Jika membicrakan pipa besi pipa anda yang langsung terbesit di pikiran anda ?
Pipa seamless kah ? Pipa Hollow? Atau pipa welded? Betul sekali semua yang tadi disebutkan adalah jenis pipa besi yang ada pada distributor pipa di Indonesia, ada distributor pipa galvanis, dan distributor pipa besi lain nya, namun apakah kita sudah mengetahui semua jenis pipa besi yang ada ?

Pipa galvanis atau pipa besi lain nya berguna untuk mengalirkan air, gas atau bahkan untuk menjadi tiang pju, oleh sebab itu tentunya pipa memilki material material yang berbeda walaupun sama sama pipa besi, kira kira jenis pipa apa saja sih yang ada di pasaran saat ini ? yuk kita bahas.

Pipa pipa yang digunakan dalam pembuatan infrastruktur memiliki banyak sekali jenis, dikarenakan setiap saluran memiliki kebutuhan pipa yang berbeda pula, pipa akan digunakan sesuai dengan kebutuhan nya sendiri
Berikut adalah jenis jenis pipa yang ada digunakan oleh industry industry di Indonesia:

1. Pipa Seamles
Pipa seamless atau pipa yang berbrntuk hitam dan bulat ini adalah pipa besi yang tidak memiliki sambungan, pipa ini sangatlah mirip dengan pipa welded namun untuk pembuatan pipa ini memiliki cara yang amat berbeda, pipa seamless adalah pipa yang dibuat dengan cara memanaskan bilet besi dan mendorong bagian dalam sehingga membentuk pipa, dan tidak memiliki sambungan apapun pada pipa tersebut , pembuatan pipa ini pun tergantung dari permintaan ketebalan yang ada dipasaran saat ini, ketebalan dalam pipa ini akan mempengaruhi ketahanan pipa terhadap tekanan.

2. Pipa Welded
Pipa welded adalah pipa yang memiliki kesamaan bentuk dengan pipa seamless, namun berbanding tebalik dengan seamless yaitu pipa tanpa sambungan, pipa ini adalah bagian dari beberapa pipa yang di sambungkan dengan las listrik, untuk sambungan nya pun berbeda beda ada vertical ada yang spiral, disini sambungan spiral lebih besar di bandingkan sambungan vertical.

3. Pipa Galvanish dan galvalum
Pipa ini adalah pipa baja ringan yang di buat dari material material pendukung yang sangat baik sehingga menjadikan pipa ini pipa terkuat dengan bobot paling ringan, pipa ini dibuat dari material seperti zinclume, silicon dan alumunium, membuat pipa ini menjadi sangat kuat dalam penggunaan nya.
Selain sebagai saluran, pipa ini juga digunakan sebagai atap suatu bangunan, dan pengganti dari kayu, dikarenakan kayu sangat mudah termakan umur dan tidak tahan terhadap cuaca extreme, oleh sebab itu galvalum menjadi option utama pada penggunaan nya sebagai bahan bangunan, pipa ini dapat anda dapatkan pada distributor pipa galvanis yang ada di kota anda

4. Pipa Oval
Pipa ini adalah pipa yang memiliki bentuk paling beda, pipa ini berbentuk oval, bahan pipa ini adalah stailess steel atau pipa besi yang di lapisi chrome pada bagian nya, pipa oval ini banyak di gunakan dalam industry otomotif karna bentuknya yang cantik sehingga menambah kesan estetik bagi yang melihat nya.

5. Pipa Hollow
Mungkin anda jarang mendengar kata pipa hollow, pipa hollow ini popular dengan nama kotak besi, jadi jika anda melihat kotak besi, kemungkinan besar adalah pipa ini, pipa ini dibuat dari beberapa material gabunga, seperti stailess stell, galvanis, galvalum, gypsum.

Baca Juga : 7 keunggulan stainless untuk peralatan dapur

Pipa ini bukan lah bipa untuk menahan daya tekan yang besar seperti pipa galvalum atau pipa welded, namum pipa ini digunakan di dalam pembangunan dengan menjadi pipa kanopi dan accessories konstruksi lain nya.

Tadi adalah jenis jenis pipa besi yang banyaki di gunakan di dalam struktur bangunan dan saluran, mudah mudahan informasi ini dapat menambang pengetahuan anda mengenai pipa.


Enable Notifications    OK No thanks