang diperlukan untuk memulai usaha ini. Jika Anda sudah punya modal yang lebih besar bisa membeli peralatan pendukung lainnya seperti Vacuum Cleaner dan Mesin Hidrolik.


Author

%d bloggers like this: