Dalam beberapa waktu ke belakang ini, banyak negara-negara di dunia yang mewajibkan pemilik bangunan untuk memakai pintu tahan api. Banyak pemerintahan di Eropa yang mewajibkan penggunaan pintu ini khususnya untuk apartemen dan rumah.

Kebijakan penerapan pintu baja tahan api ini bermula dari sebuah peristiwa kebakaran besar pada apartemen di Londong, Inggris. Kejadian tersebut terjadi pada Juni tahun 2017 lalu. Bahkan bencana kebakaran itu memperoleh sebutan Grenfell Tower Fire.

Kenapa Pintu Baja Tahan Api Itu Penting?

Kejadian yang terjadi pada tahun 2017 ini berhasil memakan korban jiwa hingga 23 orang. Jumlah apartemen yang terbakar dari tragedi Grenfell Tower Fire ini mencapai 23 apartemen.

Pemerintah Inggris telah banyak mengambil dari peristiwa besar ini. Salah satu komponen yang paling penting supaya api tidak membesar yaitu dengan adanya sekat penghambat api. Sekat ini bisa memblok area kebakaran di London supaya tidak lebih besar.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh White Rose Research, pintu yang terbuat dari material kayu dan sejenisnya hanya dapat menahan api maksimal hingga 2 menit saja.

Sementara itu, korban akan langsung jatuh ketika sudah menghirup asap kebakaran dalam waktu 5 menit saja. Dari hasil studi tersebut juga disebutkan kalau 50 persen dari korban kebakaran itu meninggal akibat menghirup asap.

Dari peristiwa Grenfell Tower Fire ini kita bisa belajar bawa pintu baja  itu punya peranan yang sangat vital. Tidak heran di Eropa dan beberapa negara di Asia seperti Jepang dan Korea sudah mewajibkan penggunaan pintu baja ini.

Di negara-negara tersebut, setiap bangunan high rise building diwajibkan memakai pintu tahan api hingga minimum 1 jam. Peraturan tersebut tentu saja memberikan dampak yang sangat positif.

Dampak pertama yaitu, titik api akan terblokir dan area kebakaran hanya terjadi di satu titik atau ruangan itu saja. Kedua, tim rescue juga akan mudah untuk mengatasi pemadaman. Dan Ketiga, kerugian juga dapat diminimalisir karena sebaran api sudah diblok oleh pintu baja.

Di Indonesia sendiri sekarang sudah banyak hunian high rise building seperti rumah susun dan apartemen. Namun masih banyak bangunannya yang memakai pintu yang terbuat dari kayu yang bisa mempercepat penyebaran api.

Supaya resiko terjadinya kebakaran tidak tinggi, pemilik gedung atau apartemen harus segera beralih memakai pintu tahan api ini. Terlebih lagi jenis pintu ini juga tidak akan merusak nilai estetika dari ruangannya.

Baca juga: 11 Kelebihan Pintu Baja Modern Dibandingkan Pintu Kayu

Pintu Modern Tahan Api ELPISDOOR

Untuk meminimalisir terjadinya kebakaran, ELPISDOOR memberikan solusi dengan membuat pintu baja tahan api. Pintu yang tersedia disini sudah memperoleh sertifikasi dan standarisasi internasional.

Pintu baja  ini sangat cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan bangunan seperti apartemen, rumah, hotel, perkantoran, rumah sakit, sekolah, maupun fasilitas umum lainnya.

Pintu ELPISDOOR ini telah dilakukan uji coba oleh instansi terkait diantaranya SUCOFINDO. Pintu ini mampu menahan api selama 1-2 jam, sehingga bisa menahan penyebaran api dengan waktu yang lebih lama.

Keunggulan yang dimiliki oleh pintu ELPISOOR ini yaitu frame dan daun pintunya terbuat dari Electro Galvanized Steel (EGI). Bahkan daun pintunya itu juga telah dilengkapi dengan peredam dengan kualitas bukan kaleng-kaleng seperti â„¢ Board, Mineral Wool, dan Honeycomb.

Dari penjelasan kami di atas, Anda sudah tahu kan seberapa pentingnya menggunakan pintu tahan api? Pintu ini tidak hanya dapat dipakai untuk bangunan berlantai saja. Anda yang punya rumah dengan keamanan tinggi juga dapat memakai pintu modern tahan api ini.

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks