Memiliki rumah merupakan impian semua orang, apalagi rumahnya punya interior dan eksterior yang bagus. Untuk membuat rumah yang bagus bisa menggunakan lantai baik lantai Vinyl maupun SPC. Jangan salah pilih karena perbedaan lantai SPC dan Vinyl itu cukup signifikan.

Kebanyakan rumah menggunakan lantai yang terbuat dari keramik atau marmer. Jadi mungkin Anda akan asing dengan istilah lantai SPC dan Vinyl. Keduanya mempunyai keunggulan tersendiri dibandingkan dengan jenis lantai keramik atau marmer.

Perbedaan Lantai SPC dan Vinyl

Jenis lantai SPC dan Vinyl juga mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk mengetahui perbedaannya, simak penjelasan kami berikut ini.

1. Konstruksi

Perbedaan lantai SPC dan Vinyl bisa dilihat dari konstruksinya. Bahannya yang berbeda membuat konstruksi kedua jenis lantai itu juga berbega.

Lantai Vinyl merupakan lantai yang lebih fleksibel dan lembut ketika digunakan di rumah. Sementara lantai SPC tergolong lebih kaku dan kurang lentur. Karena SPC ini terbuat dari bahan plastik batu komposit, sehingga lebih kaku dibandingkan lantai Vinyl.

2. Ketebalan

Lantai vinyl cenderung lebih tipis dibandingkan dengan jenis lantai SPC. Ketebalan dari jenis lantai SP hanya berkisar 4 mm hingga 6 mm saja dan ini termasuk lantai yang tergolong tebal. Berbeda dengan lantai vinyl yang punya ketebalan berkisar kurang dari 4 mm.

Ketebalan ini tentu saja mempengaruhi efeknya ketika diinjak. Harga yang ditawarkannya di pasaran juga akan berbeda.

3. Kekokohan

Meskipun sangat fleksibel, lentur, dan ketebalannya kecil tapi lantai vinyl tergolong sangat kokoh dibandingkan dengan lantai SPC. Ketebalannya yang tipsi membuat lebih lembut secara konstruksinya.

Berbeda dengan lantai SPC yang punya ketebalan yang relatif lebih besar dan cukup kaku. Akibatnya ketika diinjak akan terasa lebih kuat. Namun hal itu juga bisa membuat lantai SPC cepat penyok dan rusak.

4. Subfloor

Perlu Anda ketahui kalau lantai SPC maupun Vinyl tidak bisa langsung dipasang ke semen. Sehingga Anda memerlukan subfloor yang berperan sebagai alas dari kedua jenis lantai ini. Namun keduanya dapat terpasang e lantai seperti keramik ataupun plywood.

Dalam penggunaannya, lantai Vinyl kurang cocok jika digunakan ke subfloor yang permukaannya tidak rata. Konstruksinya yang lentur membuat lantai vinyl tidak akan mengikuti permukaan dari subfloor, sehingga akan ada tonjolannya.

Hal ini berbeda dengan lantai SPC yang punya konstruksi lebih kaku, sehingga akan tetap mempertahankan konturnya. Meskipun akan ada penyok atau di tonjolan di atas subfloor, namun tidak akan terlihat jelas seperti halnya lantai Vinyl.

5. Penampilan

Bagi sebagian besar orang mungkin akan memperhatikan sisi penampilan ketika membeli lantai rumah. Bila dilihat dari estetikanya, lantai SPC lebih baik dibandingkan dengan lantai Vinyl.

Lantai SPC mempunyai desain yang lebih realistis dan tekstur yang lebih bagus dibandingkan lantai vinyl. Karena lantai vinyl ini mempunyai penampilan yang lebih kuno, sehingga kurang cocok bagi mereka yang ingin punya rumah dengan desain modern.

6. Harga

Kedua jenis lantai ini juga dijual dengan harga yang berbeda. Namun harga jual lantai SPC lebih mahal dibandingkan dengan lantai vinyl. Namun semuanya kembali lagi kepada kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang ingin memperoleh lantai vinyl atau SPC dengan harga terjangkau bisa membelinya di PT. Citra Loyal Bintang. Perusahaan ini jual lantai vinyl sticker yang lengkap dengan jasa pasangnya.

Perusahaan ini sangat cocok bagi Anda yang berada di Jakarta. Karena Citra Royal Bintang jual lantai vinyl Jakarta dengan harga yang terjangkau.

Itulah penjelasan kami mengenai perbedaan lantai SPC dan Vinyl yang perlu Anda ketahui. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda yang akan mendesain lantai rumah dengan desain yang bagus.


Enable Notifications    OK No thanks