Indonetwork, Bisnis – Bagi sebagian besar dari Anda pasti sudah tidak asing dengan cleaning service dan office boy. Kedua pekerjaan ini sering dan dengan mudah Anda temui di pusat perbelanjaan, kantor, atau restoran. Tugas yang dikerjakan mereka pada dasarnya adalah sama, namun tidak banyak yang tahu bahwa tugas dari pekerjaan ini cukup berbeda.

Kedua peran tersebut sebenarnya memiliki banyak perbedaan dari sisi pelayanan, pekerjaan dan spesifikasi pekerja yang dibutuhkan. Namun, kedua peran ini sangat dibutuhkan dan memiliki peran yang cukup besar pada kebersihan di suatu tempat, terutama di perusahaan-perusahaan besar. Tidak heran jika saat ini terdapat banyak perusahaan cleaning service, di mana perusahaan ini menyalurkan jasa tersebut.

Perbedaan Antara Cleaning Service Dan Office Boy

perbedaan cleaning service dan office boy
Sumber: Pexels/Tima Miroshnichenko

Cleaning service adalah jasa pelayanan yang diberikan untuk membersihkan ruangan-ruangan tertentu, tempat di mana mereka ditempatkan. Umumnya, Anda dapat menemukan jasa ini di kawasan perkantoran yang membutuhkan jasa yang terlatih untuk membersihkan kawasan tersebut. Oleh karena itu, Anda akan dengan mudah menemukan perusahaan cleaning service yang memang memberikan jasa pelayanan kebersihan pada kawasan-kawasan umum.

Lalu office boy atau yang sering disingkat dengan OB adalah profesi pekerjaan di sebuah perusahaan atau kantor yang membantu karyawan atau staf untuk melakukan semua pekerjaan di luar pekerjaan seorang karyawan dan staf untuk mendukung pelaksanaan tugas dan pekerjaan. Peran office boy dapat dikatakan sangat mempengaruhi keberhasilan suatu kantor, meskipun banyak yang mengira pekerjaan ini tidak penting.  Berikut ini adalah beberapa hal yang menunjukkan perbedaan pada cleaning service dan office boy yang jarang diketahui oleh banyak orang.

Pelayanan Yang Diberikan

Perbedaan pertama antara cleaning service dan office boy adalah pelayanan yang diberikan dari kedua peran ini. Cleaning service memiliki tugas dan melakukan layanan kebersihan, kerapian dan kehigienisan suatu gedung secara menyeluruh, baik itu di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Biasanya cleaning service berperan dalam menjaga kebersihan di toilet, lobby, lift untuk karyawan, dan ruangan lainnya. 

Sedangkan bentuk pelayanan dari office adalah membuatkan minum dan menyiapkan untuk seluruh karyawan atau tamu perusahaan. Office boy biasanya melakukan pelayanan kepada individu (perorangan) dengan ruang lingkup kerja yang lebih kecil, seperti di pantry atau satu ruang kantor saja.

Baca juga: 10 ALASAN BISNIS ANDA HARUS MENYEWA JASA PERUSAHAAN CLEANING SERVICE

Tugas Pekerjaan Yang Dilakukan

Dengan layanan yang berbeda, maka tugas pekerjaan yang dilakukan pun berbeda antara cleaning service dan office boy. Cleaning service memiliki tugas untuk membersihkan ruangan atau area suatu tempat. Tujuan dari tugas mereka adalah untuk menjaga lingkungan tempat mereka bekerja selalu bersih, higienis dan asri. Dapat dikatakan bahwa tugas mereka adalah memastikan kebersihan pada suatu tempat.

Tugas pekerjaan dari office boy sebenarnya juga membantu untuk menjaga kebersihan suatu ruangan, namun tugas kebersihan yang mereka lakukan tidak menyeluruh. Office boy seringkali memiliki tugas untuk membantu soal surat menyurat yang dilakukan oleh karyawan.

Tidak hanya itu, mereka juga bertugas untuk merapikan kantor agar selalu bersih dan membantu menciptakan suasana kantor yang kondusif dan rapi. Mereka juga bertugas membuatkan minum dan menyiapkan makanan untuk karyawan hingga tamu yang datang.

Jumlah Pekerja Yang Dibutuhkan 

Jumlah pekerja yang dibutuhkan dari kedua peran ini sangat berbeda. Dengan skala pekerjaan yang luas, cleaning service tentu membutuhkan jumlah yang cukup banyak karena mereka memiliki tugas di banyak area atau ruang di suatu gedung. Seperti cleaning service yang bertugas di toilet perempuan dan laki-laki yang berbeda berbeda dengan petugas yang membersihkan area lobby.

Kemudian untuk office boy, jumlahnya ditentukan dari jumlah karyawan di perusahaan tersebut. Hal ini dikarena tugas mereka yang membantu pekerjaan karyawan di sebuah perusahaan.

Peran Yang Dilihat dari Gender

Dalam kedua peran ini sama-sama melibatkan pria dan wanita. Namun khusus untuk petugas cleaning service, peran dan tugas mereka harus diperhatikan antara wanita dan pria. Peran ini terlihat pada cleaning service wanita yang bertugas untuk membersihkan toilet perempuan, dan cleaning service pria yang bertugas untuk membersihkan toilet pria.

Sedangkan office boy atau office girl memiliki tugas yang sama. Mereka sering kali ditempatkan secara bersamaan di suatu perusahaan karena memiliki tugas yang sama untuk membantu karyawan. Namun, perbedaan gender antara pria dan wanita adalah untuk kenyamanan karyawan antara wanita dan pria.

Baca juga: 7 TUGAS WAJIB JASA CLEANING SERVICE PADA GEDUNG PERKANTORAN 

Penyedia Jasa Cleaning Service

Kebersihan merupakan hal yang penting dan sangat diperhatikan di suatu tempat, terutama di kawasan eksklusif seperti perkantoran. Dengan luasnya gedung, tentu sebuah perusahaan membutuhkan jasa yang dapat menjaga kebersihan dan kehigienisan pada ruangan yang ada di gedung, khususnya dalam kondisi pandemi yang membutuhkan perhatian khusus pada kebersihan. Sehingga jasa cleaning service sangat dibutuhkan bagi sebuah perusahaan. Mereka memiliki peran yang sangat penting dan membantu menjaga kenyamanan di suatu tempat. 

Sehingga saat ini Anda akan menemukan banyak perusahaan cleaning service yang menyalurkan jasa untuk membersihkan suatu area. Perusahaan ini menyediakan jasa cleaning service profesional dan berpengalaman yang sudah dilatih untuk membersihkan suatu area dengan gedung. Dapat dikatakan bahwa mereka memang memiliki tugas spesialis dalam menjaga kebersihan fasilitas-fasilitas yang ada di sebuah gedung perusahaan. 

PT. Indonesia Bersih Rapi merupakan salah satu perusahaan penyedia jasa cleaning service, office boy, dan office girl terpercaya sejak tahun 1997. Mereka menyediakan jasa tersebut untuk area perkantoran, restoran, pusat perbelanjaan, rumah sakit dan masih banyak lagi. Untuk Anda yang membutuhkan jasa cleaning service, langsung hubungi PT. Indonesia Bersih rapi pada nomor telepon yang tertera atau datang ke kantornya yang berlokasi di Jl. Daan Mogot KM 19 Smart Market Daan Mogot Ruko Blok B No. 5, Jakarta Barat.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks